Intip Yuk! 7 Tempat Promosi Jualan Online Biar Laku

Di era modern ini banyak orang memulai bisnis dengan berjualan online. Tidak dapat dipungkiri bahwa berjualan online sangat mudah dijalankan. Dengan hanya  bermodalkan handphone juga internet kita dapat mempromosikan suatu usaha yang kita miliki. Nah, di artikel ini sobat Wong Cerdas akan menyajikan informasi tentang tempat promosi jualan online yang bisa teman-teman coba.

Mengingat belanja daring kian meningkat, bagi kamu pebisnis jangan sampai kelewatan untuk mempromosikan produk yang kamu jual di beberapa tempat berikut ini.

Tempat Promosi Jualan Online

Jual online merupakan transaksi penjualan dan pembelian dengan media internet dimana antara pembeli dan penjual tidak melakukan kontak fisik dengan langsung. Dalam berjualan online sangat mudah dilakukan, dimana di era teknologi sekarang telah banyak orang menggunakan internet. Dengan berjualan online kita tidak perlu repot untuk memasarkan produk kita sendiri kepada masyarakat luas. 

Untuk meningkatkan penjualan perlu diadakan promosi. Sama halnya dengan berjualan offline, promosi dengan jualan online pun sangat penting untuk dilakukan. Kita juga perlu tau apa saja media promosi online.

Promosi merupakan suatu kegiatan memasarkan suatu produk dengan cepat untuk meningkatkan pembelian.  Tujuan promosi produk erat kaitannya dengan membrandingkan usaha kita agar dikenal banyak orang.

Tempat promosi adalah tempat di mana kamu bisa berjualan produk dan memperkenalkan produk yang kamu miliki.

Bagaimana jika suatu usaha  tidak melakukan promosi? tentu produk yang dijualnya tidak dapat dikenal banyak orang bukan? Yuk intip tempat promosi jualan online yang ada di Indonesia yang boleh sobat Wong Cerdas coba.

1. Shopee

Tempat promosi jualan online yang pertama adalah Shopee. Shopee merupakan toko online terpopuler di Indonesia dan sebuah aplikasi yang bergerak pada bidang jual-beli online dan dapat diakses dengan mudah melalui smartphone. Didirikan oleh Forrest Xiaodong Li pada tahun 2009, shopee muncul pertama di Singapura di tahun 2015 dan menjangkau ke beberapa Negara di Asia seperti, Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. 

tempat promosi jualan online
Tempat Promosi Jualan Online
Gambar: shopee.co.id

Shopee memberi berbagai fasilitas bagi penjual untuk memasarkan dagangannya dan membekali pembeli untuk melakukan proses pembayaran yang aman dengan pengaturan logistik yang terintegrasi. Shopee menjadi salah satu media promosi online paling efektif.

Baca juga: cara mempromosikan produk secara lisan

2. Tokopedia

Tokopedia merupakan toko online terpopuler di Indonesia. Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 17 Agustus 2009 dan telah berkembang menjadi sebuah unicorn yang mempunyai pengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi Asia Tenggara. 

Tokopedia adalah perusahaan jual-beli online terbesar di Indonesia dengan berbasis digital yang merupakan marketplace dan mall online yaitu memungkinkan setiap penjual online untuk menjual produknya dengan mudah. Tokopedia bisa menjadi pilihan aplikasi untuk promosi online shop kamu.

3. Bukalapak

tempat promosi jualan online
Ini tempat promosi jualan online di Bukalapak
Gambar: bukalapak.com

Bukalapak merupakan toko online terpopuler di Indonesia yang didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhammad Fajrin Rasyid pada tahun 2010. Memiliki model bisnis consumer to consumer (C2C) pada layanan jual-beli online, dengan menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen di mana pun.

Bukalapak memungkinkan para pelaku UKM di Indonesia dalam transaksi jual-beli online secara mudah untuk menjual produk yang mereka miliki.

4. Blibli

Blibli merupakan produk pertama PT Global Digital Niaga yaitu anak perusahaan di bidang digital bernama Djarum  yang berdiri pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, perbankan, serta mitra dagang dengan standar tertentu dalam menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli.

Pelajari kata-kata untuk mencari reseller untuk melebarkan pangsa pasar bisnismu dengan rekrut reseller.

5. Lazada

Tempat promosi jualan online yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah Lazada. Lazada yaitu toko online yang juga populer di Indonesia. Berdiri pada tahun 2012  oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant  dimiliki oleh Alibaba Group, Lazada.co.id atau dapat dikatakan Lazada Indonesia yaitu bagian dari Lazada Group yang terdapat di beberapa Negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

tempat promosi jualan online
Tempat promosi jualan online lazada
Gambar: lazada.co.id

Fasilitas metode pembayaran lazada termasuk cash-on-delivery, dimana layanan ini dapat mempermudah pengembalian barang dari jasa pengiriman first and last mile milik lazada. CEO Lazada Indonesia pada saat ini yaitu Magnus Ekbom.

6. OLX

OLX yaitu toko online yang sebelumnya bernama Tokobagus.com merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. OLX merupakan e-commerce global yang pendirinya bernama Fabrice Orinda dan Alec Oxenford didirikan pada tahun 2006 di Buenos Aires. OLX menyediakan pemasangan iklan gratis bagi penjual sekaligus pembeli untuk memudahkan pencarian produk yang mereka inginkan

7. Zalora

Zalora merupakan toko online yang cukup lama meramaikan pasar di Indonesia. Zalora berdiri pada tahun 2012. Zalora ini sendiri merupakan partner dari toko barang elektronik Lazada.co.id. Zalora Indonesia merupakan situs web yang menyediakan kebutuhan model pakaian, sepatu, tas, dan yang lainnya.

Demikian ulasan tentang tempat promosi jualan online yang dapat kami berikan, masih banyak juga loh toko online yang populer dan bagus di Indonesia. Yuk pilih aplikasi mana yang mau sobat Wong Cerdas pakai!

Bagikan:

Tinggalkan komentar