Tips Membeli Apartemen untuk Pemula Anti Boros dan Rugi

Sejauh ini, salah satu standar kesuksesan seseorang bisa dilihat dari huniannya. Semakin besar hunian yang dimiliki entah itu apartemen atau rumah maka semakin sukses pula hidupnya.

Kondisi tersebut mendorong beberapa orang membeli apartemen atau rumah sejak dini. Kamu yang tertarik membeli apartemen wajib menyimak tips membeli apartemen untuk pemula.

Tips yang kami persembahkan ini akan membantumu menemukan apartemen yang cocok mulai dari segi keuangan maupun lingkungannya. Mengapa kamu perlu membaca artikel ini? Karena sejauh ini, makin banyak saja apartemen yang muncul di Indonesia sebut saja Jakarta Selatan atau sekitarnya.

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

Banyak yang bilang apartemen merupakan bentuk bangunan tingkat yang mewah dan megah hasil upgrade dari rumah susun. Sependapat atau tidak, tinggal di apartemen memiliki segudang manfaat.

Kamu bisa bebas berekspresi tanpa khawatir diganggu atau ditegur oleh tetangga yang usil. Agar tidak merugi ketika belanja apartemen, yuk simak tips berikut.

1. Lakukan Pemeriksaan Latar Belakang

Sebelum sepakat membeli apartemen pastikan kamu melakukan double checking terlebih dahulu. Pemeriksaan pertama terkait perizinan gedung apartemen yang hendak kamu beli. Apakah apartemen tersebut memiliki hak izin yang sah, kamu bisa mengajukan pertanyaan tersebut pada pemilik apartemen.

Kedua, adalah memeriksa kondisi fisik gedung apartemennya. Cari tahu berapa usia apartemen dan kondisi lahannya. Hindari membeli apartemen yang kondisi tanahnya miring atau sudah terlampau tua dan tidak direnovasi. Tujuannya agar kamu bisa hidup nyaman dan aman selama menempati apartemen baru.

2. Lihat Lokasi Apartemennya

Menentukan tujuanmu sebelum membeli apartemen merupakan hal mutlak karena harga apartemen tidak semurah harga tepung atau mie instan. Dewasa ini, mayoritas orang membeli apartemen sebagai investasi tapi ada juga yang sengaja membelinya untuk ditinggali karena jaraknya dekat dari kantor.

Demi kemudahan mobilitas, kamu bisa membeli apartemen yang jaraknya berdekatan kantor. Apartemen jenis ini harganya memang tidak murah tapi sangat efektif untuk menghemat ongkos kendaraan. Namun, jika tujuanmu membeli apartemen untuk investasi maka pilihlah apartemen yang berada di lingkungan strategis.

3. Jangan Ragu Bandingkan Harga

Tips membeli apartemen untuk pemula berikutnya adalah melakukan perbandingan harga. Hal ini lumrah dan biasa dilakukan oleh siapa saja termasuk pengusaha properti. Semakin bagus harga yang kamu dapatkan maka semakin baik.

Meski demikian, jangan harap mendapatkan harga apartemen yang murah saat kamu memilih kota besar seperti Bandung, Medan atau Surabaya. Apartemen yang berada di pusat kota terutama kota padat penduduk biasanya dipatok dengan harga tinggi.

4. Cek Fasilitas dan Akomodasi yang Diberikan

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula
Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

Saat bicara tentang fasilitas dan akomodasi tidak ada yang sebaik Southgate Residence. Apartemen ini berada di lokasi strategis yakni Jakarta Selatan, serta berada di kawasan apartemen yang juga menghidupkan area hijau.

Kamu yang sedang mencari apartemen dengan lingkungan yang bagus dan sejuk bisa mempertimbangkan membeli satu unit di Southgate Residence.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Southgate Residence adalah lokasinya yang terkoneksi dengan pusat perbelanjaan AEON. Kamu yang punya gaya hidup glamour dan suka belanja ke mall dapat mengakomodir kegiatan tersebut dengan cepat dan mudah. Tidak perlu khawatir dengan mobilitas tinggi atau kemacetan.

5. Tanyakan Skema Pembayaran

Beda dari milioner atau triliuner yang mampu membeli satu unit apartemen canggih dan anggun dengan mudah, kamu mungkin butuh waktu untuk melunasi cicilan. Itulah mengapa, penting bagimu untuk mengetahui skema pembayaran yang ditawarkan oleh pengembang.

Apakah skema pembayarannya mengharuskan kamu membayar cash atau justru bisa dicicil secara bertahan selama beberapa tahun. Informasi skema pembayaran ini wajib kamu pahami agar tidak terjadi kemacetan pembayaran di tengah jalan. Tentunya kamu tidak ingin bersengketa dengan pemilik apartemen bukan?

Tertarik untuk tinggal di apartemen ini? Cek www.southgate.id untuk info lebih lanjut.

6. Membeli Berdasarkan Pemandangan Luar

Setelah menghabiskan banyak waktu dengan bekerja di depan komputer atau lapangan, kamu ingin memandang sesuatu yang indah dan mengesankan. Saran kami, belilah apartemen yang mempunyai view yang cantik entah itu pemandangan pusat kota atau taman. Membeli apartemen di lantai satu bukanlah pilihan terbaik.

Semakin tinggi lantai apartemennya maka semakin indah dan menawan pula pemandangan yang diberikan. Kamu mungkin membutuhkan budget besar untuk membeli unit apartemen dengan view cantik tapi itu sebanding dengan kepuasan diri.

7. Menawarkan Keamanan Tercanggih dan Modern

Walaupun tinggal di unit apartemen bukan berarti kamu terbebas dari tindak kejahatan apalagi jika apartemen yang kamu pilih berada di lokasi rawan kriminalitas. Agar tidurmu selalu nyaman dan aman, pilih apartemen yang mampu menyediakan fasilitas keamanan terbaik.

Tidak hanya mengandalkan manusia terlatih, gedung apartemen terbaik biasanya juga difasilitasi dengan kamera CCTV dan fitur keamanan modern lainnya.  Apartemen yang baik biasanya menawarkan fitur pengunjung di mana hanya orang yang diizinkan pemilik apartemen lah yang dapat bertamu.

8. Apartemen Terpadat Bikin Sesak

Ada satu hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli apartemen yaitu kepadatan penduduknya. Tinggal di apartemen sepi juga tidak baik karena kamu tidak dapat bersosialisasi dengan mudah. Apartemen sepi juga terkesan horor dan menakutkan.

Sementara itu, tinggal di apartemen yang terlalu padat juga tidak menguntungkan terutama saat berbagi lift. Selain lift yang penuh sesak dengan penghuni apartemen, kamu juga masih harus berbagi lahan parkir.

Baca juga:

Penutup

Pada dasarnya, membeli apartemen bukanlah perkara sulit asalkan kamu sudah siap dengan berbagai amunisi. Saran terbaik adalah membeli apartemen yang kualitas gedung serta informasi dari A-Z sudah kamu kantungi.

Jangan lupa pula untuk mempraktekkan langsung tips membeli apartemen untuk pemula yang telah kami sampaikan sebelumnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar