35+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Laku di Pasaran

Sebagai pengusaha, terkadang hal utama yang harus di pertimbangan sebelum mulai berbisnis adalah jumlah modal. Besaran modal akan mempengaruhi volume penjualan dan prospek bisnis kedepannya. Padahal seiring kemajuan zaman, bisnis dapat dijalankan hanya dengan modal kecil salah satunya ide usaha rumahan modal 50 ribu

Menggeluti usaha rumahan biasanya dipilih karena bisa dilakukan tanpa modal besar dan jam kerja yang fleksibel. Meskipun modal kecil, pebisnis perlu mempertimbangkan jenis usaha yang dapat meningkatkan penjualan dan menghasilkan profit.

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Tidak perlu bingung mencari jenis usaha yang tepat dengan modal 50 ribu. Usaha modal 50 ribu bisa berjualan apa saja kok. Selama bisnis dijalani dengan niat dan ikhtiar pasti akan memberikan potensi keuntungan. Berikut beberapa inspirasi usaha rumahan modal 50 ribu.

1. Jasa Tulis Artikel

Bagi kamu yang bisa menulis artikel, coba manfaatkan hal itu untuk membuka jasa tulis artikel. Tawarkan jasamu di sosial media atau aktif mencari informasi klien yang membutuhkan penulis artikel di website seperti project.co, freelancer.com, dan lainnya. 

Modal 50 ribu yang kamu keluarkan untuk membeli paket data akan balik modal dengan cepat. Karena fee yang kamu dapatkan dari hasil menulis artikel lumayan menggiurkan. Apalagi jika kamu memang sudah profesional dibidang tersebut. Selain jasa tulis artikel, kamu juga bisa sabi membuka jasa mengetik. 

2. Jasa Desain Grafis

Banyak perusahaan membutuhkan desainer grafis untuk mendesain suatu proyek yang penting. Jika kamu seorang ahli desain grafis, kamu beruntung sekali. Peluang ini telah memberikan kesempatan kamu untuk meniti karir dengan penghasilan yang lumayan loh. 

Sama halnya dengan jasa tulis artikel, kamu juga harus tawarkan jasa dan portofolio mu kepada klien yang membutuhkan. Buat mereka takjub dengan hasil karyamu agar berlangganan. Desain grafis bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan atau pekerjaan tetap. 

3. Tenaga Pengajar Online

Berbagi ilmu dan pengetahuan tidak melulu harus datang ke tempat ngajar. Saat ini sudah banyak kursus online yang tersedia di internet. Jika kamu adalah seorang tenaga pengajar yang profesional di bidang tertentu, kamu bisa kamu mulai dengan mendaftar kursus online sebagai pengajar. 

Menjadi tenaga pengajar di kursus online merupakan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Belum tentu tenaga pengajar lain berminat mengikuti kursus online karena kesibukan dan aktivitas lainnya. Jadi, segera kamu manfaatkan kesempatan ini. 

4. Usaha Laundry

Membuka usaha laundry rumahan adalah pilihan yang tepat. Jasa laundry sangat diminati oleh orang-orang dengan berbagai kesibukan sehingga tidak punya waktu untuk mencuci. Modal 50 ribu bisa kamu pakai untuk membeli deterjen dan pewangi. 

Untuk proses mencuci, kamu tidak harus memakai mesin cuci. Berbisnis laundry bisa dikerjakan dengan mencuci manual dan mengeringkan cucian di bawah panas matahari. Rasa lelah akan terbayar dengan keuntungan yang akan didapatkan nanti. 

5. Bisnis Pulsa dan Kuota

Permintaan pulsa dan kuota akan terus meningkat mengingat internet dan smartphone yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Oleh sebab itu, Menjalani bisnis pulsa dan kuota akan membantu pemasukan pundi-pundi rupiah.

Usaha rumahan modal 50 ribu dengan berbisnis pulsa dan kuota tidak harus memiliki toko atau konter. Kamu cukup menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi penjualan. Hanya saja, kamu perlu promosi ekstra karena adanya kompetitor. 

Usaha Makanan Rumahan Modal 50 Ribu

Jenis usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa kamu coba lainnya adalah usaha makanan. Di bawah ini adalah daftar contoh usaha modal kecil untung besar dalam bidang kuliner. Ada juga usaha rumahan modal 10 ribu, yuk disimak.

1. Usaha Roti dan Kue

Olahan makanan berbahan dasar tepung, mentega, dan gula pasir ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Rasa yang manis dan mengenyangkan sangat cocok untuk dinikmati sebagai kudapan favorit. Tidak heran banyak yang memilih bisnis ini untuk memperoleh pendapatan karena harga bahannya yang murah dan berpotensi menguntungkan. 

2. Menjual Makanan Berbahan Dasar Tepung

Siapa yang suka dengan gorengan? Apalagi yang masih hangat, rasanya tidak puas jika hanya membeli satu. Gorengan juga menjadi salah satu makanan favorit berbahan dasar tepung yang banyak disukai orang. Gorengan termasuk usaha dengan modal 20 ribu yang patut kamu coba. 

Jika kamu hobi memasak cobalah untuk menjual berbagai gorengan seperti bakwan sayur, risol, gorengan tempe dan tahu, dan gorengan pisang coklat. Coba juga usaha yang berbahan aci seperti cimol, cilok, cilor, cilung, dan lainnya. Kamu bisa memulai usaha ini dengan sistem pre order dan modal yang minim. 

3. Jualan Keripik

Usaha jualan keripik bisa kamu mulai dengan membeli secara grosir di toko terdekat. Kemudian kamu kemas keripik dengan tampilan yang lebih menarik agar konsumen berminat membeli. Ada banyak jenis keripik yang bisa coba kamu jual seperti keripik singkong, keripik ubi ungu, keripik pisang, dan lainnya.

Usaha Minuman Rumahan Modal 50 Ribu

usaha rumahan modal 50 ribu
Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Setelah makanan, saatnya fokus kita beralih pada usaha minuman rumahan sobat. Usaha rumahan modal 50 ribu untuk bisnis minuman ada apa aja sih?

1. Es Teh 

Berjualan es teh adalah Ide pertama usaha rumahan modal 50 ribu. Minuman sederhana yang biasanya tersedia sebagai menu minuman andalan berbagai restoran maupun tempat makan lainnya adalah teh. Minuman teh sangat cocok diminum hampir pada setiap kegiatan. 

Sedang bersantai, menonton tv, teman makan bahkan ketika liburan terkadang berpikir untuk minum es teh. Harga teh yang terbilang murah bisa menjadi pilihan alternatif kamu untuk ide jualan minuman. Kamu bisa menjajakan es teh di pinggir jalan atau berjualan di event dan acara tertentu. 

2. Es Kelapa Muda

Berjualan es kelapa muda tergolong usaha rumahan modal 50 ribu. Bahan bahu kelapa muda di pasaran berkisar harga antara Rp5.000-Rp8.000 tergantung daerah. Es batu, gula, termos, toples, dan plastik bisa kamu beli dengan harga terjangkau. 

3. Es Jeruk

Minuman es jeruk termasuk dalam bisnis minuman yang laris di pasaran. Rasa segar dan manis asam es jeruk kian diminati banyak orang. Jadi, cocok untuk usaha minuman rumahan dengan modal yang tidak besar. Kamu bisa mulai dengan membeli 1 kg jeruk, es batu, dan gula dengan modal dibawah 50 ribu. 

4. Susu Kedelai

Bahan dasar susu kedelai adalah gula pasir, air, sari kedelai, daun pandan (opsional). Dengan bahan tersebut cukup dengan modal 50 ribu bahkan bisa kurang dari itu. Susu kedelai dapat dinikmati dingin maupun hangat. 

Proses pembuatan susu kedelai tidak memerlukan tempat khusus. Dapur rumah dan perlengkapan dapur dapat dimanfaatkan untuk membuat susu ini. Lakukan promosi ke teman, saudara, tetangga atau sistem delivery agar usaha susu kedelaimu laku dan dikenal masyarakat. 

5. Es Cappucino Cincau

Ini juga menjadi salah satu usaha rumahan dengan modal yang minim, tapi untungnya lumayan mantap.

6. Es Kacang Hijau

Bagi penikmat kacang, penyajian dalam bentuk es memang bisa menjadi pilihan yang menyegarkan sekaligus sangat nikmat.

7. Es Campur

Rasa yang bercampur ini juga gak kalah nikmat. Dalam semangkok es campur, pelanggan kamu akan terpincut deh. Ini juga bisa menjadi usaha rumahan modal 50 ribu yang menguntungkan.

8. Es Doger

Pernah dengar es doger? Itu lho es yang ada kelapanya. Fix ini nikmat banget dan bisa dijadiin ide peluang usaha rumahan modal 50 ribu juga.

9. Es Tebu

Siapa yang tak kenal dengan tebu, bahkan pepatah tentang “Habis manis, sepah dibuang” sangat identik dengannya. Tebu bisa dibuat menjadi es dengan memeras airnya yang manis.

10. Es Pandan

Es yang warnanya ijo? Ini lagi booming banget, biasanya di beberapa daerah bisa beda-beda namanya. Kalau di tempat saya namanya Es Buko Pandan. Modalnya juga minim, tapi untungnya beuh jangan ditanya lagi.

Usaha Rumahan Modal 50 ribu Kerajinan Tangan

Para ibu rumah tangga biasanya lihai menggunakan tangan untuk membuat suatu kerajinan. Sehingga bidang ini cocok sebagai pekerjaan sampingan sambil mengurus keluarga. Usaha kerajinan tangan tidak memerlukan modal besar. Dengan modal Rp50.000 sudah cukup untuk berbisnis kerajinan tangan. 

Usaha rumahan modal 50 ribu untuk bidang kerajinan tangan dapat dimulai dari ide berikut :

  1. Membuat aksesoris yang murah
  2. Mendaur ulang barang bekas
  3. Membuat hantaran
  4. Merangkai buket
  5. Menjahit
  6. Melukis 
  7. Merajut

Diantara semua jenis kerajinan tadi pasti ada yang kamu minati. Pilih dan tekuni bidang tersebut untuk kemudian dijadikan bisnis sebagai penghasilan tambahan. Selain mengembangkan keterampilan, membuat kerajinan tangan lumayan untuk mengisi waktu luang daripada gabut hehe.

Usaha Rumahan Modal 50 ribu Produk Digital

Generasi melek teknologi menjadikan bisnis digital sebagai usaha rumahan yang menjanjikan. Ide bisnis digital di era sekarang pilihannya banyak sekali salah satunya adalah menjual produk digital. Kamu bisa sukses di bidang ini jika memulainya dengan benar. Lalu, ada apa aja sih ide bisnis produk digital untuk usaha rumahan modal 50 ribu?

1. Ebook

Kamu pasti tidak asing dengan istilah ebook. Buku elektronik yang tersedia di internet banyak variannya. Jika kamu hobi membuat tulisan baik ilmiah maupun fiksi bisa dicoba untuk dijadikan sebagai ebook dan diperjualbelikan secara online.

2. Video

Contoh video yang di jual secara online adalah video beberapa tutorial yang dibutuhkan orang seperti tutorial memasak brownies, tutorial menggunakan hijab pashmina, tutorial edit foto, tutorial menanam tumbuhan, dan contoh video lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan ide sendiri. 

3. Foto

Bagi kamu yang suka memotret dan menghasilkan foto yang berkualitas lebih baik menjualnya di beberapa situs seperti shutterstock, iStockphoto.com, 

alamy, adobe stock, dreamstime atau website pribadi. 

4. Musik

Memiliki karya di bidang musik merupakan hal yang patut disyukuri. Jika kamu memiliki kemampuan bermusik yang baik, dapat menciptakan lagu, menulis lirik lagu sebaiknya dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. 

5. Toko Online

Berbisnis rasanya tidak lengkap jika tidak memiliki toko. Membuka toko tidak harus berbentuk fisik, kamu bisa membuka toko secara online di beberapa situs belanja online seperti lazada, shopee, blibli, tokopedia, JDID. 

Kamu dapat menjual berbagai kategori produk dari modal kecil. Bahkan tanpa modal sama sekali dengan menjadi dropshipper atau reseller. Menjual produk di beberapa marketplace dapat meningkatkan penjualan sekaligus mendapatkan keuntungan. 

6. Menjadi Blogger

Usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya ada ide bisnis digital dengan menjadi seorang blogger. Memiliki kemampuan menulis bisa kamu manfaatkan untuk membuat blog. Dengan menjadi blogger kamu akan memiliki portofolio dan dapat memasang iklan di website sendiri untuk menghasilkan uang. 

Usaha Rumahan yang Lagi Trend Modal 50 Ribu

Jika masih bingung dengan ide Usaha rumahan modal 50 ribu. Di bawah ini ada daftar yang kami rangkum untuk usaha rumahan yang lagi trend. 

  1. Jastip makanan
  2. Thrift shop
  3. Les privat
  4. Jualan frozen food
  5. Mengikuti survey online
  6. Telur gulung
  7. Martabak telur mini
  8. Jualan masker
  9. Jualan skincare masker bubuk 

Bagaimana sobat? Sudah mendapat inspirasi untuk ide bisnismu? Meski modal kecil, kamu tidak perlu berkecil hati bahwa bisnismu akan gagal. Kamu harus memiliki tekad kuat dan semangat untuk menjalankan bisnis. Demikian informasi ide usaha rumahan modal 50 ribu dari wong cerdas. Semoga beruntung.

Bagikan:

Tinggalkan komentar