5+ Ide Usaha Ternak Modal 1 Juta yang Menguntungkan

Lagi mencari ide usaha ternak modal 1 juta ya? Pas banget kamu bertemu artikel ini, karena akan kami bahas tuntas. Yuk baca sampai habis.

Memiliki usaha sendiri jauh lebih baik daripada bekerja dengan orang lain. Tanpa memandang besar kecilnya usaha yang dimiliki kamu tetaplah bosnya. Usaha ternak modal 1 juta bisa jadi batu loncatan kami untuk menjadi pebisnis yang sukses. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi bisnis yang bisa kamu coba.

Usaha Ternak Modal 1 Juta

Memiliki bisnis sendiri jauh lebih baik dibanding kerja ikut orang, sekecil apapun bisnisnya kamu adalah bosnya. Mau kualitas usaha ternak tapi cuma punya modal pas-pasan? Tenang saja di bawah ini ada beberapa inspirasi bisnis modal 1 juta untuk pemula : 

1. Ternak Ayam Potong

Usaha ternak modal 1 juta yang pertama adalah ternak ayam potong. Ternak ayam potong tidak memerlukan modal yang besar bahkan kurang dari 1 juta rupiah namun keuntungan berlipat ganda. Apalagi masa panennya yang terbilang singkat sekitar 30-40 hari setelah menetas. Apalagi ayam menjadi salah satu unggas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia bahkan dunia. 

Cara budidaya ayam potong adalah dengan membeli bibitnya kemudian dibesarkan sendiri dalam kandang. Pemberian makan dan vitamin juga perlu diperhatikan supaya ketika masa panen tiba ayam memiliki berat standar pasar. Harga jual ayam tidak stabil namun berkisar di angka 27 – 40 ribu rupiah per kg. 

2. Ternak Ikan Lele

Lele merupakan salah satu ikan tawar yang banyak dikonsumsi selain karena tekstur dagingnya yang lembut dan gurih, kandungan gizi pada lele juga sangat tinggi. Proses budidaya lele tidak selalu membutuhkan kolam yang besar kamu bisa membudidayakannya dalam ember dan bagian atasnya bisa ditanami sayuran seperti kangkung. 

Lele juga termasuk Ikan yang kuat dan tidak rewel dalam hal perawatannya. Masa panennya juga singkat yaitu 3-4 bulan sekali tebar benih. Harga lele segar di pasaran juga termasuk lumayan tinggi mulai dari Rp 20.000 – Rp 30.000 per kg. 

3. Ternak Telur Burung Puyuh

usaha ternak modal 1 juta
usaha ternak modal 1 juta

Usaha ternak modal 1 juta yang bisa kamu coba selanjutnya adalah ternak telur burung puyuh. Burung puyuh biasa dimanfaatkan untuk diambil telur dan dagingnya. Namun unggas ini lebih terkenal dengan telurnya. Walaupun kecil namun citarasa dari telur ini sangat gurih dan menyimpan banyak nutrisi yang baik bagi tubuh khususnya anak anak. 

Burung puyuh termasuk ke dalam ternak paling cepat panen dan menguntungkan sebab panen bisa dilakukan setiap hari, sebaiknya ambil telur pukul 6 pagi untuk menjaga kualitas telur. Masa produktivitas burung puyuh hanya bertahan selama 1 tahun, agar tidak rugi kamu bisa menjual daging burung puyuh, dan menggantinya dengan indukan yang baru. 

4. Ternak Jangkrik 

Bisnis budidaya unik seperti jangkrik bisa jadi pilihan sebab permintaannya yang terus meningkat. Jangkrik menjadi salah satu makanan favorit burung sehingga banyak diburu oleh orang yang memelihara burung hias terutama burung kicau. Jangkrik mulai bisa dipanen ketika masuk usia 30 hari setelah menetas. 

Budidaya jangkrik tidak terlalu sulit, perkembang biakkanya cepat dan masa panennya juga singkat. Perawatannya pun sangat mudah cukup ditempatkan pada kandang kotak dan diletakkan pada tempat yang sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Soal pakan pun tidak terlalu ribet sebab jangkrik merupakan hewan pemakan tumbuhan. Usaha ternak modal 300 ribu bisa diterapkan dalam budidaya jangkrik mengingat biaya pembuatan kandang yang murah serta indukan yang bisa dicari di alam tanpa harus beli. 

5. Ternak Ikan Hias

Sejak pandemi permintaan ikan hias terus meningkat. Beberapa jenis ikan pun harganya melambung tinggi seperti Ikan cupang. Ternak ikan hias kecil bisa jadi pilihan bisnis yang memiliki prospek bagus. Sebut saja ikan cupang, ikan molly, ikan mas koki, ikan guppy, ikan corydoras dan masih banyak lagi. 

Perawatan ikan hias tidak terlalu sulit, cukup siapkan wadah beserta perlengkapannya, berikan makanan yang sesuai dan teratur, serta rajin membersihkan dan mengganti air dalam wadah sesuai jadwal. Ikan hias masa reproduksinya sangat cepat dan mampu menghasilkan ratusan telur dalam sekali melahirkan. Perkara modal? Tentu saja ternak ikan hias masuk dalam kategori usaha ternak modal 1 juta.

Usaha dengan Modal Maksimal 1 Juta

usaha ternak modal 1 juta
usaha ternak modal 1 juta

Ternak skala kecil biasanya tidak memerlukan modal yang besar. Jika sudah jalan kamu bisa mengembangkannya agar menjadi lebih besar lagi. Contoh usaha ternak modal 1 juta yang bisa dirintis dari kecil dan menguntungkan adalah : 

6. Ternak Ayam Petelur

Usaha ternak modal 1 juta selanjutnya adalah ternak ayam petelur. Ayam petelur mampu menghasilkan telur setiap hari kurang lebih selama 2 tahun sejak pertama kali bertelur. Harga telur ayam dipasaran pun cukup tinggi berkisar di angka 20 ribuan dan dapat berubah sesuai dengan permintaan pasar. 

Budidaya ayam petelur mudah dan bisa dimulai dengan modal 1 juta rupiah. Kamu bisa menggunakan kandang umbaran untuk menghemat biaya, dan memanfaatkan lahan kosong yang ada di lingkungan rumah. Selalu perhatikan kebersihan kandang agar tidak timbul bau tidak sedap yang bisa mengganggu tetangga. 

Jika ayam sudah tidak bisa menghasilkan telur kamu bisa menjual dagingnya. Di hari tertentu seperti hari raya idul Fitri ayam merah (ayam petelur) banyak dicari masyarakat untuk dijadikan masalah khas hari raya seperti opor ayam. Harga jualnya pun cukup tinggal per ekor mencapai 50 – 80 ribu rupiah tergantung dari ukuran. 

7. Usaha Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung termasuk jenis ayam yang harganya cukup mahal ketimbang ayam potong. Tekstur dagingnya yang alot dan tidak amis seperti ayam potong, lebih disukai banyak orang. Nah, kamu bisa nih memulai usaha ternak modal 1 juta untuk ayam kampung ini.

Perawatan ayam kampung juga tidak sulit, cukup beri pakan terbaik dengan kandang yang nyaman bisa membuat ayammu hidup dengan baik.

Itulah tadi beberapa rekomendasi usaha ternak modal 1 juta yang bisa dijadikan referensi. Sekian dan terimakasih. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar