Bongkar Tips Rahasia Usaha Es Buah Rumahan + Resep

Sejak dulu hingga kini, kegemaran masyarakat terhadap es buah tidak pernah hilang. Bahkan dapat dikatakan, jenis usaha ini semakin merebak, apalagi usaha es buah rumahan. Selain tidak membutuhkan modal yang tinggi, cara membuatnya pun mudah, pemilihan lokasi usaha yang relatif fleksibel, dan dapat dilakukan mulai dari anak muda hingga orang tua.

Hal inilah yang mendorong wongcerdas.com untuk menulis sebuah artikel tentang cara membuka usaha ini. Nah maka dari itu, langsung saja yuk kita simak tips – tips membuka usaha es buah, beserta resep pembuatannya yang boleh banget sobat cobain!

Usaha Es Buah Rumahan

Sesuai namanya, es buah merupakan salah satu ragam minuman yang berbahan dasar aneka buah yang biasanya disajikan bersama sirup, susu, blewah, dan sebagainya. Meskipun dapat dikatakan sebagai minuman yang dapat dijumpai sehari – hari, masyarakat cenderung lebih sering membuat es buah di rumah pada saat mengadakan suatu acara atau perayaan tertentu, misal Idul Fitri.

Ragam minuman yang sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan ini tentu dapat menjadi prospek yang bagus buat sobat Wong Cerdas sekalian untuk mulai mencoba usaha es buah rumahan. Apalagi, media promosi usaha semakin mudah, sehingga sewaktu – waktu penjual dapat mengiklankan produknya.

Resep Es Buah untuk Jualan

Resep Es Buah untuk Jualan
Resep Es Buah untuk Jualan

Karena artikel – artikel di wongcerdas.com juga berguna sebagai panduan, maka tentu di artikel tentang berjualan es buah rumahan ini kami juga akan memberikan informasi kepada sobat sekalian tentang resep es buah kekinian untuk berjualan yang gampang banget dicoba. Dengan demikian kalian bisa membuka usaha es buah rumahan buatan sobat sendiri. Resep es buah ini kami adaptasi dari salah satu artikel di website sweetrip.id.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  1. Nanas 100g, dipotong menyerupai dadu
  2. Melon 100g, dipotong menyerupai dadu
  3. Pepaya 100g, dipotong menyerupai dadu
  4. Anggur 100g, masing – masing butirnya dibelah menjadi dua
  5. Semangka 100g, dipotong menyerupai dadu
  6. Air mineral 1 liter
  7. Susu putih kental manis 100ml
  8. Es batu serut 500g
  9. Sirup vanila
  10. Sendok makan
  11. Pisau buah
  12. Mangkuk
  13. Alat penyerut es
  14. Talenan
  15. Wadah

Langkah – langkah:

1. Siapkan es batu, serut hingga hancur.

2. Siapkan buah – buahan seperti yang ada di resep, kupas kulitnya dan potong – potong dagingnya hingga membentuk dadu, kecuali anggur yang mana cukup dibelah dua. Jika sudah selesai, taruhlah semuanya di satu mangkuk. Mangkuk ini nantinya menjadi wadah utama untuk menghidangkan es buah.

3. Siapkan wadah lain dan masukkan air dan susu kental manis, lalu aduk perlahan dengan sendok makan hingga keduanya tercampur dengan baik.

4. Tuangkan susu tadi ke mangkuk buah.

5. Masukkan es serut ke dalam mangkuk utama.

6. Untuk memperkaya cita rasa es buah, tuangkan sirup vanila secukupnya. Disarankan agar tidak terlalu banyak untuk menghindari rasa yang terlalu manis.

7. Es buah segar buatanmu siap disantap.

Catatan: Takaran – takaran di atas tidak wajib diikuti, sebab sobat bisa menyesuaikan sesuai dengan porsi es buah yang ingin dibuat. Sobat juga tentunya boleh mencoba menggunakan buah – buahan dan bahan lain di luar resep tersebut, ya! Pokoknya sesuaikan dengan kreasi yang sobat inginkan untuk usaha es buah rumahan kalian deh.

Kamu udah tahukan resepnya? Pasti nanya tuh, berapa modal kalau mau buka usaha ini ya. Eiitt, jangan bingung coba intip artikel kami ini:

Ini yang Perlu Diketahui Modal Usaha Us Buah Aquarium

Kumpulan Tips Usaha Es Buah Rumahan

usaha es buah rumahan
Tips usaha es buah rumahan

Setelah sobat Wong Cerdas mengetahui sedikit basa – basi tentang usaha es buah rumahan beserta resep mudah membuatnya, pada bagian ini kami akan membagikan beberapa tips apabila sobat ingin membuka suatu usaha es buah.

1. Tentukan target pasar

Karena dari tadi disebutkan bahwa es buah sangat disukai oleh masyarakat, maka kamu dapat menentukan pasar dari usaha es buahmu adalah khalayak umum. Akan tetapi, ada baiknya kamu mengerucutkan terlebih dahulu masyarakat mana yang akan menjadi sasaran pertamamu, misalnya para pengunjung di pasar dekat rumahmu atau para mahasiswa di suatu kampus.

2. Tentukan lokasi berjualan yang strategis

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi berjualan. Pilihlah tempat yang strategis, aman, dan ramai orang – orang, misalnya di sekitar kampus, pasar tradisional, atau bisa juga dekat rumahmu. Sobat boleh juga menerapkan cara berdagang es buah keliling, atau bisa dengan memberlakukan penjualan secara online melalui media sosial, dengan jangkauan area tertentu.

3. Coba buatlah semacam inovasi produk

Inovasi produk yang dimaksud di sini adalah es buah dengan varian baru yang mungkin belum pernah dicoba oleh masyarakat. Namun, perlu diingat bahwa inovasi baru ini selain menarik mata, juga wajib cocok di lidah masyarakat. Di sisi lain, kita harus menyadari bahwa sebagian orang lebih menyukai es buah yang sudah ada sebelumnya, sehingga baik produk inovasi maupun tidak harus sobat sertakan di dalam menu. Dengan demikian, usaha es kekinianmu dapat dinikmati oleh segala umur.

4. Gunakan peralatan rumahan

Sobat tidak perlu mempersiapkan peralatan yang mahal, kok. Namanya saja usaha es buah rumahan, pastinya bisa banget memanfaatkan peralatan yang sobat miliki di rumah. Apabila memang harus membeli peralatan baru, pilihlah yang harganya terjangkau tetapi bagus kualitasnya. Dengan alat – alat sederhana pun sobat bisa menciptakan produk dengan harga murah tetapi kualitasnya tidak murahan.

5. Senantiasa gunakan buah – buahan dan bahan segar lainnya

Usaha Es Buah Rumahan
Usaha Es Buah Rumahan

Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan – bahan yang segar, terutama buahnya. Selain karena kita memang harus menjadi pengusaha yang jujur agar selalu mendapat kepercayaan konsumen, bahan – bahan segar tentu akan mempengaruhi kualitas rasa. Jelas ‘kan, bahwa bahan yang segar akan menghasilkan sensasi yang menyegarkan pula, sehingga konsumen pun akan senantiasa puas dengan produk es buah milikmu.

6. Ajaklah keluarga, teman, kenalan, atau rekrut orang baru untuk membantumu

Salah satu tujuan utama dari sebuah usaha tentu adalah laris di kalangan masyarakat. Nah, apabila usahamu semakin banyak mendatangkan konsumen, tentu kamu akan kewalahan, bukan, jika harus melayani banyak pembeli seorang diri? Maka dari itu, ajaklah setidaknya satu orang di sekitar sobat untuk ikut membantu berjualan. Nantinya penghasilan dapat dibagi bersama. Sobat juga boleh banget rekrut orang baru.

7. Manfaatkan media sosial sebagai tempat promosi atau pemesanan

Unsur terakhir ini dapat dikatakan sebagai salah satu yang terpenting, sebab dengan melakukan promosi di media sosial maka teman – temanmu akan mengetahui usaha es buah yang sedang kamu jalankan, sehingga ini menjadi upaya yang cocok juga untuk membuat usaha es buahmu menjadi viral. Maka dari itu, sobat harus rajin – rajin promosi di media sosial. Sobat juga dapat membuka layanan pesan antar atau dengan cara CoD di area tertentu.

Itulah serba – serbi usaha es buah rumahan mulai dari resepnya hingga tips – tips usahanya. Pantau terus artikel bermanfaat seputar bisnis dan usaha dari wongcerdas.com lainnya, ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar