Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta? Sangat Bisa!

Banyak orang mengira membuka usaha sembako membutuhkan modal yang sangat besar. Bayangan kita tentu akan mengarah ke toko-toko kelontong yang tersebar di kota-kota. Namun hal itu tak sepenuhnya benar. Karena membuka usaha sembako dengan modal 5 juta pun sekarang bisa. Tak percaya?

Cara Memulai Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

Sebelum saya membahasnya semakin jauh, tinggalkan dulu bayangan-bayangan kamu soal toko sembako di kota besar. Sebab, membuka usaha warung sembako modal 5 juta, tentu tak bisa langsung besar. Ada kiat-kiat agar kamu bisa membuka usaha sembako dengan modal 5 juta. Apa ya kiat-kiatnya?

Berikut saya kasih kiat-kiat membuka usaha sembako pemula dengan modal 5 juta.

1. Melengkapi dengan Peralatan Toko

Sebelum memulai membuka usaha sembako, kamu mesti menyiapkan segalanya. Disamping tempat buat tokonya, bisa dengan sebagian dari rumah atau menyewa. Eh tapi, kalau menyewa kayaknya lebih mahal. Jadi karena ini pembahasannya di bawah 5 juta, saya menyarankan buka warungnya di rumah saja.

Kamu tentu tidak bisa membuka begitu saja. Yang perlu disiapkan adalah peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk melengkapi toko. Karena pembahasan kita kali ini memulai usaha sembako dengan modal 5 juta, maka kamu mesti memperkirakan estimasi biaya buat peralatan. Misalnya mengalokasikan dana untuk peralatan yang dibutuhkan sekitar satu juta.

Kamu bisa membeli meja dan rak dengan harga kisaran Rp 650 ribu – Rp 750 ribuan. Kemudian sisanya kamu bisa belikan peralatan lain. Misalnya kamu bisa buat beli timbangan, plastik, ataupun lain sebagainya.

2. Menyiapkan Barang Dagangan

Ini hal yang terpenting. Coba bayangkan kamu hendak berjualan tapi enggak ada barangnya? Lha yang mau dijual apa?! Maka yang perlu kamu lakukan adalah memperkirakan estimasi biaya untuk barang. Karena tadi sejuta buat peralatan, saya asumsikan kamu masih mempunyai modal 4 juta untuk membuat usaha sembako dengan modal 5 juta.

Kamu mesti membuat daftar isi warung sembako lengkap terlebih dahulu. Bagaimana mungkin dapat banyak barang dengan 4 juta? Ya kamu mungkin tidak akan langsung membeli semuanya. Tipsnya kamu bisa mulai memilih barang yang paling diminati dan dibutuhkan oleh konsumen. Kamu bisa melakukan observasi kecil-kecilan ke toko lain untuk menentukan isi warung sembako modal 5 juta kamu itu.

3. Mencari Tempat Grosir Murah

Mencari tempat grosiran barang juga tak kalah penting. Karena modalmu terbilang sedikit, yang perlu kamu lakukan adalah mencari tempat grosir yang memiliki harga murah. Umumnya di beberapa tempat ada toko yang khusus grosiran, dan kalau itu tokonya tak terlalu besar bisa jadi memasang harga di bawah harga pasar. Jadi kamu bisa kulakan di situ.

4. Promosi

Promosi adalah hal yang tak boleh dilupakan dalam membuka bisnis. Lalu bagaimana kalau usaha sembako dengan modal 5 juta? Mau bayar iklan kan enggak cukup! Ya memang, modal segitu mending buat kulakan barang daripada buat promosi. Karena promosi bukan sekadar memasang iklan. Kamu bisa mulai dengan memberikan pelayanan yang baik dan membekas, niscaya orang yang beli akan balik lagi beli di toko kamu. Itu sudah termasuk promosi.

Baca juga artikel tentang usaha menarik lainnya:

QnA Seputar Usaha Sembako

Selain tips-tips mendirikan usaha sembako dengan modal 5 juta, lewat artikel ini saya akan mengulas QnA yang biasanya sering ditanyakan oleh banyak orang. Mungkin kamu juga bertanya begitu. Nah mari simak QnA berikut ini.

Modal 5 juta usaha apa yang cocok?

Tentu saja, kamu bisa membuka usaha sembako dengan modal 5 juta. Dari modal tersebut kamu bisa bikin rincian modal toko sembako usaha modal 5 juta. Selain toko sembako, pastinya masih banyak lagi peluang usaha dengan modal 5 juta.

Contohnya, kamu bisa buka usaha konter, itu modalnya dikit bisa, atau kamu bisa membuka usaha makanan ringan anak-anak, dan masih banyak lagi.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka toko sembako?

Kamu bisa membuka usaha sembako dengan modal 5 juta saja. Ya serius, seperti apa yang saya tulis di atas. Selain bermodal 5 juta, kamu bisa menambahkan modalnya, misal 10 juta. Semakin banyak modalnya, maka isi tokomu bisa semakin beraneka ragam.

Kalau modal kamu di bawah 5 juta juga bisa, tapi itu cukup sulit untuk mengatur estimasi pengeluaran awalnya. Istilahnya mesti ada satu komponen yang dikorbankan.

Apa saja yang dijual di toko sembako?

Selain sembilan bahan pokok, di antaranya beras, gula, minyak goreng, sayur dan buah, garam, daging sapi, telur, susu, dan gas, kamu bisa juga menjual barang-barang lain yang berkaitan. Misalnya aneka tepung, mulai dari tepung tapioka, tepung terigu, tepung kanji, tepung maizena, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa menambahkan aneka jajanan anak seperti biskuat, roma kelapa, gerry, dan masih banyak lagi. Oh ya, jangan lupakan mi instan.

Bagaimana cara membuka usaha warung sembako?

Mudah. Kamu tinggal siapkan modal beserta tempatnya. Kalau mau ngirit modal, bisa dengan membuka toko sembako di rumah. Jadi kamu bisa ngirit biaya sewa ruko. Setelah itu, kulakan barang ke supplier atau grosiran untuk dijual kembali.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuka Usaha Sembako

usaha sembako dengan modal 5 juta
usaha sembako dengan modal 5 juta
Gambar: Paper.id

Kamu bisa membuka usaha sembako dengan modal 5 juta, tapi itu bukan berarti kamu sudah selesai. Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan setelah usaha sembako dengan modal 5 juta milikmu itu berdiri. Apa saja? Yuk baca sampai tuntas.

1. Sabar

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika sudah membuka usaha sembako dengan modal 5 juta atau lebih adalah sabar. Menjadi penjual memang tidak mudah, apalagi pembeli kan enggak selamanya mau beli sembako di tempat kamu. Ada kalanya sepi dan ada waktunya ramai. Semua akan kamu lalui, jadi sabar saja ya. Hehe.

2. Jujur

Jujur itu penting dalam segala aspek, tak hanya dalam usaha sembako modal 5 juta. Karena kalau kamu sudah tidak jujur, boleh jadi usahamu tidaklah berkah. Misalnya jangan sesekali mengurangi timbangan. Karena jika ketahuan sama pembeli, itu bisa berakibat fatal. Salah satunya citra toko sembako milikmu jadi buruk, dan dampaknya pembeli bakalan lari. Mau?

3. Konsisten

Ya konsisten. Ketika kamu sudah yakin bikin usaha sembako ya tekuni itu, konsisten. Jangan misalnya toko sembakomu jarang-jarang buka, atau stoknya selalu habis.

Usahakan meski bikin usaha sembako dengan modal 5 juta, stok tetap ada. Nanti itu yang menilai adalah pembeli. Jika tokonya konsisten, pembeli juga bakal konsisten beli di tokomu. Bukan tak mungkin, dengan konsistensi, usahamu bisa berkembang.

Oke, cukup segini saja kali ya ulasan mengenai usaha sembako dengan modal 5 juta. Bagi saya, tidak ada yang mustahil kalau kamu mau berusaha. Mau bikin usaha tapi modalnya dikit? Hajar saja! Karena Bob Sadino pun pernah bilang bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan bukan hanya dipikirkan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar