Tips Beli Rumah Bekas dan Mendesain Interior Rumah Bekas

Rumah bekas bukan menjadi alasan untuk tidak kreatif dalam mendesain interior. Rumah bekas juga tidak susah jika ingin direnovasi sesuai dengan keinginan. Tepatnya, jual beli rumah bekas tidak akan membuatmu rugi, tetapi dapat membuatmu lebih kreatif asalkan kamu paham tips beli rumah bekas.

Jika kamu berniat membeli rumah bekas dan mendesain interiornya secara mandiri, ada baiknya membaca artikel berikut ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan: Tips Beli Rumah Bekas yang Pintar

Jual beli rumah bekas memang saat ini banyak dilakukan oleh orang-orang. Saat kamu hendak membeli rumah bekas, ada beberapa tips beli rumah bekas yang perlu kamu perhatikan yaitu:

1. Cek Keadaan Fisik Rumah

Tips beli rumah bekas yang pertama adalah mengecek keadaan fisik rumah. Pastikan bahwa saat kamu ingin membeli rumah bekas, keadaan rumah tersebut langsung kamu ketahui. Jika membeli melalui platform online, sebisa mungkin mencari website yang terpercaya. Hal ini dilakukan agar rumah yang kamu beli masih layak untuk ditempati.

Selain itu, dengan mengecek keadaan fisik rumah kamu bisa memastikan tidak terlalu banyak kerusakan yang ada sehingga lebih hemat saat mendesain interior rumah nantinya.

2. Kondisi Lingkungan Sekitar

Ada beberapa rumah bekas yang dijual dengan harga murah, namun kamu perlu teliti lagi. Jangan sampai harga murah tersebut menyimpan rahasia yang tidak kita ketahui seperti wilayah yang kurang aman, lingkungan yang kerap banjir, dan lain-lain.

Kamu bisa secara random menanyai warga sekitar tentang lingkungan di sekitar rumah tersebut. Tapi, ada juga yang memang menjual rumah dengan harga murah karena pengen cepat laku atau lagi butuh uang.

3. Memastikan Surat-surat Lengkap

Tips beli rumah bekas ketiga yang perlu kamu perhatikan adalah kelengkapan surat-surat. Pastikan kelengkapan surat-surat yang dimiliki oleh pemilik sebelumnya seperti surat kepemilikan tanah (SHM), surat izin mendirikan bangunan akta jual beli, dan surat bukti pembayaran seperti listrik, PAM, pajak, serta telepon.

4. Hitung Biaya Lainnya yang Akan Dikeluarkan

Terakhir, tips beli rumah bekas yang perlu kamu perhatikan adalah menghitung bisaya lainnya. Jangan salah, saat membeli rumah bekas sudah pasti ada biaya lainnya yang akan keluar. Nah, silakan sobat hitung apa saja biaya yang akan keluar seperti biaya balik nama pada surat-surat dan biaya perbaikan rumah.

Pastikan untuk biaya perbaikan rumah tidak terlalu memakan biaya, jangan sampai awalnya pengen hemat dengan membeli rumah bekas eh malah biaya yang dikeluarkan setara dengan biaya membeli rumah baru.

Baca juga:

Tips Mendesain Ulang Interior Rumah Bekas

Tips Beli Rumah Bekas
Tips Beli Rumah Bekas dan Mendesain Interior

Membeli rumah bekas dengan mendesain ulang interior biar terlihat menarik bisa saja kamu lakukan. Bagaimana cara mendesain interior rumah bekas agar hasilnya terlihat lebih indah? Berikut beberapa kiatnya.

Hindari Cat Warna Putih

Kebanyakan orang menganggap cat rumah berwarna putih dapat menciptakan suasana yang sejuk dan luas pada ruangan. Kenyataannya, cat warna putih justru akan membuat ruangan menjadi sebaliknya, sempit dan sesak. Hal ini diutarakan langsung oleh para desainer interior.

Apalagi, jika pencahayaan di dalam ruangan redup, dinding berwarna putih justru akan memantulkan bayangan yang membuat ruangan terkesan kotor dan suram. Sebaiknya gunakan alternatif warna lain yang dapat memunculkan kesan ruangan yang lebih luas. Atur juga penerangan di dalam rumah agar ruangan tidak tampak suram.

Tambahkan Cermin

Menambahkan cermin di dalam rumah di Jakarta pusat adalah salah satu trik yang tepat untuk membuat ruangan semakin terlihat luas. Keberadaan cermin akan ‘membuka’ ruangan baru di dalam rumah.

Cermin juga digunakan sebagai pemantul cahaya yang dapat menyinari seluruh ruangan sehingga tidak terkesan penuh dan sesak. Gunakan cermin yang besar dan pasang di sudut ruangan agar dapat terlihat dari berbagai macam sisi.

Lengkapi dengan Perabot Kaca

Alternatif dari penggunaan cermin adalah penggunaan perabot berbahan kaca yang bisa kamu pajang di lemari kabinet atau tempat lainnya. Sama seperti cermin, perabot dari kaca nantinya juga akan merefleksikan cahaya yang masuk ke dalam ruangan dan sebagai pembuka ruang baru.

Selain berbahan dasar kaca, perabotan lain yang juga bisa merefleksikan cahaya adalah berbagai macam perabotan dari bahan stainless steel atai alumunium.

Warna Terang untuk Langit-Langit

Warna langit-langit rumah juga menjadi salah satu objek yang harus diperhatikan di dalam desain interior rumah. Jangan gunakan warna yang sama dengan warna tembok atau dinding, gunakan warna-warna terang yang berada satu tingkat dengan warna yang digunakan pada dinding rumah.

Bila penataan warna langit-langit pada jual beli rumah bekas, terlalu mencolok atau kontras, maka justru akan menimbulkan kesan ruangan yang terbelah. Maka dari itu, tetap gunakan warna yang kuat, tetapi berada satu tingkat dari warna yang digunakan pada dinding. 

Pilih Furnitur Ukuran Besar

Siapa sangka, ternyata pemilihan furnitur dengan ukuran besar mampu membuat ruangan terkesan luas. Menggunakan furnitur dengan ukuran kecil saja memang tidak salah, tetapi akan butuh banyak perabotan demi melengkapi ruangan.

Furnitur yang dipilih bisa lemari pakaian, kaca besar, lampu gantung, atau karpet. Semakin sedikit perabotan yang ada di dalam rumah, maka semakin baik. Perabotan yang sedikit juga tidak akan menyusahkan jika ingin kembali mengganti desain interior rumah di Jakarta Pusat ini.

Desain interior memang penting dan wajib diperhatikan setiap pemilik rumah. Dengan desain interior yang baik, pastinya akan membuat seluruh keluarga betah berlama-lama bercengkerama.

Selain itu, tamu yang datang juga bisa disambut dengan penuh kehangatan dan penghayatan terhadap desain interior yang ada di rumahmu. Jadi, sekarang kamu tidak perlu ragu lagi mengatur desain interior meskipun rumah yang ditempati hasil dari proses jual beli rumah bekas.

Demikian artikel yang membahas mengenai tips beli rumah bekas dan mendesain interior rumah bekas. Semoga bermanfaat ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar