Twitter Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Solusi Mudahnya

Twitter tidak bisa dibuka otomatis kamu tidak bisa update status dan informasi terbaru, rasanya kesal sekali bukan? Sebagai anak muda, menggunakan aplikasi media sosial khususnya Twitter merupakan hal biasa. Isi Twitter pun tidak selalu upload foto lebay atau narsis, kamu juga bisa sharing berita terkini.

Penyebab Twitter Tidak bisa Dibuka

Seperti hubungan sebab dan akibat, Twitter error pun ada penyebabnya. Sudahkah kamu tahu apa saja kondisi atau hal remeh temeh yang menyebabkan Twitter bermasalah?

1. Aplikasi Twitter Tidak Terupdate

Dalam kurun waktu tertentu, semua developer aplikasi termasuk Twitter melakukan maintenance guna meningkatkan atau memperbaiki performa aplikasi. Hasil dari kegiatan maintenance tersebut terkadang update aplikasi ke versi terbaru. 

Lantas, apakah kamu telah update Twitter? Bisa jadi penyebab utama Twitter tidak bisa dibuka karena kamu belum mengupgrade aplikasi ke versi terbaru. Bila jawabannya ya, maka silahkan kamu masuk ke Google Play Store untuk melakukan updating. 

2. Serangan Virus

Kondisi kedua yang menyebabkan Twitter milikmu tidak bisa dibuka adalah serangan virus. Virus bisa menjangkiti PC, laptop atau smartphone yang kemudian membuat kinerja berbagai aplikasi bermasalah salah satunya Twitter.

Coba perhatikan apakah kamu sudah berhasil membersihkan virus dari berbagai perangkat gadget milikmu? Pastikan kamu menyingkirkan virus secara berkala dari smartphone, laptop maupun PC. 

3. Memori atau RAM Penuh

Twitter web tidak bisa dibuka bukan pertanda kiamat kok. Kamu masih bisa mengatasinya dengan mencari penyebab utama mengapa Twitter sampai bermasalah dan tidak dapat diakses. 

Baca juga:  Reliamenka Penghasil Uang dengan Menyelesaikan Misi

Ironisnya, banyak pengguna Twitter yang tidak menyadari jika memori atau RAM turut berpengaruh terhadap kelancaran operasional aplikasi. Solusi mengatasi ini sebenarnya sangat mudah, kamu cukup menghapus sejumlah aplikasi tidak penting agar ruang pada memori dan RAM bertambah. 

4. Twitter Galat

Terakhir adalah Twitter galat. Kondisi ini cukup banyak dikeluhkan oleh pengguna aktif Twitter karena terjadi serempak bukan hanya satu atau dua pengguna saja. 

Mengatasi Twitter galat sebenarnya hampir sama seperti mengatasi aplikasi lainnya yang bermasalah yaitu dengan melakukan restart. Pertama-tama, tutup terlebih dahulu aplikasinya baru kemudian lakukan restart. 

Cara Mengatasi Twitter Tidak bisa Dibuka

Twitter Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Twitter Tidak Bisa Dibuka

Apa yang kamu lakukan ketika menemukan Twitter error? Mengatasi Twitter bermasalah tidak bisa sembarangan karena penyebabnya sangat beragam. Kamu yang ingin mengoperasikan Twitter seperti biasanya, yuk simak solusi Twitter tak bisa dibuka berikut:

1. Cek Koneksi Internet

Solusi pertama saat kamu tidak bisa buka Twitter di Google Chrome adalah mengecek konektivitas atau jaringan internet, mengapa? Karena bisa jadi Google Chrome tidak terkoneksi dengan internet sehingga tidak dapat membuka Twitter dengan mulus.

Sambungkan hotspot dari smartphone atau WiFi ke PC atau laptop jika kamu membuka Twitter dari perangkat tersebut. Sedangkan untuk jaringan internet selular kamu bisa mengaktifkan kuota data internet pada pengaturan ponsel. 

2. Install Ulang Twitter

Apakah hari ini Twitter error? Bisa jadi ya atau tidak tergantung seberapa banyak pengguna yang terdampak seperti kamu. Bila Twitter tak bisa dibuka hanya pada gadget kamu bisa jadi masalahnya ada pada perangkat kamu. 

Coba cek lagi, apakah kamu sudah menginstall Twitter legal dalam versi terupdate? Menginstall Twitter dari sumber tak dikenal bukanlah pilihan tepat karena resiko error jauh lebih besar. Kamu bisa install Twitter resmi secara gratis di Google Play Store. 

Baca juga:  Pakai Aplikasi Split Bill, Belanja Jadi Lebih Menyenangkan

3. Hapus Cache atau Data Twitter

Twitter Tidak Bisa Dibuka
Hapus Cache Saat Twitter Tidak Bisa Dibuka

Solusi lain ketika Twitter-mu tidak bisa dibuka adalah menghapus cache dan data Twitter. Untuk masuk ke tahapan ini, kamu harus membuka menu setting terlebih dahulu. Ketika sudah masuk ke menu setting selanjutnya pilih menu kelola aplikasi dan pilih Twitter.

Terakhir kamu bisa memilih  hapus data kemudian pilih bersihkan cache jika ingin menghapus cache Twitter. Lantas bagaimana jika tujuanmu adalah menghapus data Twitter? Pada halaman kelola aplikasi Twitter pilih hapus data lalu hapus semua data.

Twitter merupakan media sosial yang sangat berpengaruh di Indonesia. Pengguna Twitter aktif di tanah air sangat banyak dan terdiri dari berbagai kalangan usia maupun strata sosial. Pastikan kamu mengetahui penyebab dan solusi Twitter tidak bisa dibuka dengan menyimak seluruh pembahasan kami sebelumnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar