Tips dan Ukuran Foto untuk Melamar Kerja Terbaru

Sebelum kamu melamar pekerjaan, tentunya terdapat beberapa dokumen dan berkas penting lainnya yang harus dipenuhi. Mulai dari surat lamaran, ijazah, transkrip nilai hingga pas foto terbaru. Bicara mengenai foto terkadang perusahaan tidak menyertakan ketentuan yang jelas. Hal ini membuat orang menjadi bingung dalam ukuran foto untuk melamar kerja.

Tips Memilih Foto yang Cocok untuk Melamar Kerja

Foto diri menjadi hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan ketika ingin melamar kerja. Pasalnya, ukuran foto untuk melamar kerja menjadi salah satu aspek utama yang bisa menampilkan citra dari para pelamar. Di bawah ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih foto sebagai lamaran kerja.

1. Sesuaikan Latar Belakang

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan latar warna belakang foto. Pada bagian warna ini kamu bisa memilih warna merah atau biru agar terlihat lebih profesional. Background foto untuk melamar kerja ini umumnya juga sudah ditentukan oleh perusahaan.

2. Pilih Foto Lamaran Terbaru

Pastikan foto yang digunakan untuk melamar kerja merupakan foto terbaru. Pasalnya, manusia pasti mengalami pertumbuhan. Hal ini tentunya akan mengubah tampilan dari wajah hingga postur bentuk badan kamu. 

3. Pilih Foto Close-up

Close-up merupakan foto yang mengambil angle dari ujung rambut hingga bahu atau dada. Jarang sekali perusahaan yang meminta perekrut untuk mengambil foto full body. Kecuali, untuk profesi sebagai model ataupun sebagainya.

4. Perhatikan Tampilan Wajah

Wajah menjadi objek yang paling dominan ditampilkan untuk foto lamaran kerja. Kamu bisa melakukan makeup dengan gaya natural terlebih dahulu agar bisa memberikan efek segar dan profesional untuk foto lamaran kerja perempuan.

5. Berikan Senyuman Tipis 

Adanya senyuman tipis akan memberikan makna keramahan dari citra yang ingin kamu tampilkan. Pada perekrutan lamaran kerja untuk perusahaan besar, maka senyuman tipis menjadi batas maksimal. Disarankan gigi kamu untuk tidak terlihat agar lebih profesional.

6. Kuncir Rambut Kamu

Jika kamu seorang wanita yang memiliki rambut panjang, maka kuncir rambut kamu agar telinga dapat terlihat dengan jelas. Namun, hal ini akan berbeda jika kamu ingin melakukan foto lamaran kerja berjilbab. Pasalnya, untuk wanita berjilbab terdapat ketentuan tersendiri yang membolehkan mereka untuk tidak memperlihatkan telinga.

7. Perhatikan Posisi Bahu dan Dagu

Pada foto lamaran kerja hal lainnya yang perlu kamu perhatikan selain ukuran foto untuk melamar kerja, yakni posisi bahu dan dagu. Pastikan bahu kamu berada dalam posisi tegak agar terlihat lebih elegan. Selain itu, untuk bagian dagu kamu dapat mengangkatnya sedikit agar dapat menampilkan kesan wajah secara sempurna dan berani.

Berapa Ukuran Foto untuk Melamar Kerja?

ukuran foto untuk melamar kerja
Ukuran foto untuk melamar kerja

Pada dasarnya, ukuran yang paling ideal dan direkomendasikan untuk melamar kerja adalah 2×3 atau 4×6. Alasan kedua ukuran ini dipilih karena bisa menampilkan kepribadian dan gesture pelamar dengan cukup jelas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai ukuran foto untuk lamaran kerja via email.

Hal ini dikarenakan foto menjadi poin utama yang nantinya akan diperhatikan secara langsung oleh HRD perusahaan. Tentunya, ini akan menjadi nilai tambah tersendiri jika foto lamaran kerja yang kamu miliki memang sudah ideal untuk proses perekrutan. 

Pas Foto untuk Melamar Kerja Warna Apa?

Pada pemilihan latar warna untuk foto kamu bisa menyesuaikannya dengan ketentuan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh perusahaan. Namun, jika tidak ada, maka kamu bisa memilih satu warna yang netral, seperti merah, biru ataupun putih untuk bagian warna latarnya.

Pas Foto Ukuran Berapa?

Hal lain yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah pas foto dengan ukurannya. Kamu bisa menggunakan ukuran umum yang memang sering digunakan oleh beberapa perusahaan besar dalam melakukan proses perekrutan. Ukuran ini bisa 2×3, 3×4 ataupun 4×6. Ukuran yang paling direkomendasikan adalah 4×6 karena bisa memperlihatkan wajah kamu secara detail. 

Apakah Foto di CV Harus Formal?

Saat ini beberapa perusahaan tidak terlalu fokus jika foto yang ditampilkan berada di dalam CV. Pasalnya, HRD hanya akan fokus dengan kemampuan atau skill yang kamu tampilkan pada bagian dalam CV. Hal ini membuat kamu bisa memilih foto semi-formal. Salah satunya, yakni dengan menggunakan foto terbaru yang bisa menampilkan wajah dengan jelas. 

Apakah Foto CV Harus Pakai Baju Putih?

Ukuran Foto untuk Melamar Kerja
Ukuran Foto untuk Melamar Kerja di CV

Saat ini masih banyak para pelamar yang fresh graduate menggunakan baju putih sebagai tampilan dan ukuran foto untuk CV. Faktanya, bahwa baju untuk melamar kerja memang tidak memiliki aturan tersendiri yang baku. Kamu bisa memilih baju dengan gaya yang sopan ataupun berkerah. Pastikan foto yang kamu miliki dapat menampilkan kesan profesional.

Apakah Boleh Foto CV Menggunakan Kacamata?

Terkadang hal ini memang menjadi sulit jika kamu memutuskan untuk menggunakan kacamata atau tidak dalam foto CV. Namun, kamu tidak perlu bingung dengan masalah tersebut. Jika kamu adalah pengguna kacamata aktif, maka gunakan saja kacamata. Sebaliknya, jika untuk keperluan beberapa saat saja, maka jangan gunakan kacamata untuk foto CV.

Yuk baca persyaratan melamar kerja lainnya!

Pas Foto untuk Melamar Kerja Pakai Baju Apa?

Umumnya, baju yang paling tepat untuk pria adalah jas hitam dengan dasi dan untuk wanita bisa menggunakan blazer sebagai persyaratan melamar kerja S1. Baju ini dipilih karena bisa menampilkan sisi profesional dan berintegritas dari dalam diri kamu. Namun, kamu juga dapat memilih baju lainnya yang bisa disesuaikan dengan ketentuan perusahaan yang akan dilamar.

Ukuran foto untuk melamar kerja menjadi aspek penting lainnya yang harus kamu perhatikan. Hal ini dikarenakan foto bisa memberikan nilai tambah tersendiri bagi HRD dalam menilai diri kamu. Pastikan pas foto yang akan kamu gunakan dalam proses lamaran kerja bisa menampilkan citra yang baik hingga profesional. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar