10+ Ide Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

Ternak merupakan aktivitas memelihara binatang untuk dimanfaatkan hasilnya. Baik berupa daging, telur, bulu, kotoran, maupun sarangnya. Berbicara soal ternak paling cepat panen dan menguntungkan saat ini ada banyak sekali.

Dari cerita para peternak sukses dalam sebulan bisa meraup untung puluhan juta rupiah. Ada pula cerita dari budidaya hewan unik perharinya bisa mengantongi uang ratusan ribu rupiah. 

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

Tak perlu bingung mau berbisnis apa, cobalah untuk menggeluti bidang peternakan. Nah, di bawah ini ada beberapa daftar ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan yang bisa dicoba.

1. Ternak Bebek Petelur 

Beternak bebek selain mengambil dagingnya juga bisa diambil telurnya. Bebek menjadi salah satu unggas yang banyak dikonsumsi masyarakat karena rasanya enak dan bergizi apalagi telurnya bisa dibuat berbagai macam olahan terutama telur asin. Beternak bebek menjadi salah satu ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan yang bisa kamu coba.

Modal awal untuk ternak bebek ini tidak cukup besar. Dari pembelian bibit, persiapan kandang, sampai pembesaran kurang lebih butuh dana sekitar Rp 5.000.000. Lebih baik buat kandang yang dekat dengan sumber air seperti sungai dan sawah. Jadi kamu bisa melepas liarkan bebek saat pagi atau sore hari untuk bebek cari makan sendiri. Selain hemat biaya pakan juga bisa membuat bebek jadi lebih sehat. 

2. Ternak Ayam Potong 

Ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan yang selanjutnya adalah beternak ayam potong. Daging ayam merupakan salah satu bahan masak yang paling banyak diminati masyarakat. Alasannya adalah selain enak dan bergizi harganya relatif terjangkau. Budidaya ayam potong juga tidak terlalu ribet dan perawatannya cukup mudah.

Nah jika kami berminat ternak ayam potong sebaiknya buat kandang yang jauh dari pemukiman warga. Sebab kandang ayam bisa menimbulkan bau tidak sedap, dan pada saat tertentu bisa memicu sayangnya ribuan lalat. 

Analisis modal awal ternak ayam potong kurang dari 20 juta rupiah, Meliputi pembuatan kandang, pembelian bibit, pembelian pakan, vaksinasi dan biaya lainnya. Tips ketika panen ayam potong sebaiknya dilakukan secara bertahap. Sebab ayam jenis ini gampang stres yang berujung pada kematian. Masa panennya pun terbilang singkat yaitu usia 30 – 35 hari. 

3. Ternak Kelinci

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan
Ide Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

Ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan selanjutnya datang dari hewan lucu bernama kelinci. Hewan lucu dan imut ini bisa dibudidayakan sebagai kelinci hias atau kelinci pedaging. Misalnya jenis yang bisa dipilih seperti kelinci putih new zealand, warnanya yang putih bersih serta bulunya yang lembut selain bisa diambil dagingnya juga cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. 

Budidaya kelinci sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang besar. Masalah pakannya juga tidak ribet soalnya kelinci merupakan hewan pemakan tumbuhan. Jika ingin lebih sehat dan gemuk tinggal beriman suplemen tambahan. 

Kelinci sangat mudah berkembang biak. Rata rata dalam 1 tahun dapat melahirkan sebanyak 3x dengan jumlah 6-12 ekor bayi kelinci. Selain daging dan dijadikan hewan peliharaan. Buku kelinci yang lembut bisa dimanfaatkan untuk kerajinan dan kotoran kelinci bisa dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanah. Hampir semua bagian kelinci dapat menghasilkan uang. 

Bisnis ini merupakan salah satu ternak paling cepat untung. Kelinci Pedaging sudah bisa dipanen mulai usia 3-4 bulan dengan harga jual 150 ribu – 500 ribu per ekornya. Untuk kelinci hias bisa dijual mulai usia 2 bulan dengan harga 50 ribu sampai 150 ribu per pasangnya.

Sedangkan, bulu diambil ketika kelinci sudah dipotong. Untuk kotorannya bisa dipanen setiap hari.  Bagaimana tergiur dengan ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan yang satu ini?

4. Ternak Ikan Nila

Ikan nila banyak dikonsumsi masyarakat sebab memiliki rasa yang manis serta lembut. Harganya juga tidak terlalu mahal sekitar 30 ribu sampai 49 ribu rupiah per kg. Budidaya nila juga tergolong mudah. Kamu bisa membesarkan nila pada kolam tanah atau Mina padi. 

Modal untuk budidaya ikan ini tidak terlalu besar selain itu ikan nila juga tidak mudah sakit, perawatan mudah, dan harga jualnya relatif stabil. Perkembangbiakan nila juga termasuk tinggi sekali bertelur bisa menghasilkan ratusan hingga ribuan telur ikan. Masa panennya juga cukup singkat sekitar 3-6 bulan setelah tebar benih.

5. Ternak Ikan Lele

Masih mau tahu ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan yang berikutnya? Nih, yuk beternak ikan lele. Ikan air tawar ini menjadi salah satu ikan konsumsi favorit masyarakat. Sekian karena harganya yang murah meriah, kandungan gizi didalamnya juga tinggi. Soal budidaya lele juga tidak ribet bisa dilakukan dimana saja. Ternak modal 1 juta bisa diterapkan pada budidaya lele. 

Jika tidak memiliki lahan luas tidak perlu membuat kolam tanah. Kamu bisa budidaya lele didalam kolam terpal atau dalam ember. Nah khusus budidaya dalam ember di atasnya bisa sekalian ditanami kangkung. Sembari menunggu panen lele kamu bisa panen kangkung dulu. 

Memelihara lele sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan yang ribet. Masa panennya juga terbilang singkat yaitu 90 hari setelah tebar benih. Soal makanan lele termasuk hewan omnivora sayuran, pelet, bekicot, eceng gondok, ikan rucah, semua dimakan. 

Ternak yang Cepat Menghasilkan Uang

Masih mau tau ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan ya sob? Nih kami kasih di bawah ini.

6. Ternak Ayam Petelur

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan
Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan Ayam

Selain daging ayam telurnya juga sangat diminati. Harga jual telur termasuk tidak stabil kadang murah kadang juga mahal. Namun hal ini tidak mempengaruhi jumlah permintaan yang signifikan. Ayam petelur mulai bisa menghasilkan telur mulai usia 5 bulan terus sampai 1 hingga 2 tahun kemudian. 

Ada 2 jenis ayam petelur yaitu coklat dan putih. Membuat kandang ayam ini sama dengan ayam potong. Wajib jauh dari area pemukiman sebab bau yang ditimbulkan bisa mengganggu warga sekitar, apalagi jika kandangnya berskala besar. Ada 2 jenis kandang yang bisa digunakan yaitu kandang baterai dan kandang koloni. 

Agar menghasilkan telur yang baik pemberian makan dan minum perlu diperhatikan. Untuk makannya kamu bisa memberikan sentrat, jagung, dan tepung ikan. Harga telur per kilonya berkisar Rp 20.000 – Rp 27.000 bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti keadaan pasar. 

7. Ternak Jangkrik 

Ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan selanjutnya adalah beternak jangkrik. Jangkrik memiliki peluang bisnis yang besar apalagi minat masyarakat untuk memelihara binatang seperti burung dan ikan semakin meningkat.

Hal ini berdampak pada permintaan jangkrik yang meningkat pula. Budidaya jangkrik sangat mudah, modalnya sedikit serta masa panennya yang terbilang singkat. Harga jual jangkrik juga lumayan tinggi mulai dari Rp 35.000 – Rp 50.000 per kilonya. 

Kandang jangkrik bisa dibuat dari papan yang dibentuk seperti peti dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Lokasi budidaya sebaiknya di tempat yang sejuk, dan tenang. Jangkrik merupakan salah satu jenis bisnis budidaya unik. 

Makannya juga mudah dicari, tersedia banyak dialami. Jangkrik merupakan hewan herbivora pemakan tumbuhan, paling senang dengan daun muda dan krokot. Masa panen bisa dimulai ketika jangkrik sudah berusia 30 hari. Terhitung dari telur, menetas, hingga dewasa. 

Penasaran gimana cara beternak jangkrik hingga menghasilkan? Kami sudah ada artikelnya, yuk baca cara ternak jangkrik untuk pemula.

8. Ternak Sapi Perah 

Susu merupakan sumber kalsium yang baik. Olahan dari susu juga banyak. Selain itu harga susu segar lumayan tinggi berkisar Rp 5.000 – Rp 6.000 per liter. Setiap hari per ekor sapi bisa menghasilkan 12,5 – 15 liter susu segar. 

Jika sapi sudah tidak bisa menghasilkan susu dagingnya bisa dijual. Perawatan sapi perah juga mudah dan pakannya mudah dicari. Jika ingin mendapatkan susu berkualitas baik dan banyak tinggal tambahkan beberapa nutrisi dan suplemen tambahan. Ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan dari sapi perah masih banyak yang menggelutinya.

9. Ternak Ikan Hias 

Jenis jenis ikan hias sangat banyak, efek pandemi membuat masyarakat banyak memburu ikan hias untuk dipelihara di rumah sebagai penghilang stres. Salah satu jenis ikan hias yang bisa dibudidayakan adalah ikan tawar. Harga jual ikan hias biasanya dibanderol mulai dari ribuan hingga jutaan rupiah tergantung dari jenisnya. 

Misalnya ikan cupang, ikan guppy, ikan golden black, ikan platy, ikan molly, ikan nila, ikan sepat mutiara, ikan mas koki ikan koi. Budidaya ikan juga termasuk mudah apalagi daya berkembang biaknya sangat cepat. Sekali bertelur bisa menghasilkan ratusan telur. Budidaya ikan hias bisa menjadi alternatif ternak menguntungkan di lahan sempit.

Budidaya ikan hias bisa dimulai dari menyiapkan wadah, kemudian menyesuaikan pH air, oksigen, suhu air, serta intensitas cahaya. Setelah itu menyiapkan bibit ikan hias. Baru kemudian menyiapkan pakan yang cocok. Pasang filter air bila diperlukan agar tidak terlalu sering mengganti air. Jika terlalu sering mengganti air bisa menyebabkan ikan stres yang berujung kematian. 

Ternak Burung Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan
Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan Burung

Burung merupakan salah satu binatang ternak yang bisa menghasilkan secara cepat dan tentu saja menguntungkan. Apa saja ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan? Ini dia di bawah ini.

10. Ternak Burung Puyuh 

Burung puyuh dapat diambil telur dan dagingnya. Sembari panen telur kamu juga bisa jual daging dari burung yang sudah tidak produktif lagi. Rasa burung puyuh sahabat guruh tapi makannya harus sabar sebab dagingnya sedikit. Puyuh termasuk salah satu ternak burung paling mudah dan menguntungkan.

Kelebihan ternak burung satu ini adalah modal kecil, bisa dibudidayakan di lingkungan rumah, waktu panen singkat, burung puyuh tidak mudah sakit, perawatan mudah, produktifitas telur dan daging sangat tinggi, permintaan pasar juga tinggi. Harga telur puyuh di pasaran termasuk tinggi mencapai Rp 30.000 per kg. Sedangkan dagingnya berkisar Rp 6.000 – Rp 8.000 per ekornya. 

11. Ternak Burung Walet

Burung walet dapat dibudidayakan dalam lingkungan rumah. Tentu saja ternak paling cepat panen dan menguntungkan burung walet itu yang paling oke untuk dicoba. Lokasi paling baik untuk beternak walet adalah bangunan tinggi atau pada bagian atap rumah.

Walet biasa dimanfaatkan untuk diambil sarangnya. Sarang ini memiliki segudang manfaat sekaligus harga fantastis. Perkilonya bisa menembus angka Rp 8.000.000 – Rp 10.000.000 tergantung dari kualitasnya. 

Ternak walet bisa kamu lakukan dari menyiapkan kandang. Jika belum memiliki tempat harus mengeluarkan modal uang lumayan untuk sekedar membuat kandangnya. Suhu, kelembaban, serta sirkulasi udara harus sangat diperhatikan. Jika burung merasa nyaman ia akan cepat membuat sarang. Waktu pembuatan sarang berkisar 30 – 45 hari. 

Lakukan perawatan secara berkala pada burung walet dan memberinya asupan makan yang mengandung protein tinggi seperti semut, rayap, dan serangga kecil lainnya. Ketika masuk masa panen sebaiknya ambil sarang sebelum induknya bertelur. Jika diambil setelah induknya bertelur dan telurnya menetas kualitas sarang menurun. Walaupun begitu, menurut saya walet tetap oke banget sebagai salah satu ide ternak paling cepat panen dan menguntungkan.

12. Ternak Burung Love Bird 

Burung love bird banyak diminati sebab warna bulunya yang cantik serta memiliki suara kicau yang khas dan merdu. Harganya pun terbilang murah sekitar Rp 50.000 per ekornya. Selain itu perawatan nya tidak ribet dan pakannya mudah dicari. 

Hanya bermodalkan uang Rp 500.000 saja kamu sudah bisa mulai usaha ternak burung ini. Agar harga jual burung kamu menjadi semakin tinggi latihlah kicauan burungnya secara berkala. Jika kicauannya bagus dan merdu dijamin harga jualnya meningkat tajam. 

Tidak ada bisnis yang baru mulai langsung sukses. Semua itu membutuhkan proses, niat, semangat, dan komitmen. Itulah tadi beberapa rekomendasi ternak paling cepat panen dan menguntungkan. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar