Usaha Ternak Modal 300 Ribu yang Bisa Kamu Coba

Sepertinya ada yang mau jajal dunia bisnis ternak dengan modal kecil, nih. Kalau iya, udah bener banget kamu baca artikel ini karena di sini akan disediakan beberapa referensi usaha ternak modal 300 ribu yang tentu potensial untuk membuat kamu untung besar. 

Usaha peternakan sejak dulu memang potensial sebagai alat untuk mencari keuntungan. Pasalnya, tak pernah ada penurunan permintaan pasar terhadap hewan ternak. Pun jika hewan ternak yang kamu budidayakan tergolong aneh, jangkrik misalnya. 

Siapa yang menyangka bahwa jangkrik bis menjadi usaha ternak yang menguntungkan? Menurut beberapa kabar, jangkrik ini sangat dibutuhkan bagi orang yang hobi memelihara burung kicau. Jangkrik, digunakan sebagai makanan yang diberikan pada burung. 

Dan kabarnya juga, jika burung kicau yang dimiliki diberi makan jangkrik, kemungkinannya sangat besar menjadikan burung kicau menjadi sangat gacor. Saat burung kicau bisa gacor, tentu saja akan sering memenangkan lomba. 

Saat si pemilik burung kicau menang lomba, dia akan dapat duit. Setelah itu, biasanya burung tersebut menjadi burung unggulan yang memiliki harga tinggi. Karena harganya tinggi, akhirnya dia beternak burung kicau. Saat burung kicau yang dibudidayakannya tambah banyak, secara otomatis dia juga butuh banyak ketersediaan pakan. 

Nah, keuntungan para peternak jangkrik terletak dalam siklus yang begitu. Belum pernah terpikirkan, kan? Kalau belum dan ingin mengetahui usaha ternak modal 300 ribu lainnya, berikut ini akan disediakan lengkap untuk kamu. 

Usaha Ternak Modal 300 Ribu

usaha ternak modal 300 ribu
Usaha ternak modal 300 ribu

Ada beberapa hewan ternak yang hanya membutuhkan modal 300 ribu saja. Dengan modal tersebut, kamu sudah meraup keuntungan yang lumayan tinggi. Apa saja hewan ternaknya? Berikut ini ulasannya. 

1. Ternak Ayam Kampung

Ya, salah satu ternak yang butuh modal 300 ribu adalah ternak ayam kampung. Selain itu, beternak ayam kampung juga merupakan usaha ternak yang menguntungkan di desa. Pasalnya, permintaan ayam kampung di desa dan bahkan juga di kota-kota seolah tidak pernah turun. 

Ternak ayam kampung saya sarankan karena saya punya teman yang memang mengalaminya sendiri. Dia awalnya hanya bermodalkan 100 ribu saja untuk membeli indukan, jantan dan betina. Setelah itu, dia menetaskan telurnya sendiri, lalu makin lama makin banyak. 

Dan saat ini, dia sudah memiliki sekitar 300 – 500 ayam. Jangan kaget, ya. Dia juga bisa meraup omzet dari ternak ayam kampung sebanyak 15 juta per bulan. Bayangkan saja, dengan modal segitu, ditambah kesabaran dan juga ketekunan selama beberapa tahun, akhirnya dia menyentuh omzet dua digit hanya dari ternak ayam kampung. 

Maka dari itu, usaha ternak modal 300 ribu yang pertama ini, bisa kamu coba. 

2. Ternak Jangkrik

Seperti yang di awal saya jelaskan, ternak jangkrik juga merupakan usaha ternak modal 300 ribu saja. Selain untuk pakan burung, jangkrik juga bisa dijadikan pakan ikan dan yang sejenis. 

Hanya dengan 300 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa membuka usaha ini. Yang dibutuhkan juga nggak banyak kok, hanya tiga buah kotak untuk tempat tinggal jangkrik, tempat bekas telur, voer ayam, telur jangkrik tentu saja, dan juga sayuran sebagai makanan sehari-harinya. 

Dan jangan kaget juga, ya. Untuk usaha jangkrik ini, per kilo jangkrik di pasaran dipatok dengan harga Rp350.000 – Rp500.000. Bayangin aja kalau usaha jangkrikmu bisa sangat luas. Tentu bisa panen hanya gara-gara beternak jangkrik. 

Akan tetapi, walaupun kamu hanya punya lahan terbatas, usaha jangkrik ini juga merupakan usaha ternak menguntungkan di lahan sempit kok, tenang saja. Nanti kalau udah bisa lebih gede, baru untungnya bisa tambah banyak. Tertarik?

3. Ternak Itik

Yup, usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya adalah hewan yang merupakan teman dari ayam kampung, yakni itik. Hanya dengan 300 ribu saja, kamu sudah bisa membeli indukan dan juga pejantan dari itik. Nah nanti, biarkan keduanya memadu kasih dan menghasilkan telur-telur yang berkualitas.

usaha ternak modal 300 ribu
Usaha ternak modal 300 ribu

Untuk harga itik yang baru saja menetas yakni sebesar Rp10.000. Baru menetas loh, ya. Kalau lebih besar, tentu saja harganya bisa lebih mahal. Itu dari sisi pembesaran itik. Kamu juga bisa menjual telurnya saja, kok. Harganya juga lumayan, hampir sama lah dengan harga telur ayam kampung. 

Selain itu, kamu juga bisa memberikan makanan sisa atau melepas itik di ladang warga yang memang belum ditanami apa-apa. Perawatan mudah, modal kecil, dan untungnya juga lumayan. Usaha ternak satu ini jelas perlu kamu coba. 

4. Ternak Kelinci

Untuk usaha ternak modal 300 ribu yang bisa kamu coba adalah ternak kelinci. Kamu bisa kok mendapatkan kelinci jantan dan betina untuk mendapatkan bocil-bocil kelinci yang lucu lainnya. 

Usaha kelinci ini juga merupakan usaha ternak yang menjanjikan di masa depan karena memang masih jarang yang melihat potensinya. Bagi kamu yang mungkin tertarik, langsung saja cari indukan kelinci di sekitaran kotamu, pasti ada kok walaupun hanya segelintir. 

Walaupun sekarang kamu sudah jarang melihat ada paman-paman jualan kelinci di sekolah-sekolah, tenang saja. Ternyata pasar kelinci sudah mengalami perluasan. Dan malah luas banget. 

Kabarnya, kelinci-kelinci comel ini sekarang sudah sering diekspor. Ada yang menjualnya secara langsung hidup-hidup. Dan ada juga yang menjualnya saat sudah berbentuk olahan. Untuk yang olahan, sangat tidak saya sarankan karena ya masa kamu nggak kasian mau nyembelih kelinci lucu gitu? 

Kalau nggak, tega banget sih asli. 

5. Ternak Cupang

Untuk usaha ternak modal 300 ribu kelima yang bisa kamu coba adalah ternak cupang. Sudah tahu sendiri kan kemarin harga cupang naiknya gila-gilaan? Bahkan kabarnya, ada satu ikan cupang yang harganya sampai puluhan juta. Gila nggak tuh. 

Akan tetapi, bagi kamu yang baru ingin merintisnya, modalnya 300 ribu saja cukup. Cari saja dulu cupang-cupang biasa dan yang memiliki grade rendah. Hitung-hitung sebagai pembelajaran. Nah ketika kamu sudah mahir dalam breeding, mengerti segala jenis cupang beserta ilmu merawatnya, baru deh nantinya bisa upgrade. 

Biasanya sih, untuk grade rendah, anakan cupang tersebut dijual dengan harga 5 ribu sampai 10 ribu saja per ekornya. Tapi, biasanya anakan cupang grade rendah, itu banyak banget. Jadi, stok anakan untuk dijual juga banyak. 

Kamu bisa menjualnya sendiri atau titipin saja sama paman-paman jual cupang di sekolahan. Bakal untung kok. Tenang saja. 

Nah, kelima usaha ternak modal 300 ribu rupiah di atas, bisa menguntungkan semua asalkan ada ketekunan, konsisten, persisten, dan nggak gampang menyerah, pasti gede kok. Tenang saja. 

Tapi, bagi kamu yang ingin usaha ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat, saya masih belum bisa menyediakannya karena emang nggak ada yang bisa untuk dari ternak dalam waktu singkat. Eh, ada sih, ternak tuyul. Coba aja kalau mau. Tapi dosa tanggung sendiri, ya. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar