15 Usaha Unik di Desa dengan Keuntungan Melimpah

Pernahkan sekali saja terbersit dipikiranmu mengembangkan suatu usaha di desa? Bukan usaha biasa, tapi usaha unik di desa yang bisa jadi belum ada atau masih sedikit sekali peminatnya. Permasalahannya, hingga saat ini kamu belum menemukan ide yang cocok untuk mengembangkan usaha apa pun.

Jangan khawatir atau putus asa karena kami menawarkan 15 jenis peluang usaha unik dan menguntungkan di desa. Kamu bisa memilih usaha yang berkaitan dengan kuliner, budidaya atau lainnya sesuaikan saja dengan passion dan kemampuan yang kamu miliki.

Usaha Unik di Desa

Daya tarik utama desa adalah alamnya yang belum tercemar polusi. Setiap hari, kamu juga bisa memandang sunrise atau sunset dengan latar belakang pemandangan yang elok.

1. Warung Sayur dan Buah Organik

Alih-alih mendistribusikan sayur dan buah-buahan hasil panen kebunmu lebih baik kamu menjualnya sendiri di depan rumah. Saat dana mencukupi, kamu bisa membangun kios atau warung sayur dan buah-buahan organik.

Supaya warung milikmu tampak lebih unik dari kompetitor, jual juga minuman atau makanan kekinian berbahan dasar sayur dan buah organik. Ada banyak inspirasi resep yang bisa kamu temukan dan pelajari secara online. Bukankah usaha unik di desa ini cukup menggiurkan?

2. Warung Internet

Bagi orang kota, warung internet atau warnet bukanlah tempat asing. Saat ini keberadaan warnet sederhana di perkotaan justru tersingkirkan berkat instalasi Wi-Fi yang sengaja dipasang di tiap rumah warga.

Sebaliknya, pemanfaatan warnet sangat dibutuhkan di desa. Mengapa? Karena masih banyak warga desa yang belum memiliki ponsel pribadi atau perangkat komputer untuk mengakses internet. Usaha jangka panjang di desa ini cukup menjanjikan mengingat pertumbuhan teknologi informasi tetap melaju hingga beberapa tahun yang akan datang.

3. Ternak Jamur

Usaha unik di desa yang selanjutnya adalah beternak jamur. Mengkonsumsi sayuran termasuk salah satu kebiasaan masyarakat desa yang tidak bisa disepelekan. Warga desa terbiasa mengolah berbagai jenis sayuran yang mereka temukan di kebun atau pekarangan sebagai lauk makan.

Dari sekian banyak jenis sayur, pilihlah jamur untuk membangun bisnis yang solid. Tidak hanya menyediakan jamur segar berkualitas terbaik kamu juga bisa membuat olahan berbahan dasar jamur. Contohnya jamur krispi atau olahan jamur lain yang sekiranya cocok dengan lidah warga desa.

Usaha Makanan Unik di Desa

Kamu hobi masak dan ingin menjalankan bisnis kuliner terbaru di desa? Lantas, apakah usaha unik di desa yang bertemakan kuliner? Yuk, kita simak rekomendasinya berikut ini:

1. Makaroni Pedas

Makanan dengan cita rasa pedas cenderung disukai oleh lidah Indonesia tidak heran jika banyak usaha unik di desa yang menonjolkan rasa tersebut. Contohnya varian sambal khas Indonesia yang bisa kita temukan di berbagai warung atau rumah makan. Daripada membuka warung makan atau masakan Padang yang sudah umum, kamu bisa menjual makaroni pedas.

Makanan ini bisa jadi kurang familiar bagi warga desa namun bukan berarti mereka akan menolaknya begitu saja. Yang perlu kamu lakukan cukup menggunakan bumbu yang bisa diterima oleh lidah warga. Bila memungkinkan gunakan bumbu hasil racikan sendiri agar cita rasanya lebih unik dan berkarakter.

2. Sambal Matang Instan

Apakah kamu tengah mencari ide usaha yang cocok di desa pinggir jalan? Daripada pusing melakukan survei dan riset sana-sini mengapa kamu tidak mencoba mengembangkan sambal matang instan andalanmu sendiri.

Menjual sambal matang instan dewasa ini sangat menjanjikan. Kabar baiknya lagi, kamu bisa mendistribusikan sambal racikanmu secara online menggunakan media sosial atau situs belanja online. Modal sedikit yang kamu keluarkan untuk membeli bawang, cabai dan berbagai bahan lainnya akan tergantikan dengan keuntungan berlipat ganda.

3. Keripik Kentang atau Keripik Singkong

Usaha Unik di Desa
Usaha Unik di Desa yang Menarik

Tidak bisa menemukan usaha unik di desa yang cocok dengan kriteriamu?  Bila bicara tentang kuliner, Indonesia punya banyak sekali jenis makanan populer yang bisa membuatmu kaya mendadak.

Salah satu bisnis yang sedang booming dan menjanjikan adalah keripik kentang atau keripik singkong rumahan. Kamu bisa mencontoh bisnis tersebut dengan membuat brand milikmu sendiri. Agar modal yang kamu keluarkan tidak banyak, gunakan bahan baku yang kamu tanam sendiri di kebun.

