5 Tugas Social Media Officer untuk Resume Koordinator Media Sosial

Lowongan pekerjaan yang ada saat ini semakin bervariasi. Hal ini dikarenakan tuntutan di dunia digital yang mengharuskan seseorang untuk bisa memanfaatkan internet demi memajukan sebuah perusahaan.

Salah satu lowongan kerja yang banyak tersebar di berbagai daerah adalah social media officer. Namun, jika kamu ingin melamar pekerjaan ini sebaiknya membuat resume koordinator media sosial yang berkualitas.

Bikin resume yang berkualitas itu seperti apa? Yup, deskripsi penjelasan di resume harus sesuai dengan tugas social media officer.

Banyak orang yang masih belum mengetahui tentang apa itu social media officer. Bahkan masyarakat sering salah mengartikan jika social media officer adalah pekerjaan mudah.

Akan tetapi pada kenyataannya, pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang besar. Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan oleh seorang social media officer. 

Apabila kamu tertarik untuk bekerja di kantor sebagai seorang social media officer maka harus mengenali terlebih dahulu pekerjaan yang satu ini.

Sebelum Buat Resume Koordinator Media Sosial, Ketahui 5 Tugas Social Media Officer

Peluang usaha social media officer saat ini semakin tinggi. Keberadaannya banyak dibutuhkan oleh perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Tugas divisi sosial media yaitu seperti memposting konten, menangani akun perusahaan, membuat target, memastikan tujuan tercapai, dan memberikan image positif bagi perusahaan.

Pekerjaan ini meskipun terdengar sepele akan tetapi memiliki tanggung jawab yang besar. Karena pekerjaan ini menyangkut eksistensi perusahaan. 

Sebelum membuat resume koordinator media sosial, ada Beberapa 5 detail pekerjaan yang harus calon social media officer pertimbangkan. Dengan mengetahui kelima hal berikut, maka kamu dapat membuat resume yang berkualitas dan dilirik oleh HRD perusahaan manapun.

1. Membuat Konten

Tugas Social Media Officer
Tugas Social Media Officer

Tugas social media officer yang pertama adalah membuat konten. Konten yang harus diposting di sosial media tentu tidak bisa dibuat secara sembarangan. Bahkan terkadang konten tidak bisa diselesaikan dalam satu atau dua hari saja.

Social media officer juga perlu untuk memperhatikan detail konten mulai dari caption, hestek, waktu posting, jumlah kata yang digunakan, pendukung konten dan lain sebagainya.

Konten tersebut juga harus menarik agar orang yang melihatnya merasa tertarik. Selain itu, konten juga harus benar-benar mencapai target tujuan, misalnya saja untuk promosi produk atau yang lainnya.

Saat akan membuat konten, kamu juga harus memperhatikan apakah konten tersebut digunakan untuk platform seperti Instagram, Twitter atau Facebook. Tidak semua konten cocok untuk semua platform, sehingga harus benar-benar disesuaikan.

2. Melakukan Kampanye

Tugas social media officer selanjutnya juga melakukan kampanye yang mampu menarik masyarakat. Contohnya saja saat ini sedang ramai isu tertentu atau bertepatan dengan hari hari spesial, maka perlu dilakukan kampanye dengan tema yang sama.

Kampanye ini juga bisa menjadi brainstorming yang semakin menarik. Dalam melakukan kampanye dibutuhkan banyak sekali pertimbangan bahkan juga dibutuhkan biaya tidak sedikit. Tujuannya adalah untuk menghasilkan konten yang berkualitas pada event tertentu.

3. Mengusahakan Semuanya Mencapai Target

Konten yang dibuat sebaiknya juga benar-benar diperhatikan apakah nantinya bisa mencapai target yang diinginkan. Setiap perusahaan tentu ingin apabila konten tersebut mampu menggaet follower. Dengan begitu orang terkesan dengan konten yang disajikan.

Selain membuat konten yang berkualitas, pekerjaan seorang agen sosial media adalah berpikir bagaimana cara agar target yang diinginkan bisa dicapai. 

Beberapa contoh hal yang bisa dilakukan oleh social media officer agar bisa menghasilkan konten berkualitas dan meningkatkan follower adalah dengan memanfaatkan influencer, mengadakan giveaway dan yang lain sebagainya. Nah, pastikan kamu juga menuliskan tugas social media officer ini di resume milikmu. Tulis target apa-apa saja yang sudah dicapai.

4. Menentukan Waktu Posting yang Tepat

Ketika akan memposting konten perusahaan tentu tidak bisa dilakukan kapan saja tanpa memperhatikan Prime Time. Seorang social media officer perlu memilih waktu yang tepat untuk memposting konten, misalnya saja mulai dari jam 15.00 sampai jam 20.00.

Selain itu, tugas social media officer bukan hanya mengatur jam posting saja, namun hari serta tanggal juga harus diperhatikan agar dapat menghasilkan konten yang sesuai dengan momen.

5. Membuat Laporan

Terakhir, tugas social media officer adalah membuat laporan dari hasil pekerjaan yang telah dilakukan.

Laporan harus dibuat sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sehingga nantinya akan dapat dilakukan evaluasi untuk memperbaiki yang masih kurang atau meningkatkan prestasi yang sudah berhasil diraih.

Memang, untuk menjadi seorang social media officer dibutuhkan kemampuan mengelola sosial media yang bagus. Jika kamu saat ini sedang mencari pekerjaan dan tertarik untuk menjadi seorang social media officer, kamu perlu mempelajari jobdesk-nya. 

Hal lain yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah mencoba mencari informasi lebih lengkap, termasuk contoh resume koordinator media sosial.

Seorang pelamar pekerjaan juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk membuat resume koordinator media sosial karena ini sangat dibutuhkan ketika akan melamar pekerjaan.

Seorang social media officer apabila mendapatkan posisi yang bagus nantinya juga bisa menjadi koordinator media sosial. Sehingga resume koordinator media sosial menjadi sangat penting dan akan sangat bermanfaat untuk karir kamu di masa depan.

Apabila kamu ingin melamar pekerjaan sebagai social media officer sebaiknya nya membuat resume yang berkualitas. Perusahaan akan mempertimbangkan resume koordinator media sosial yang kamu buat dan apabila memang menarik tentu akan lebih memudahkan. So, pastikan tugas social media officer yang dicantumkan sudah sesuai ya sobat Wong Cerdas.

Bagikan:

Tinggalkan komentar