7+ Ide Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan

Bisnis perkebunan bisa menjadi pilihan bisnis jangka panjang. Alasannya adalah karena tanaman sangat mudah dibudidayakan, mudah dalam hal perawatan, murah bibitnya, dapat diganti dengan yang baru apabila tanaman rusak, mampu menghasilkan keuntungan dalam kurun waktu yang lama hingga puluhan tahun.

Adapun di bawah ini usaha perkebunan yang paling menguntungkan, penasaran apa saja? Simak ulasan berikut ini : 

Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan

Bagi kamu yang penasaran dengan usaha perkebunan apa saja yang paling menguntungkan, berikut ini penjelasannya:

1. Perkebunan Sayur Hidroponik

Contoh usaha perkebunan yang paling menguntungkan pertama adalah budidaya sayur dengan teknik hidroponik. Teknik ini memungkinkan kamu untuk menanam sayuran di lahan sempit dan dengan modal sedikit. Perawatan sayur hidroponik tidak terlalu sulit, kualitas sayur yang dihasilkan juga bagus. 

Pasar penjualannya pun cukup luas apalagi di daerah perkotaan, pangsa pasarnya tidak lagi pasar tradisional melainkan pasar modern seperti Transmart, Hypermart, Giant, dan masih banyak lagi. Apalagi budidaya sayur memiliki masa panen yang singkat sekitar 30 hari saja. Adapun jenis sayur yang bisa dibudidayakan secara hidroponik diantaranya, sawi sendok, sawi hijau, seledri, kangkung, bayam, selada, daun bawang, bayam merah.

Baca juga yuk:
cara memulai usaha hidroponik
cara memulai usaha sayuran
cara menjadi tengkulak sayuran

2. Perkebunan Buah Lokal

Buah lokal ada banyak sekali jenis dan peminatnya sehingga kami kategorikan sebagai usaha perkebunan yang paling menguntungkan. Kamu bisa memulai usaha perkebunan buah lokal daerah kamu seperti mangga, apel, salak, pisang, pepaya, kelengkeng, alpukat, cempedak, durian, jeruk atau duku.

Sekali panen hasil usaha perkebunan buah sangat melimpah. Harga jualnya pun cukup menjanjikan. Apalagi jika buah tersebut diolah menjadi produk turunan seperti selai, dodol, jus, maupun keripik. 

Budidaya buah harus sabar sebab pohon memerlukan beberapa waktu agar bisa berbuah sekitar 1-5 tahun tergantung dari jenis pohon yang ditanam. Perawatan juga harus diperhatikan agar pohon mampu menghasilkan buah yang melimpah dan berkualitas, mulai dari tingkat pH tanah, kesuburan tanah, pengendalian hama, pemangkasan ranting, hingga pemupukan harus senantiasa dilakukan secara berkala. 

Lahan yang digunakan untuk perkebunan buah juga cukup luas. Sebab paling tidak jarak antara satu pohon ke pohon lain minimal 1 – 2 meter. Hal ini bertujuan agar nutrisi tanah bisa cukup untuk semua pohon dan tidak mengganggu pertumbuhannya. 

3. Perkebunan Kopi

usaha perkebunan yang paling menguntungkan kopi
usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Mau tahu ide usaha perkebunan yang paling menguntungkan selanjutnya? Perkebunan kopi bisa nih kamu coba tanam.

Kopi yang biasa ditanam di Indonesia terdiri dari 2 jenis yaitu arabica dan robusta. Kopi merupakan salah satu usaha palinPilih biji kopi unggulan. 

  1. Semai biji kopi ditempat yang teduh. 
  2. Persiapkan lahan budidaya. Lahan untuk budidaya kopi robusta harus terdapat pohon peneduh, jadi sebelum mulai sebaiknya kamu menanam pohon peneduh 2-4 tahun sebelumnya selain itu pH tanah juga harus diperhatikan. Kopi robusta dapat tumbuh subur pada tanah yang memiliki pH 4.5 – 6.5. 
  3. Pindahkan bibit kopi ke dalam polibag untuk pembesaran bibit. Setelah berusia 8-9 bulan bibit kopi bisa ditanam di lahan perkebunan.  
  4. Tanam bibit kopi ke lahan perkebunan dengan jarak 2.5 meter per pohon. 
  5. Penyiraman.
  6. Penyiangan. 
  7. Penggantian tanaman yang rusak dengan tanaman yang baru. 
  8. Pemupukan. 
  9. Panen. Pohon kopi robusta biasanya mulai berbuah ketika masuk usia 2.5 – 3 tahun. g menguntungkan di pedesaan yang banyak memiliki lahan luas. Sekali berbuah kopi bisa dipanen sepanjang tahun tanpa mengenal musim, selain itu harga jual kopi termasuk tinggi. Kopi mengandung per kg ya bisa mencapai angka 30 – 60 ribu per kg.

Jenis kopi yang paling banyak ditanam di Indonesia adalah kopi robusta. Kamu bisa coba deh menanam kopi yang masuk sebagai usaha perkebunan yang paling menguntungkan.

Selain kopi, masih ada banyak lagi jenis tanaman yang menguntungkan. Coba baca artikel ini juga deh sob:
cara memulai usaha budidaya kelor
peluang usaha budidaya kelor
peluang usaha tanaman hias

Usaha Perkebunan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Usaha tanaman perkebunan seperti sayuran teh tanaman bunga umumnya dilakukan masyarakat di daerah dataran tinggi. Sebab cuacanya yang sejuk serta tanahnya yang subur membuat beberapa jenis tanaman dapat tumbuh dengan subur. Seperti wortel, kentang, buah bit, lobak, labu Siam, bunga mawar, bunga krisan. 

4. Perkebunan Teh

usaha perkebunan yang paling menguntungkan
usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Salah satu jenis perkebunan yang cukup menjanjikan adalah perkebunan teh. Siapa yang tak kenal teh, salah satu jenis daun yang banyak diseduh sebagai minuman ini sudah dinikmati sejak zaman dulu hingga sekarang. Berbagai macam jenis teh pun bermunculan seperti Ter Assam, teh hitam, teh putih, teh puer, teh melati dan masih banyak lagi. 

Teh termasuk ke dalam tanaman jangka panjang yang menguntungkan sebab teh dapat terus dipanen setiap hari. Proses panennya pun cukup memetik daun teh yang cukup muda. Peluang teh pun terbuka sangat luas sebab penikmat teh selalu ada dan permintaan pasar terhadap teh terus meningkat. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya perusahaan teh yang baru. Yakin gak mau coba perkebunan teh? Teh termasuk usaha perkebunan yang paling menguntungkan lho.

5. Perkebunan Tebu yang Menguntungkan

Usaha perkebunan yang menguntungkan selanjutnya adalah tebu. Tanaman penghasil gula ini sudah dibudidayakan di Indonesia sejak zaman kolonial Belanda hingga sekarang. Gula banyak digunakan dalam pembuatan makanan ataupun minuman sehingga peluang pasarnya sangat besar. 

Cara budidaya tebu juga tidak terlalu sulit. Pembelian bibit tebu biasanya dilakukan pada awal masa tanam. Jika sudah masuk masa panen kamu bisa menanam tebu kembali dari pucuk pohon tebu. Caranya adalah dengan memotong bagian atas tebu kurang lebih 100 cm. Kemudian ditancapkan kembali ke dalam tanah sudah bisa hidup dan jadi tanaman tebu yang baru. 

Permintaan gula di pasaran terus meningkat setiap tahun namun jumlah gula dalam negeri. Bisa nih sambilan nanem tebu karena kebutuhan gula selalu ada. Yakin gak mau coba ide usaha perkebunan yang paling menguntungkan ini?

Tanaman yang Menjanjikan Masa Depan

Bidang usaha perkebunan yang menjanjikan untuk tabungan masa depan diantaranya perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit, perkebunan kelapa, perkebunan teh dan kopi, serta perkebunan buah buahan. Beberapa contoh pohon tersebut mampu bermanfaat bagi petaninya hingga puluhan tahun dan bisa diwariskan. 

6. Perkebunan Karet 

usaha perkebunan yang paling menguntungkan
usaha perkebunan yang paling menguntungkan

Tanaman pertanian yang paling menguntungkan pertama adalah karet. Pohon karet mampu tumbuh hingga ketinggian 30 – 40 m. Agar bisa menghasilkan getah pohon karet harus tumbuh ditanah yang subur dan padat. Pohon ini mulai bisa disadap getahnya sejak usia 6 tahun dan terus menghasilkan hingga 20 tahun kemudian. 

Karet bisa dipanen setiap hari dengan cara menyadap ketika pagi hari dan panen keesokan harinya. Karet memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan banyak digunakan dalam industri dan kehidupan sehari hari. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya benda yang terbuat dari karet. 

Selain itu, keberadaan kebun karet memiliki peranan besar dalam mengatasi efek pemanasan global. Akarnya yang menyebar luas mampu menahan tanah agar tidak longsor. Pohon karet menyerap polusi udara yang ditimbulkan manusia dan melepaskan oksigen sehingga kualitas udara di sekitar lingkungan perkebunan menjadi lebih sehat, segar, dan bersih. 

7. Perkebunan Kelapa 

Perkebunan kelapa termasuk usaha perkebunan yang paling menguntungkan karena kelapa masih dibutuhkan oleh masyarakat.

Jenis kelapa ada banyak sekali mulai misalnya kelapa gading, kelapa hijau, kelapa Wulung, kelapa kopyor dan masih banyak lagi. Sekali berbuah pohon kelapa bisa menghasilkan buah sepanjang tahun, sehingga proses panen bisa dilakukan kapan saja.

Permintaan kelapa hijau dan kelapa tua untuk konsumsi terus meningkat, harga jual kelapa pun tergolong stabil. 

Untuk kelapa hijau muda per buah biasa dijual sekitar 8 – 10 ribu rupiah, kelapa tua 5 – 8 ribu rupiah per biji, sedangkan kelapa Wulung sekitar 12 – 15 ribu rupiah per biji. Jika pohon kelapa sudah mulai menurun produktivitasnya atau sudah tidak berbuah sama sekali batang pohonnya bisa dimanfaatkan dan memiliki harga jual yang tinggi. 

Hal lain yang bisa dimanfaatkan dari pohon kelapa adalah janurnya (daun kelapa muda yang belum terbuka), janur ini biasa dijadikan kerajinan tangan seperti lepet, ketupat, kebutuhan pernikahan dan masih banyak lagi. Umbut kelapa juga enak dijadikan sebagai masakan atau dimakan langsung. 

8. Perkebunan Kelapa Sawit 

Ide usaha perkebunan yang paling menguntungkan lagi menjanjikan yang berikutnya adalah perkebunan kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit memang sangat menjanjikan namun usaha ini membutuhkan modal yang besar. Disamping modalnya yang besar kelapa sawit memiliki nilai ekonomis yang tinggi, jenis tanaman ini biasa dimanfaatkan untuk diolah sebagai minyak masak, minyak industri, dan bahan bakar. 

Kelapa sawit bisa di tanam di lahan gambut. Paling bagus adalah tanah yang mengandung lempung dengan pH berkisar 4-6. Iklim sangat mempengaruhi dalam pertumbuhan kelapa sawit, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu lingkungan 24 – 28°c dan curah hujan sekitar 1.500 – 4.000 mm per tahun. Syarat lain dari budidaya tanaman ini adalah harus mendapatkan sinar matahari selama 5 – 7 jam per hari. 

Itulah tadi beberapa contoh ide usaha perkebunan yang paling menguntungkan, tinggal pilih mau coba yang mana, jika sudah mulai usaha harus dilakukan dengan sepenuh hati dan semangat itulah kunci menjadi petani sukses. Sekian dan terimakasih.

Bagikan:

Tinggalkan komentar