5 Usaha Islami Modal Kecil yang Bisa Menjadi Pilihan

Indonesia merupakan Negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar se-dunia. Hal ini didasarkan dengan laporan Pew Research di tahun 2010. Dan kini, kita dapat melihat sendiri bagaimana mulai berkembangnya kesadaran akan menerapkan nilai-nilai yang ada di dalam Islam ke dalam kehidupan sehari-hari termasuk usaha Islami modal kecil sekalipun. 

Jika dulu sangat langka menemukan wanita dengan balutan hijab syar’i nya, maka kini nyaris di sepanjang jalan bisa kita temukan. Sehingga, hal ini bisa menjadi potensi besar bagi kamu yang ingin memulai usaha Islami dengan modal yang kecil. 

Bahkan, sudah ada juga trend mengenai beberapa wisata yang mulai mengakomodir kebutuhan wisata umat Muslim dengan menyediakan berbagai wisata halal, misalnya di Korea Selatan dan juga Jepang. Ini menunjukkan, bahwa ada peluang besar bagi calon pengusaha Islami. 

Mungkin hingga kini sudah banyak di antara kamu yang memiliki rencana membuka usaha rumahan yang Islami, namun terkendala di modal dan bingung harus membuka usaha Islami apa. Ia kan? Tenang, pertanyaan kamu akan segera terjawab dengan baik di artikel Wong Cerdas ini. Tentu, kita akan membahas usaha yang halal dan menguntungkan.

Pilihan Usaha Islami Modal Kecil

Bisnis Islami adalah bisnis yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip syariah. Berikut ini, beberapa usaha Islami modal kecil yang dijamin menguntungkan bagi perjalanan bisnis kamu.

1. Toko Online

Usaha Islami Modal Kecil
Usaha Islami Modal Kecil

Dengan menerapkan usaha Islami modal kecil satu ini, itu artinya kamu sudah menggabungkan dua komponen penting dalam Islam, yakni perdagangan dengan teknologi. Kita tahu, bahwa Rasulullah adalah seorang pedagang yang sukses, maka sudah waktunya kamu mengikuti jejaknya. 

Baca juga:

Nah, kini membuat toko berbasis online bukanlah hal yang sulit, karena sudah banyak marketplace yang bisa kamu gunakan dengan gratis, misalnya Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee. Dengan menggunakan marketplace tersebut, dalam sekejap saja toko online kamu sudah jadi. Toko online kamu tidak harus menjual barang-barang yang berbau ibadah ataupun fashion seorang muslim kok, karena kamu tetap bisa menjual apapun di toko online yang kamu miliki. 

Mungkin kamu suka:
Contoh Usaha Keliling Pakai Motor
Contoh Peluang Usaha di Bidang Komputer
Peluang Usaha Es Krim Diamond

Hanya saja, kamu harus bisa memberikan jaminan serta komitmen kepada semua pelanggan, bahwa produk yang kamu tawarkan semua halal dan proses transaksinya berdasarkan nilai-nilai Islam. 

Dan menariknya, kamu bahkan bisa langsung mengintegrasikan nilai kebaikan pada usaha islami kamu, misalnya dengan menyisihkan beberapa laba saja sebagai jalan dakwah. Kamu bisa mempromosikan hal kecil tapi berdampak besar ini kepada semua konsumen kamu. 

2. Tour and Travel

Selanjutnya, usaha Islami modal kecil ada tour and travel. Saat ini, usaha Islami satu ini kerap diminati seiring dengan meningkatnya minat umat Muslim untuk melakukan perjalanan religinya.  Memang, kini memesan semua tiket kendaraan dan juga hotel sangatlah mudah, namun kamu tahu sendiri kan, bahwa ada beberapa destinasi wisata yang pastinya berpenduduk di luar muslim, dan hal ini akan membuat penumpang kesulitan dalam mengatur banyak hal, misalnya makanannya. 

Nah, permasalahan ini bisa kamu atasi dengan membuka usaha Islami tour and travel. Hanya saja, dibutuhkan pengetahuan yang cukup mendalam agar suasana usaha Isalmi ini sesuai dengan namanya. 

3. Kosmetik Halal

Usaha Islami Modal Kecil
Kosmetik Halal adalah Usaha Islami Modal Kecil

Usaha Islami modal kecil selanjutnya adalah kosmetik halal. Banyaknya beredar informasi kurang mengenakkan mengenai berbagai merk kosmetik membuat banyak konsumen mulai was-was, sehingga mulai mencermati dengan baik apa saja komponen yang terdapat di dalam kosmetik yang digunakan. Salah satu yang sering ditanya adalah, apakah pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan sesuai dengan syariat Islam? 

Maka, dengan membuka Usaha Islami kosmetik halal bisa menjadi solusi akan kecemasan para wanita di luaran sana. 

4. Fashion Islami

Fashion Islam bisa menjadi salah satu contoh bisnis halal yang bisa kamu lakukan, karena sudah cukup lama bisnis satu ini menjamur di Indonesia dan tampaknya akan tetap eksis sampai kapanpun. 

Hal ini karena memang fashion Islami di Indonesia terus berkembang, misalnya model kerudung dan gamis. Bisnis satu ini sangat menjanjikan loh, karena daya beli masyarakat yang cukup besar. Hanya saja, kamu memang harus ekstra update mengenai semua produk fashion Islami agar tidak ketinggalan dengan yang lainnya. 

Baca juga: contoh usaha jasa profesi

5. Kuliner

Contoh usaha halal yang bisa kita lakukan untuk berbisnis adalah di bidang kuliner halal. Halal di sini tentu sudah memenuhi standar makanan muslim. Contohnya, ayam yang tidak laya konsumsi, ayam tiren (mati kemaren), bangkai ayam, darah yang tidak mengalir, daging bab1, dan lain-lain.

Selain dari pada itu, tentu banyak pilihan kuliner yang bisa diolah untuk dijual. Makanan halal pastinya makanan yang jelas diperbolehkan oleh Allah, tidak melanggar larangannya. Bisnis makanan halal ya ada banyak tanpa saya sebutkan. Atau mau saya kasih rekomendasi? hehe.

Cobain deh buka rumah makan yang khas daerahmu, apalagi makanan tersebut bisa menjadi oleh-oleh untuk pelancong. Mantap deh.

Kalo di tempat saya di Palembang, kamu bisa membuka bisnis dengan modal kecil yakni Pempek. Harganya murah meriah hanya 1000 rupiah saja. Modalnya? Ya gak jauh-jauhlah hehe.

Itulah dia beberapa usaha Islami modal kecil yang bisa kamu coba. Pilihlah bisnis yang memang kamu sukai, misalnya, kamu suka dengan dunia fashion Muslimah, maka usaha Islami yang tepat tentu menjual barang-barang Fashion Islami, begitu seterusnya. 

Semoga bermanfaat ya.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar