10 Usaha Pendamping Konter Pulsa yang Laris Manis

Membikin usaha berupa konter pulsa tentu menjadi pilihan seseorang yang mulai merintis usahanya. Apalagi pulsa dan paket data sekarang ini telah menjadi semacam kebutuhan pokok bagi hampir semua orang. Pengusaha konter pulsa ini pun perlu jeli melihat peluang. Misalnya membuka usaha pendamping konter pulsa.

Tentu saja usaha pendamping konter pulsa ini bisa sangat potensial. Sebab, kamu bukan hanya bisa berjualan pulsa ataupun paket data. Lebih dari itu kamu bisa meraih keuntungan dengan usaha pendamping tersebut.

Usaha Pendamping Konter Pulsa

Kebetulan banget saya punya beberapa rekomendasi usaha pendamping konter pulsa kamu. Beberapa di antara mungkin saja membutuhkan modal tambahan. Namun tentu peluang keuntungannya yang bisa jadi lebih besar bisa kamu raup. Secepatnya dan dalam tempo yang lumayan singkat. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Usaha Makanan dan Minuman Ringan

Ketika kamu bikin usaha konter pulsa, kamu bisa menyediakan makanan dan minuman ringan. Ini sangat potensial, karena hampir setiap hari orang akan datang ke tempat kamu. Maksudnya yang buat beli pulsa. Nah di situlah terkadang orang bakalan tertarik ketika ada makanan ataupun minuman ringan.

Taruhlah misal kamu berjualan kripik, jajanan anak-anak kayak biskuat, chocolatos, dan sebangsangya, serta minuman seperti Aqua dan Sprite. Meski membutuhkan modal tambahan, namun orang yang meliriknya punya kesempatan untuk selain membeli pulsa juga membeli makanan atau minuman.

2. Usaha Aksesoris Hape

Supaya konter pulsa menarik, kamu perlu melakukan penataan pada display konter pulsa. Misalnya dengan memajang aksesoris hape yang bisa kamu jual ke pelanggan. Sudah banyak konter-konter pulsa yang kini juga jualan aksesoris hape. Orang selain datang buat beli pulsa, bisa jadi juga ingin membeli aksesoris hape, seperti hard case, soft case, tempered glass, headset, charger, baterai, dan masih banyak lagi.

Meski membutuhkan modal tambahan, berjualan aksesoris hape bisa menjadi salah satu pilihan usaha pendamping konter pulsa. Ketika kulakan pulsa dan paket data, kamu bisa sekalian cari aksesoris hape buat dijual.

3. Usaha Bensin Eceran

Umumnya konter-konter pulsa berada di pinggir-pinggir jalan. Selain mudah ditemui posisi konter di pinggir jalan juga sangat strategis untuk membuka usaha sampingan konter pulsa. Salah satunya, yang menurut saya paling potensial adalah berjualan bensin eceran. Kenapa potensial? Karena setiap hari jalan tersebut dilewati kendaraan.

Usaha bensin eceran juga terbilang salah satu usaha yang untuk gede. Meskipun modal yang dikeluarkan relatif tidak terlalu besar. Kamu bahkan bisa meraup keuntungan Rp 1,5 juta- Rp 3 juta per bulan. Bagaimana tertarik?

4. Rental Playstation

Usaha Pendamping Konter Pulsa
Usaha Pendamping Konter Pulsa
Gambar: idwebpulsa.com

Untuk meningkatkan pendapatan kamu, berjualan pulsa dan paket data saja mungkin belum cukup. Kamu butuh usaha pendamping konter pulsa yang kamu miliki. Saya sarankan bisa dengan membuka rental Playstation. Lho, sekarang kan zamannya Mobile Legends, apa masih laku?

Wah jangan salah, meskipun digempur game-game mobile atau android, rental Playstation masih cukup menggiurkan. Terlebih bagi mereka yang memang sudah hobi bermain PS. Nah jika konter pulsa yang kamu dirikan itu berada di dalam kampung, sudah pasti rental PS-nya juga akan ramai. Sebab di situ ada anak-anak dan remaja yang berpeluang main PS saat waktu luang.

5. Usaha Cuci Motor

Tetangga saya ada yang buka konter pulsa dan bersamaan dengan itu juga membuka jasa cuci motor. Usaha cuci motor milik tetangga saya itupun laris. Bahkan boleh dikatakan bisa menambah penghasilan disamping pendapatan dari jualan pulsa dan paket data. Ternyata bukan tetangga saya saja yang begitu.

Beberapa konter pulsa yang saya temui di jalan, entah disengaja atau tidak, banyak yang juga membuka jasa cuci motor. Karena ya, posisinya yang strategis menjadi salah satu alasannya. Lagipula usaha cuci motor kan modalnya enggak terlalu besar.

6. Usaha Fotocopy dan Print

Jika kamu punya modal berlebih, silakan bisa buka usaha fotocopy disamping usaha konter pulsa. Niscaya kamu bakal mendapatkan pelanggan. Apalagi jika konter pulsa kamu berada di pinggir jalan atau di dalam kampung yang notabene belum ada jasa fotocopy dan print. Di era sekarang usaha fotocopy dan sangat menjanjikan.

Kayak saya ini yang mahasiswa, sudah pasti membutuhkan jasa tersebut. Misalnya untuk ngeprint tugas dan skripsi. Sudah barang tentu saya akan mencari fotocopy dan tempat print yang terdekat. Nah kalau kamu jeli, usaha konter pulsa ini kan bisa sampai ke kampung-kampung, sedangkan usaha fotocopy dan print masih jarang. Di titik itulah peluang bisnisnya.

Baca juga yuk:

7. Usaha Jasa Servis Hape dan Peralatan Elektronik

Saya itu sebenarnya termasuk orang yang agak malas buat mencari jasa servis hape dan elektronik. Soalnya kalau mencari jasa tersebut sudah bisa dipastikan harus keluar rumah dan naik motor agak jauh sedikit. Jujur kalau ada yang lebih dekat, saya pilih yang dekat-dekat saja. Barangkali yang mengalami hal itu bukan cuma saya.

Di situlah peluangnya. Kamu selain konter pulsa bisa buka jasa servis hp dan perlengkapan elektronik. Tentu syaratnya kamu diberkahi kemampuan untuk melakukan aktivitas servis menyervis. Jika tidak, ya jangan coba-coba dulu. Bisa-bisa entar bukannya dapat pujian dan pelanggan eh malah dihajar komplainan.

8. Kosmetik, Bedak, Parfum dan Sejenisnya

Usaha pendamping konter pulsa yang selanjutnya adalah menjual kosmetik atau alat kecantikan dan ketampanan. Bagi kamu yang ingin menjual alat perawatan diri ini, cocok juga dibarengi dengan penjualan pulsa.

Khusus untuk kosmetik alat kecantikan perempuan bisa menjual berbagai jenis make up, skincare dan lain-lain. Khusus untuk pria juga bisa menjual skincare seperti body wash, shampoo, minyak rambut, parfum, dan lain-lain. Dijamin deh pelanggan gak lari, malahan bakal singgah dulu buat lihat-lihat.

9. Speaker Portable dan Kipas Portable

Usaha Pendamping Konter Pulsa
Usaha Pendamping Konter Pulsa
Gambar: Atmago.com

Saat ini penjualan speaker portable dan kipas portable semakin meningkat. Selain harganya yang murah, dua benda ini memang dinilai lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Nah, hal ini bisa menguntungkan jika kamu membuka bisnis konter pulsa berdampingan dengan penjualan speaker dan kipas portable.

10. Jual Baju

Saya tidak habis pikir karena beberapa tetangga saya yang berjualan pulsa juga menjual baju. Bisa jadi konter pulsalah yang menjadi usaha sampingannya selain berjualan baju. Bisa juga jual pulsa dulu, baru jual baju. Ya siapa sangka sih ternyata keduanya bisa mendulang rupiah.

Mau coba juga? Saran saya bisa coba saja terlebih dahulu usaha pendamping konter pulsa yang satu ini jika modal sudah mencukupi.

Strategi Usaha Konter HP

Dalam berbisnis dan bikin usaha, kita membutuhkan strategi. Strategi yang tepat berefek pada hasil yang maksimal. Hal ini juga berlaku kalau kamu bikin usaha konter HP. Sebagai permulaan, kamu tidak perlu neko-neko bikin konter HP. Bisa mulai dengan desain konter pulsa sederhana.

Tak perlu memikirkan usaha pendamping konter pulsa dulu. Fokuslah terlebih dahulu untuk bisa menjual pulsa dan paket data. Kamu juga perlu memperkirakan modal usaha konter pulsa dan kuota. Setelah itu bisa deh kamu tentukan harganya.

Ini artikel menarik lainnya:

Keuntungan Usaha Konter Pulsa

Mungkin sampai di sini banyak di antara kalian yang belum tahu berapa sih keuntungan usaha konter pulsa? Kok sampai-sampai harus bikin usaha pendamping konter pulsa segala? Eh, jangan salah, keuntungan jualan pulsa lumayan gede lho. Per bulan kamu bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp 1,2 juta bahkan lebih hanya dari penjualan pulsa elektrik saja.

Perhitungannya dari keuntungan setiap sekali transaksi. Seumpama dalam satu kali transaksi dapat Rp 1.500. Sehari kamu melayani 30 kali transaksi, maka perhitungannya adalah Rp 1.500 X 30 trx X 30 hari = Rp 1.350.000 per bulan. Bagaimana banyak kan? Coba bayangkan kalau dengan berjualan voucher data, aksesoris hp, bensin, dan masih banyak lagi, tentu keuntungannya juga semakin banyak.

Saya kira cukup sampai di sini dulu pembahasan mengenai usaha pendamping konter pulsa yang berpotensi laris manis dan sedikit tambahan mengenai keuntungan dan strateginya. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, utamanya buat kamu yang kebetulan ingin membuka usaha konter pulsa atau yang ingin mengembangkannya. Salam wirausaha!

Bagikan:

Tinggalkan komentar