Usaha Minuman Unik di Desa

Udara desa mungkin identik dengan segar dan dingin tapi menjajakan minuman kekinian yang menyegarkan lain lagi ceritanya. Adapun jenis usaha minuman unik di pedesaan meliputi:

1. Es Rumput Laut

Penawaran pertama adalah es rumput laut. Minuman yang satu ini bisa jadi kurang familiar bagi orang Indonesia karena rumput laut hanya digunakan sebagai bahan baku agar-agar. Padahal menjual es rumput laut merupakan salah satu peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang.

2. Wedang Uwuh

Khasiat dari wedang uwuh bisa jadi mirip dengan es kunyit asem, mengapa? Karena keduanya merupakan racikan minuman unik yang terbuat dari bahan alami. Wedang uwuh dibuat dari campuran kapulaga, kayu manis, serai, cengkeh dan masih banyak lagi. Usaha unik di desa ini patut kamu pertimbangkan apalagi di musim pandemi seperti ini.

3. Es Kunyit Asem

Bukan rahasia lagi jika warga desa senang sekali mengkonsumsi minuman herbal untuk menjaga kesehatan dan imunitas mereka. Kamu yang ingin usaha minumanmu sukses dalam waktu singkat cobalah berjualan es kunyit asem. Es ini tidak hanya menyegarkan dan melepaskan dahaga tapi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Usaha Unik di Desa Barang Kerajinan

Usaha Unik di Desa
Usaha Unik di Desa

Setiap desa di tanah air punya banyak ciri khas dan keunikan tersendirinya. Beberapa desa berhasil membuat Indonesia bangga karena berhasil menjual barang kerajinan mereka hingga ke mancanegara. Bicara tentang barang kerajinan, pilih salah satu dari tiga rekomendasi bisnis berikut.

1. Perabotan Rumah Tangga

Usaha bidang kerajinan pertama yakni pembuatan barang-barang rumah tangga. Kamu bisa mempekerjakan beberapa tenaga kerja yang handal dalam membuat perabotan rumah tangga mulai dari yang berbahan dasar plastik hingga besi.

Menjual perabotan rumah tangga hasil rumahan ke warga desa tidak akan merugikan. Secara tidak langsung, kamu juga telah membuka lapangan pekerjaan bagi warga setempat tidak hanya mengembangkan usaha jangka panjang di desa.

2. Tembikar

Contoh usaha kerajinan lain yang bisa membawamu dalam kesuksesan adalah tembikar. Membuat tembikar yang unik dan cantik memang tidak mudah karena kerajinan ini berkaitan dengan seni. Namun, bila kamu memilih pekerja yang tepat, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan tembikar yang unik.

Usaha di Desa Sukses yang Unik

Masih mau tahu usaha di desa yang sukses dan unik? Coba deh baca rekomendasinya di bawah ini.

1. Studio Foto

Usaha unik di desa berikutnya adalah studio foto. Bisnis fotografi ini mungkin bukan bisnis baru di perkotaan bahkan kamu bisa menemukannya dengan mudah di beberapa lokasi. Sebaliknya, studio foto jarang kita temui di desa meskipun ada jumlahnya tidaklah banyak.

Bila mengingat manfaatnya, keberadaan studio foto amat dibutuhkan oleh masyarakat. Studio foto bisa menjadi tempat anak sekolah mencetak pas foto untuk ijazah. Studio foto juga bisa menjadi tempat keluarga membuat foto keluarga. Hasil foto yang diberikan oleh studio foto jauh lebih bagus daripada foto ponsel.

2. Sewa Alat Pesta Pernikahan

Kamu belum berhasil memilih satu di antara empat usaha yang cocok untuk pemula di desa sebagaimana yang kami jelaskan sebelumnya? Bisa jadi jenis usaha ini yang paling sesuai dengan passion dan keterampilanmu.

Usaha sewa alat pesta pernikahan memang membutuhkan modal yang sangat besar karena mengurus hajat hidup orang banyak. Tapi hitunglah berapa banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh setiap bulannya? Apalagi mayoritas warga desa gemar menjodohkan atau menikahkan anak di usaha muda.

Usaha Unik dan Kreatif

Usaha yang cocok untuk pemula adalah usaha kreatif yang mengedepankan pemikiran keras dari setiap individunya. Kamu yang berharap bisa menemukan usaha kreatif yang bagus untuk lingkungan mungkin bisa mencontoh dua usaha berikut.

1. Bisnis Daur Ulang Sampah

Usaha unik di desa yang penuh kreativitas tidak selalu berkaitan dengan modal besar. Dari sampah pun kamu bisa membuat usaha unik, kreatif dan menguntungkan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengumpulkan sampah untuk didaur ulang menjadi kerajinan atau produk baru bermanfaat.

2. Desa Wisata

Dan jenis usaha terakhir yang sangat cocok untuk pedesaan adalah desa wisata. Mengembangkan desa wisata tidak hanya membantu perekonomian mu tapi juga warga dan pemerintah setempat. Kamu bisa membuat spot fotografi unik yang sekiranya disukai oleh wisatawan.

Itulah macam-macam rekomendasi usaha unik di desa yang bisa kami tawarkan untukmu. Dari semua jenis usaha tersebut, mana yang cocok dan bisa kamu lakukan?

Bagikan:

Tinggalkan komentar