Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Menguntungkan

Jika dipikirkan dengan baik, terdapat banyak usaha yang bisa kamu lakukan dengan modal 1 juta. Meski sebagai orang beranggapan bahwa modal 1 juta tergolong kecil dan tidak cukup untuk membangun usaha sendiri, namun faktanya usaha modal 1 juta di kampung termasuk sangat menjanjikan.

Adanya usaha dengan modal 1 juta ini dapat kamu kembangkan hingga bisa menghasilkan omzet berkali-kali lipat. Terlebih lagi, jika kamu tinggal di sebuah perkampungan yang tentunya masih memiliki banyak peluang bisnis. Di bawah ini beberapa usaha dengan modal 1 juta yang bisa kamu lakukan di kampung.

Usaha Fashion Modal 1 Juta

Fashion menjadi pilihan usaha dengan modal 1 juta yang bisa kamu coba. Pasalnya, dalam usaha fashion ini terdapat beragam jenis pakaian yang bisa kamu jual. Selain itu, prospek usaha fashion tergolong sangat besar dikarenakan banyak peminatnya, baik itu untuk di perkampungan ataupun perkotaan.

1. Usaha Kaos Pre-Order

Salah satu jenis usaha di industri fashion yang bisa kamu lakukan dengan modal kecil adalah usaha kaos pre-order. Usaha kaos pre-order ini cukup menjanjikan untuk kamu lakukan karena saat ini banyak peminat yang ingin selalu tampil dengan gaya terbaru atau kekinian.

Usaha modal 1 juta di kampung ini bisa kamu gunakan untuk keperluan membeli barang ataupun aksesori packing lainnya agar bisa memberikan nilai tambah untuk produk kamu. Pembelian kaos pre-order ini dapat kamu lakukan melalui platform online ataupun marketplace sehingga lebih mudah. 

2. Usaha Butik Preloved dengan Sistem Konsinyasi

Kamu tertarik untuk jual barang-barang bekas? Coba lakukan usaha butik preloved ini dengan menerapkan sistem konsinyasi. Jenis bisnis ini sangat cocok untuk usaha anak muda tanpa modal. Kamu bisa memulainya dengan menjual pakaian layak pakai yang ada di rumah terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu dapat ajak teman untuk menitipkan pakaian mereka di lapakmu.

Tawarkan mereka dengan sebagian keuntungan untuk setiap penjualan. Jangan lupa juga untuk membeli rak-rak gantung untuk display baju atau dress prelove kamu. Biar makin cepat untungnya ajak temanmu sebanyak-banyak agar mereka bisa menitipkan baju di tempat butik yang kamu miliki.

Bisnis Properti Modal 1 Juta

Usaha modal 1 juta di kampung berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah menjalankan bisnis properti. Kata siapa menjalankan bisnis properti harus memiliki modal yang sangat besar? Percaya atau tidak, kamu juga bisa melakukan bisnis properti dengan modal 1 juta saja ataupun lebih kecil. 

Tentunya dalam menjalankan bisnis ini kamu memerlukan effort yang cukup besar agar bisa mengembangkannya hingga menghasilkan modal berkali-kali lipat. Meskipun sekarang tergolong sangat lesu akibat masa pandemi, namun peluangnya di masa depan sangat menguntungkan. 

Di samping itu, ide usaha modal kecil di kampung ini khususnya untuk properti tidak hanya sebatas menjual tanah ataupun bangunan saja. Kamu juga bisa memilih jenis lainnya yang memerlukan modal cukup minim seperti di bawah ini.  

1. Usaha Bisnis Homestay atau Penyewaan Kamar

Usaha modal 1 juta di kampung lainnya yang bisa jalankan adalah bisnis penyewaan homestay. Asalkan ada ruang atau kamar yang memang tidak terpakai di dalam rumah. Kehadiran situs seperti AirBnB ataupun AiryRoom bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan bisnis ini.

Target konsumen kamu dapat seperti orang yang ingin mencari rumah singgah sementara ataupun backpacker yang sedang melakukan perjalanan. Terlebih lagi jika di perkampungan kamu memiliki daya tarik seperti keindahan alam. Tentunya bisnis penyewaan ini sangat menguntungkan untuk kamu lakukan.

2. Usaha Makelar Properti

Ide usaha modal 1 juta berikutnya yang bisa kamu lakukan, yakni menjalankan bisnis makelar properti atau bahasa kerennya adalah broker properti. Intinya, makelar ini bertindak sebagai perantara yang mempertemukan antara pembeli dan penjual properti. 

Pada usaha ini kamu hanya memerlukan pemahaman yang mumpuni soal tren harga properti di setiap daerah. Kemudian, untuk biaya operasional bisa kamu gunakan dari modal yang sebelumnya telah dimiliki. Hal ini dikarenakan sebagai makelar kamu nantinya akan banyak bertemu dengan klien ataupun pembeli yang berminat dengan properti yang kamu tawarkan. 

Usaha Warung Modal 1 Juta

Usaha modal 1 juta di kampung yang menawarkan prospek cukup menjanjikan adalah menjalan bisnis warung.  Saat ini beragam usaha warung yang bisa kamu temukan di berbagai daerah. Banyaknya kebutuhan atau pun keinginan masyarakat, menjadikan usaha warung sangat layak untuk kamu coba. 

Meski saat ini telah banyak toko dengan sistem seperti minimarket yang menawarkan kebutuhan lengkap, tidak membuat warung kehilangan eksistensinya di kalangan masyarakat. Pasalnya, perbedaan harga yang lebih murah menjadikan warung tetap banyak dipilih oleh masyarakat. 

1. Usaha Warung Kopi

Usaha Modal 1 Juta di Kampung
Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Murah Meriah

Usaha modal 1 juta di kampung berikutnya adalah menjalankan bisnis warung kopi. Aktivitas menyeduh kopi kini menjadi hal yang sangat banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Terlebih lagi bagi bapak-bapak yang ingin memulai aktivitas harinya. Kamu bisa membuka warung kopi di kampung dengan modal 1 juta saja. 

Selain itu, tawarkan juga citra rasa yang bisa membuat orang ketagihan meminumnya. Hal ini dikarenakan rasa menjadi kunci utama bagi kamu yang ingin merintis usaha dalam berjualan warung kopi. Modal yang dikeluarkan dari usaha ini juga tergolong cukup minim.

Usaha Modal 1 Juta di Kampung

Memulai usaha dengan modal 1 juta di kampung memang masih sangat memungkinkan, selama kamu dapat memilih jenis usaha dengan cermat disertai mental yang kuat. Saat ini beragam jenis usaha dengan modal yang minim bisa kamu pilih. Berikut ini cara mengembangkan uang 1 juta dengan menjalankan usaha bisnis yang cocok untuk perkampungan.

  1. Usaha Bisnis Token Listrik dan Pulsa
  2. Usaha Dropshipper
  3. Usaha Kerajinan Tangan
  4. Usaha Makanan untuk Sarapan
  5. Usaha Les Bimbel

Usaha Paling Sukses di Desa

Peluang dalam menjalankan usaha di Desa memang tergolong cukup besar. Terlebih lagi dengan adanya sumber daya manusia yang besar, membuat usaha yang didirikan tentunya memiliki visi dan misi yang lebih fresh dan sangat bisa diterapkan di daerah pedesaan ataupun perkampungan.

Berikut ini usaha modal 1 juta di kampung yang bisa menjadi ide usaha selanjutnya:

1. Usaha Peternakan

Usaha Modal 1 Juta di Kampung
Usaha Modal 1 Juta di Kampung

Usaha modal 1 juta di kampung yang bisa kamu lakukan, yakni di bidang peternakan. Banyaknya lahan yang tersedia dan sangat luas khususnya di pedesaan ataupun perkampungan, membuat usaha ini layak untuk kamu coba. Kamu bisa memulainya dengan berternak hewan kecil seperti ikan ataupun ayam.

2. Usaha Perkebunan

Apakah kamu memiliki lahan yang sangat luas? Jika iya, maka usaha perkebunan sangat layak untuk kamu lakukan. Kamu dapat menanamnya dengan sayur-sayuran hidroponik ataupun buah-buahan segar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

3. Usaha Warung Kelontong

Usaha di Desa untuk pemula yang paling cocok adalah mendirikan warung kelontong. Pada jenis ini kamu bisa menggunakan modal 1 juta rupiah untuk membeli keperluan bahan pokok, seperti beras, tepung, telur dan sebagainya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyediakan beragam makanan ringan yang sering diburu oleh anak-anak kecil.

Beragamnya jenis usaha modal 1 juta di kampung ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Tentunya, sebelum memulai usaha ini pastikan kamu memiliki mental yang kuat agar bisnis yang dijalankan bisa lancar.

Penulis: Andhika
Editor: Reskia

Bagikan:

Tinggalkan komentar