Untung Besar! Ini 20+ Usaha Paling Sukses di Desa

Peran desa sebagai penopang perekonomian memang tidak perlu diragukan lagi. Melalui program pembangunan desa yang dicanangkan pemerintah, menjadi perhatian untuk perbaikan ekonomi dari berbagai sektor.

Masyarakat desa berkesempatan membuka peluang bisnis. Kira-kira, apa saja ya usaha paling sukses di desa ? Mampukah menjadi peluang untuk menumbuhkan tingkat perekonomian?

Usaha Paling Sukses di Desa

Peluang menjalankan usaha di desa memang terbuka lebar. Apalagi dengan kembalinya para sarjana ke desa, semakin menambah sumber daya manusia dalam menjalankan berbagai usaha yang langka tapi menguntungkan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Usaha Warung Kelontong

Warung kelontong, merupakan salah satu jenis usaha paling sukses di desa. Maka dari itu, membuka bisnis ini sangat menjanjikan. Toko kelontong menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti beras, telur, gula, susu, buku tulis dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, warung kelontong juga menyediakan berbagai makanan kecil yang sering diserbu anak-anak kecil. Harga jual barang yang dijual cukup murah dibanding dengan toko retail ternama seperti maupun supermarket.  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, untuk kamu yang mau membuka usaha toko kelontong agar bisa menjadi usaha jangka panjang di desa. 

Pertama, kamu harus mencari tempat kulak yang tepat. Hal ini juga sangat berpengaruh pada harga jual dan keuntungan yang bakal didapatkan. Jauh lebih untung kan kalau kulakmu lebih murah tapi dijual dengan harga sama di pasaran. 

Menariknya lagi, dengan harga kulak murah, maka harga jual juga bisa dipatok jauh lebih murah dari toko lainnya. Dengan begitu, tentu akan banyak konsumen datang menjadi pelanggan tetap di warung kelontongmu, untungnya makin nambah deh.

Selain itu, kamu juga harus memberikan pelayanan terbaik dan ramah. Di manapun tempatnya, seorang penjual kudu ramah terhadap semua konsumen, apa lagi kalau di desa ya sobat. Tahu sendirilah, masyarakat di desa lebih cenderung mengutamakan kesopanan dan keramahan.

Tidak hanya itu, warung kelontong sebagai ladang usaha paling sukses di desa yang sedang dijalankan, harus ditata dengan rapi. Pisah barang dagangan sesuai kategori. Misalnya, sabun letak penataannya jangan dicampur dengan gula maupun bahan makanan lainnya, karena efek harumnya bakal menjadi satu dan menimbulkan komplain.

Sistem penataan yang baik, tidak sekedar untuk membuat tampilan toko lebih rapi dan bersih, namun juga memudahkan kamu mencari barang yang diminta pembeli.

2. Menjual Sayur Keliling

Usaha Paling Sukses di Desa
Usaha Paling Sukses di Desa

Menjual sayur keliling memang menjadi hal yang biasa di berbagai wilayah, baik kota maupun desa. Meski dianggap remeh, ternyata usaha bisnis di pedesaan ini menjanjikan keuntungan sangat banyak. Tak banyak ibu rumah tangga yang mau pergi ke pasar kalau tidak berbelanja dalam jumlah besar dan justru mengandalkan tukang sayur keliling untuk memenuhi kebutuhan memasak setiap hari.

3. Menjual Ikan Keliling

usaha paling sukses di desa lainnya adalah menjual ikan keliling. Bisnis ini akan berjalan lancar jika lokasi desa berada jauh dari laut. Kalau usaha ini dilakukan di daerah pesisir pantai, pasti gak akan sukses ya, soalnya banyak pesaing. 

Menjual ikan keliling di desa wilayah pegunungan tentu tingkat kesuksesannya lebih tinggi. Walaupun jalanan pegunungan naik turun, tapi dijamin deh, usaha di pedesaan ini hasilnya maksimal. Pastikan semua ikan yang dijual dalam kondisi segar ya. 

Usaha ini bisa dilakukan dengan menaiki sepeda motor keliling desa. Namun kalau modalmu lebih besar, manfaatkan mobil pick up untuk menjajakan ikan segar secara berkeliling dari desa ke desa. Tentunya harus selalu ramah menghadapi konsumen yang rata-rata ibu rumah tangga.

4. Usaha di Bidang Pertanian

Pertanian juga menjadi usaha paling sukses di desa jika ditekuni dengan maksimal. Sebenarnya, bisnis ini sudah lama dijalankan oleh masyarakat desa, mengingat masih luasnya lahan pertanian. Kesempatan membuka usaha pertanian tidak akan pernah lekang oleh waktu dan justru selalu berkembang seiring dengan perkembangan jaman.

Usaha pertanian merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan masa depan cemerlang bagi warga desa. Mengingat tanah di desa sangat subur dan luas.  Pertanian tidak akan pernah mati karena hubungannya dengan perut karena memproduksi bahan pangan. 

Seluruh manusia di seluruh dunia tentu perlu makan setiap hari sehingga, menjadikan peluang bisnis pertanian sebagai cara terbaik untuk meraih banyak keuntungan. Naik turunnya harga bahan pokok dipasaran, tak membuat masyarakat tidak membelinya, karena sebagai kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi sebagai makhluk hidup. Berdasarkan hal itu, tentu membuat usaha di desa sukses dalam wujud pertanian.

Walaupun demikian, tak banyak anak mudah yang mau menjalankan usaha ini. Pasalnya, pagi kaum milenial, bertani adalah usaha yang dianggap gak keren banget. Padahal faktanya, kalau mau menekuni dengan sungguh-sungguh, hasilnya sangat melimpah karena termasuk usaha paling sukses di desa

5. Usaha di Bidang Perkebunan

Apakah kamu punya lahan yang cukup luas di desa? Jika iya, manfaatkanlah dengan mencoba bisnis di bidang perkebunan. Usaha perkebunan sayur kini cukup dilirik karena terbilang mudah dijalankan. Pilihlah media tanam air untuk perkebunan hidroponik. 

Sistem penanaman hidroponik memang sangat populer akhir-akhir ini. Tidak hanya menjanjikan hasil panen sayuran melimpah, kamu juga bisa menambah pundi-pundi cuan dari wisata kebun tanaman hidroponik yang sedang dijalankan. Menarik banget kan sobat.

6. Usaha di Bidang Peternakan 

Menjalankan bisnis peternakan unggas menjadi opsi lain untuk usaha di desa. Di desa sangat potensi bagi peternakan karena masih banyak lahan luas tersedia dengan harga murah. Selain itu, demi menjaga kesehatan penduduk, kandang ternak unggas harus dibuat jauh dari kawasan pemukiman warga. Hal tersebut tidak mungkin dilakukan di tengah kota.

Selain unggas, hewan lainnya yang dipelihara adalah sapi. Bisa sapi perah maupun pedaging. Langkah memilih usaha peternakan sapi dilaksanakan di desa karena ketersediaan pakan yang lebih mudah diperoleh di desa.

Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan 

Jangan pernah minder kalau kamu lahir dan besar di desa ya sobat. Jika mau memanfaatkan peluang di sekitar, kamu bakal menjadi entrepreneur yang memiliki usaha paling sukses di desa. Maka dari itu, gak perlu berkecil hati. Pilihlah usaha di desa yang cocok untuk pemula dan berpotensi menghasilkan banyak uang, yaitu:

  1. Bisnis token listrik
  2. Jual pulsa
  3. Pertamini atau jual bensin
  4. Toko pertanian
  5. Usaha les mata pelajaran
  6. Bisnis kerupuk seribuan

Mau jual barang secara cepat? Coba baca barang harian yang cepat laku ini.

Usaha yang Menguntungkan di Desa dengan Modal Kecil

Usaha Paling Sukses di Desa
Usaha Paling Sukses di Desa Modal Kecil

Siapa sih yang gak mau menjalankan usaha dengan modal kecil tapi hasilnya besar? Semua orang pasti ingin mendapatkan peluang tersebut. Bagi masyarakat desa, dengan modal kecil sekalipun, bisa banget lho menjalankan usaha yang menguntungkan. 

1. Bisnis pulsa

Usaha paling sukses di desa dengan modal kecil tapi menguntungkan adalah bisnis pulsa. Sekarang kan jamannya teknologi, semua orang pasti punya gadget yang membutuhkan pulsa atau paket data agar selalu online. Jadi, bisnis pulsa ini bisa dijadikan alternatif untuk kamu yang ingin jalankan usaha dengan modal kecil tapi menguntungkan.

2. Tukang Pijat

Menjajakan jasa tukang pijat akan jadi peluang usaha yang menguntungkan bahkan tanpa modal sedikitpun. Dengan keterampilan memijit yang kamu miliki, maka cuan bakal mengalir deh.

3. Usaha Bimbingan Belajar

Usaha paling sukses di desa lain dengan modal kecil menguntungkan adalah bimbingan belajar. Bermodalkan pengetahuan tentang mata pelajaran sekolah, usaha ini dapat dilakukan. Buatlah dua opsi sistem bimbingan untuk anak didikmu, yakni secara berkelompok atau privat. Tentu kalau memilih privat, tarif yang dipatok lebih tinggi ya sobat.

4. Jasa Potong Rambut

Jasa potong rambut juga termasuk dalam kategori usaha tanpa modal besar lho sobat. Bisa dibilang modalnya tak banyak karena cukup menyediakan peralatan potong rambut dan skil menata rambut yang baik. Tapi kalau kamu mau merambah di bisnis salon, tentu lain cerita ya, karena modalnya bakal lebih banyak ketimbang jasa potong rambut.

5. Usaha Pertamini

Sebenarnya, modal awal untuk usaha pertamini ini terbilang cukup besar. Akan tetapi, kalau di lihat dari keuntungan yang diperoleh, pastinya sangat menggiurkan. Modal besarpun terasa kecil karena keuntungannya melimpah. usaha ini sudah jelas sukses karena setiap kendaraan pasti butuh bahan bakar minyak bukan?

Usaha yang Cocok di Desa Pinggir Jalan

Usaha Paling Sukses di Desa
Pertamini, Usaha Paling Sukses di Desa Untung Besar
Gambar: CNN Indonesia

Peluang usaha paling cocok di jalankan di pinggir jalan bisa jadi usaha paling sukses di desa karena calon pembeli bisa melihatnya dengan jelas. Lokasinya terbilang sangat strategis di tepi jalan. Meskipun ini termasuk dalam usaha di desa kecil tapi potensinya cukup menggiurkan.

  1. Usaha warung kopi
  2. Toko kelontong
  3. Dagang gorengan
  4. Jasa pangkas rambut
  5. Pertamini

Minim dana untuk memulai usaha? Baca usaha sembako dengan modal 5 juta ini.

Tanya & Jawab Seputar Usaha di Desa

Usaha apa yg cepat laku?

Usaha paling sukses di desa dan cepat laku adalah jual pulsa dan paket data. Jaringan internet pastinya sudah menjangkau wilayah desa kan. Jadinya peluang usaha ini bakal cepat laku sobat.

Usaha apa yang bisa sukses di desa?

Sebenarnya ada banyak bisnis yang bisa dengan mudah sukses dijalankan di desa. Salah satunya usaha pertanian dan perkebunan. Kondisi lahan di desa masih sangat baik untuk dijadikan peluang usaha paling sukses di desa. Buktinya, perkebunan dan pertanian bisa bertahan hingga sampai saat ini.

Modal 50 ribu bisa buat usaha apa?

Memulai usaha dalam bentuk apapun pasti memerlukan modal. Baik modal secara material maupun modal lainnya. Bahkan meski modalmu Cuma 50 ribu saja, tetap bisa kok untuk memulai usaha. Cobalah usaha gorengan dengan modal 50 ribu di tangan. Apalagi kalau kamu punya pohon pisang, singkong dari hasil kebun, tentu modal yang dikeluarkan semakin kecil.

Usaha apa yang bagus untuk jangka panjang?

Jenis usaha paling sukses di desa adalah peternakan. Ternak unggas maupun sapi bisa jadi opsi bagus untuk jangka panjang. Lakukan setiap tahap usaha peternakan dengan baik dan jangan lupa perhatikan kondisi kenyamanan dan kesehatan hewan ternak agar bisnis ini berjalan semakin sukses.

Usaha apa yang cocok di kampung?

Beberapa jenis usaha memang cocok dijalankan di kampung dilihat dari segi kondisi masyarakatnya. Misalnya usaha tukang sayur keliling, jual ikan keliling, warung kopi wifi dan beberapa usaha lain yang menjanjikan. 

Kamu mau pilih usaha paling sukses di desa yang mana nih sobat? Tentu sebelum memulai usaha, pastikan diri sudah siap dari segi modal dan mental ya, supaya bisnismu semakin lancar.

Bagikan:

Tinggalkan komentar