Penyebab & Cara Atasi WiFi Indihome Tidak Ada Internet

Gangguan Indihome memang cukup menyebalkan. Misalnya saja, salah satu gangguan yang seringkali terjadi adalah WiFi Indihome tidak ada internet. Tentu sebagian besar pengguna juga heran akan hal ini. Apalagi intensitasnya juga cukup sering dan bikin media sosial dipenuhi oleh warganet yang mengeluh akan layanannya. 

Kenapa WiFi Indihome tidak ada internet saat ini seringkali menjadi pertanyaan di benak pengguna layanan. Bagaimana tidak, saking seringnya, Indihome menjadi buah bibir dari para penggunanya. Ada yang mengambil kesempatan untuk misuh-misuh, ada juga yang hanya mengambil hikmahnya. 

Jadi memang, sudah tidak kaget lagi kalau Wifi Indihome tidak ada internet sering terjadi. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa WiFi Indihome yang ada di rumah tidak ada internet. 

Kalau penasaran, tenang saja. karena di sini akan dijelaskan alasan sekaligus bagaimana cara mengatasi WiFi Indihome tidak ada internet. Penasaran apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak uraian berikut ya. 

Penyebab WiFi Indihome Tidak Ada Internet

WiFi tersambung tapi tidak ada internet di laptop, PC, maupun perangkat lainnya, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Tentang hal ini, ada beberapa penyebab yang harus kamu ketahui. Biasanya sih gara-gara masalah umum saja seperti masalah provider lainnya. Apa saja penyebabnya? Sok atuh baca aja. 

1. Router Panas

WiFI Indihome tidak ada internet mungkin disebabkan karena router yang digunakan overheat atau panas. Biasanya, router overheat gara-gara lama banget digunakan dan kondisi di ruangan tempat WiFi berada memang suhunya sangat tinggi. Hal ini juga bisa menyebabkan gangguan pada WiFi. 

2. Driver WiFi Out-Dated

Penyebab lainnya bisa saja gara-gara driver WiFi yang digunakan pada laptop sudah out-date atau masih menggunakan versi lama. Masalah ini, bukan pada router maupun penyedia layanan internet yang digunakan, melainkan pada perangkat PC ataupun laptop yang kamu gunakan. Tak heran jika WiFi Indihome tidak ada internet. 

3. Infeksi Malware

Jangan salah, malware tak hanya bisa menyerang perangkat laptop atau PC saja. Router WiFi yang kamu gunakan juga bisa terkena malware. Ia adalah perangkat lunak yang memang dibikin untuk merusak jaringan, komputer, klien, dan lain sebagainya. Biasanya, kita mengenalnya dengan virus. 

Sebenarnya, ada cara yang efektif agar koneksi yang kamu miliki tidak terkena malware, yakni dengan cara menggunakan anti-virus. Terserah mau pakai produk anti-virus milik siapa, yang penting kamu sering scan dan membersihkannya secara berkala. 

Cara  Mengatasi WiFi Indihome Tidak Ada Internet

WiFi Indihome Tidak Ada Internet
Cara Atasi WiFi Indihome Tidak Ada Internet

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa penyebabnya, tentu saja kamu juga harus tahu cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet. Beberapa cara yang akan diberikan di sini, sesuai dengan penyebab yang mungkin terjadi pada router ataupun pada perangkat laptop/PC yang kamu gunakan. 

1. Restart Modem, Router, atau Wireless Router

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah me-restart device yang digunakan. Cara ini merupakan yang paling banyak dilakukan karena mungkin ada sedikit error pada router internet tersebut. Kamu hanya perlu mematikannya dari saklar utama. Setelah itu, tunggu saja selama 30 detik dan jangan menghidupkannya dulu. 

Setelah 30 detik, silakan nyalakan kembali. Silakan cek hingga lampu DSL stabil dan sambungkan ulang perangkat PC ataupun laptop yang sedang kamu gunakan. Itu cara manual untuk me-restart router ataupun modem. 

Kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk melakukannya, yakni dengan mengetikkan 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 di browser yang kamu gunakan. Silakan login dengan menggunakan username ataupun password dengan menuliskan “admin” pada keduanya. 

Lanjutkan dengan memilih sistem Tools a Reboot Option. Setelah itu klik tombol Reboot. Kamu hanya tinggal menunggunya hingga proses Reboot selesai. 

2. Mengubah Mode WiFi

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah mode WiFi. Cara yang harus dilakukan adalah mengetik 192.162.0.1 pada browser lalu login saja dengan cara yang sama dengan reboot WiFi yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Cari opsi Wireless Settings dan langsung saja ubah ke 11bgn mixed. Lalu klik save. Setelah itu coba restart lagi seperti cara pertama. 

3. Update Driver WiFi

Cara selanjutnya yakni dengan mengupdate driver WiFi. Sudah dituliskan sebelumnya, masalah tidak ada internet Indihome bisa saja karena driver WiFi belum di update. Cara yang bisa kamu lakukan juga sangat mudah, kok. 

Pertama, silakan cari dulu opsi My Computer. Setelah itu klik kanan lalu pilih Properties Options. Di adapter jaringan, kamu bisa klik kanan driver adaptor WiFi lalu pilih saja opsi Update Driver Software. 

4. Mengganti ke Public DNS

Adapun cara lainnya yang bisa kamu coba saat ketiga cara di atas masih tidak berhasil, coba saja mengganti DNS menjadi DNS Google Public. Cara yang harus dilakukan adalah dengan membuka jaringan dan juga pusat berbagi. Kemudian, klik Control Panel. Silakan pilih jaringan dan internet. 

Biasanya, setelah kamu mengklik jaringan dan internet, nama WiFI yang terhubung akan langsung ditampilkan secara otomatis. Pilih Properties dan pilihlah TCP/IPV4. Lanjutkan dengan klik Properties lagi. Pilih opsi ‘Gunakan Alamat DNS Berikut” seperti yang telah ditampilkan pada properti IPV4. Ketikkan alamat Google. Lalu klik OK. Selain mengkonfigurasi TCP/IPV4, kamu juga harus melakukan hal yang sama pada IPV6. Lalu restart PC atau komputer yang kamu miliki. Biasanya masalah akan terselesaikan. 

Itulah sedikit informasi tentang penyebab dan cara mengatasi WiFi Indihome tidak ada internet yang mungkin bermanfaat bagimu. Semoga lekas terselesaikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar