Begini Cara Usaha Ternak Ayam Modal Kecil yang Mudah

Banyak yang enggak tahu kalau berbisnis ayam itu bukanlah perkara yang sulit. Hanya butuh tekad dan modal tentu saja. Namun, soal modal ini ada yang mengira kalau mau bikin usaha ternak ayam berarti modalnya harus besar. Padahal kita bisa usaha ternak ayam modal kecil. Dan itu sudah sangat sering dilakukan orang-orang.

Sekadar informasi, kebutuhan masyarakat akan ayam ini belakangan meningkat. Ayam banyak dikonsumsi untuk kesehatan. Selain itu ayam tidak hanya bisa dijual dagingnya saja, melainkan juga telurnya. Jadi, usaha ternak ayam ini sangat menjanjikan buat. Buat kamu yang bingung mau usaha apa, mungkin ternak ayam bisa menjadi pilihan.

Ternak Ayam Apa yang Menguntungkan?

Barangkali pertanyaan itu muncul dari benak kamu. Kira-kira ternak ayam apa yang bisa menguntungkan? Jawabannya bisa kita temukan dengan melihat apa sesungguhnya jenis ayam yang paling dicari oleh masyarakat?

Salah satu yang cukup diminati adalah jenis ayam petelur. Ayam jenis ini bisa menjadi peluang bagus untuk diternak. Ayam jenis ini biasanya diternak untuk diambil telurnya. Biasanya terdiri dari ayam betina yang berasal dari itik liar maupun ayam hutan. Apalagi ayam petelur ini sangat produktif. Setiap harinya, alam petelur bisa menghasilkan dua telur.

Selain ayam petelur juga ada ayam jenis Boiler yang cocok untuk diternakan. Ayam jenis ini umumnya sering diambil dagingnya. Ini adalah ayam ras pedaging dan cocok untuk usaha ternak ayam modal kecil. Baik ayam petelur, ayam boiler, dan satu lagi ayam kampung bisa menjadi pilihan untuk ternak ayam pemula.

Berapa Modal untuk Ternak Ayam?

Sebelum memulai usaha ternak ayam modal kecil, kamu harus tahu terlebih dahulu sebenarnya berapa sih modal untuk ternak ayam? Kamu mesti menentukan terlebih dahulu jenis ayam yang bakal diternak. Apabila itu adalah jenis ayam petelur, setidaknya membutuhkan modal Rp 150 juta yang dipakai buat pembuatan kandang dan 1000 Day Old Chicken (ayam siap panen dan telah disuntik vaksin).

Namun itu bukan patokan karena bisa jadi modal yang dikeluarkan jauh lebih sedikit. Misalnya apabila kamu hanya ingin memulai dengan 100 ekor ayam, maka usaha ayam modal kecil bisa sungguh-sungguh terjadi. Kamu hanya membutuhkan modal paling banter Rp 2.250.000 yang digunakan untuk membeli bibit ayam, pembuatan kandang, dan perawatan.

Sementara itu, untuk modal ayam boiler bisa mencapai Rp 7 juta. Modal segitu bisa digunakan untuk membeli bibit ayam boiler sebanyak 500 ekor, dan sisanya untuk keperluan lain. Misalnya untuk perawatan, pakan, dan biaya pembuatan kandang.

Berapa Modal Awal untuk Beternak Ayam Kampung?

Salah satu jenis ayam yang bisa buat usaha ternak ayam modal kecil adalah jenis ayam kampung. Ayam jenis ini memang belakangan ini sangat diminati masyarakat. Apalagi banyak restoran dan warung-warung makan menjual masakan berbahan ayam kampung.

Jika dibandingkan usaha ternak ayam potong jenis lain, ayam kampung bisa jadi usaha ternak ayam modal kecil. Soalnya biaya bibit ayam kampung harganya relatif terjangkau. Yaitu sekitar Rp 29 ribu-Rp 30 ribuan per ekor. Itu untuk usia ayam 70 hari dan memiliki bobot sekitar 0,9-1 kg. Sementara harga jualnya di pasaran bisa mencapai Rp 50 ribuan per ekor.

Kalau kamu ingin memulai usaha ternak ayam modal kecil, kamu bisa mulai dengan 100 ekor bibit ayam kampung. Maka modal yang dikeluarkan hanya sekitar Rp 3 jutaan untuk bibit ayam kampung. Modal tersebut belum sama kandang dan lain sebagainya yang bisa kamu perkirakan sendiri supaya biayanya tak terlalu melangit.

Berapa Modal Ternak Ayam Potong 100 Ekor?

Sebelumnya, saya sudah menulisnya di atas. Salah satu jenis ayam potong adalah ayam kampung, dan apabila kamu mau bikin usaha ternak ayam modal kecil mulai saja dengan ayam kampung 100 ekor. Modalnya untuk membeli bibitnya 100 ekor hanya Rp 3 juta, sedangkan keuntungannya bisa menjadi Rp 5 juta.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan biaya-biaya lain seperti kandang, tempat makan, tempat minum, pakan, lampu penerangan, sampai perawatan. Totalnya itu bisa mencapai Rp 580 ribu di luar biaya pembelian bibit. Biar lebih hemat lagi kamu bisa membuat kandang ternak ayam rumahan.

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Modal Kecil

Usaha Ternak Ayam Modal Kecil
Cara Usaha Ternak Ayam Modal Kecil

Mungkin di antara kamu masih bingung mengenai bagaimana sih cara memulai usaha ternak ayam modal kecil? Apakah sulit atau justru mudah? Sebetulnya tidak terlalu sulit, tapi juga tidak semudah kisah-kisah inspiratif di televisi. Kamu perlu telaten untuk melakukannya. Berikut saya berikan tutorialnya. Let’s go.

1. Pilih Jenis Ayam yang Bakal Diternak

Penting banget bagi kamu yang pengin memulai usaha ternak ayam modal keci adalah dengan menentukan jenis ayam yang akan diternak. Entah itu ternak ayam bangkok, ayam boiler, ayam kampung, peternak, atau ayam jenis apa pun. Kenapa hal ini sangat penting dilakukan?

Ya karena ketika kamu sudah menentukan jenis ayam yang akan diternak itu bakal mudah untuk ke depannya. Mudah untuk menentukan modal awal, dan juga kamu bisa mengetahui cara untuk merawat ayam yang sedang kamu ternak. Sebab perlu kamu ketahui kalau setiap jenis ayam cara merawatnya berbeda-beda.

Misalnya, ternak ayam petelur dengan ternak ayam pedaging itu berbeda. Apa bedanya? Jika ayam pedaging yang diincar untuk dijual adalah dagingnya, sedangkan untuk ayam jenis petelur tentu saja yang dijual adalah telurnya. Kalau ayam petelur kita harus tahu dulu beragam jenis-jenisnya dan telur apa telur apa yang dihasilkan, begitu pula jenis ayam pedaging.

2. Persiapkan Modal

Setelah memutuskan ingin usaha ternak ayam modal kecil dan sudah tahu jenis ayam apa yang ingin diternak, langkah berikutnya adalah menyiapkan modal. Kamu bisa cari tahu terlebih dahulu berapa perkiraan modal yang dibutuhkan untuk beternak ayam jenis tertentu.

Kamu bisa mencari informasinya di internet. Atau cara yang paling mudah adalah dengan bertanya ke orang lain yang kebetulan telah lebih dulu membuka usaha ternak ayam modal kecil. Itu semua akan sangat membantu meyakinkanmu dan agar kamu juga tidak salah langkah nantinya.

3. Buat Perencanaan

Sebelum memulai usaha ternak ayam modal kecil, alangkah baiknya kamu bikin perencanaan terlebih dahulu. Memang segala sesuatu dibutuhkan perencanaan, termasuk usaha ternak ayam modal kecil. Sebab tanpa perencanaan kamu bakal kewalahan, dan yang paling fatal biayanya bisa membengkak tapi penjualannya buruk.

4. Memilih atau Mengawinkan Indukan

Selain memilih indukan yang bermutu, kamu bisa mengawinkan indukan ayam. Ini cara yang cukup efektif untuk mengurangi biaya produksi. Dengan mengawinkan indukan kamu tidak perlu menambah modal untuk membeli bibit ayam lagi.

5. Perhatikan Perawatan

Ketika kamu memutuskan membuka usaha ternak ayam modal kecil, yang tak boleh dilupakan adalah perawatan ayamnya.  Ayam jenis apa pun itu mesti dirawat sebaik mungkin. Kamu bisa rutin membersihkan kandangnya. Pastikan kandang higienis, misalnya setiap dua minggu sekali dibersihkan.

Cek setiap ayam yang ada di kandang kamu. Apakah ada yang cacat atau sakit. Bila ada segeralah lakukan tindakan, kalau sakit ya disembuhkan. Rutin-rutin lah memberi suplemen atau vitamin ke ayam-ayam tersebut. Berikan juga pakan yang sehat dan sesuai. Nah, kalau kamu pengin ternak ayam rumahan tanpa bau, maka kamu harus lebih peduli pada kebersihan dan perawatan ini.

Itulah tadi cara-cara usaha ternak ayam modal kecil yang mungkin saja bisa kamu praktikkan. Cara di atas sesuai dengan informasi yang saya dapat. Semoga kamu bisa mempraktikkannya, dan mudah-mudahan usaha ternak ayamnya bisa sukses. Hehehe.

Bagikan:

Tinggalkan komentar