8 Usaha Tanaman yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Tanaman yang Menguntungkan di Lahan Sempit – Semenjak pandemi, banyak masyarakat yang mulai beralih profesi menjadi pengusaha. Masifnya pemecatan karyawan membuat semua orang banting tulang agar tetap bisa menyambung hidup sehari-hari. Ada banyak usaha yang bisa kamu geluti, mulai dari bisnis gorden, bisnis donat rumahan, dan banyak lagi.

Salah satu usaha yang kerap dipilih adalah usaha tanaman. Tak dipungkiri, bahwa baik di perkotaan atau di pedesaan, semua tentu mempunyai lahan yang bisa ditanami, terlepas dari ukuran besar atau kecilnya. 

Namun, karena kreatifnya masyarakat saat ini, tampaknya kondisi lahan sudah tidak lagi menjadi masalah, karena sudah banyak yang mencoba usaha bisnis tanaman hanya dengan bermodalkan lahan yang sempit. 

Hal ini karena memang banyak kok tumbuhan yang bisa ditanam meski di lahan yang sempit. 

Usaha Tanaman yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Apakah kamu sudah tahu tanaman apa? Yuk simak beberapa tanaman yang menguntungkan yang bisa kamu tanam di lahan yang sempit.

1. Cabai Merah

Tumbuhan pertama ada cabai merah merah. Ya selain bisa kamu gunakan sendiri, cabai juga bisa loh kamu manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi keuangan. Apalagi mengingat banyak masyarakat Indonesia yang menyukai makanan bercita rasa pedas. Tentu, ini menjadi sebuah peluang besar bagi kamu yang ingin menanam cabai. Salah satu teknik yang bisa kamu gunakan adalah dengan hidroponik. 

2. Terong

Tanaman yang Menguntungkan di Lahan Sempit
Tanaman yang Menguntungkan di Lahan Sempit (Terong)

Tanaman yang mengandung berbagai zat bagus bagi tubuh bisa menjadi pilihan tepat untuk jenis tanaman yang bisa kamu tanam, contohnya adalah terong. Dengan kandungan mineral, kalsium, dan vitamin di terong membuatnya kerap dicari banyak orang. 

Baca juga:

Maka, sudah waktunya kamu menanam terong dengan modal lahan yang sempit di rumah. 

Kamu hanya perlu memperhatikan suhu tanaman terong ini, kisaran 22-30 derajat, karena memang ini menjadi syarat utama tumbuhan terong agar hasilnya bisa maksimal.

Setelah merawatnya, kamu bisa langsung panen sekitar 3-4 bulan berikutnya, dengan waktu panen hingga berusia 5-6 bulan.

Apakah kamu sedang mencari bisnis lainnya? Cobain deh bisnis catering, yuk cek di sini: Cara Memulai Usaha Catering Pernikahan.

3. Sawi Hijau

Contoh tanaman yang menguntungkan yang kedua ada sawi hijau. Yap, bertani dengan menanam pohon sawi hijau tentu sangat menguntungkan, dan tanaman ini memang sudah terkenal dengan tumbuhan yang mudah ditanam di lahan yang sempit, ditambah lagi cara menanamnya yang mudah, cepat panen, dan harganya yang terjangkau. Waktu tumbuhnya bahkan tak sampai satu bulan.

Untuk menanam tumbuhan satu ini, kamu bisa menanamnya di lahan sempit, misalnya samping rumah. Bahkan, sudah banyak yang membuktikan sendiri, betapa menyenangkan dan menguntungkannya bertanam sawi hijau di rumah.

4. Kangkung

Selain singkong, salah satu tumbuhan sayuran yang mudah ditanam adalah kangkung. Bagi kamu yang terbiasa, tentu tahu betapa mudahnya menanam pohon satu ini. Selain mudah ditanam, kangkung juga bisa membuat kamu menuai keuntungan yang banyak dalam waktu yang singkat, karena kangkung hanya membutuhkan waktu 4-6 minggu untuk dipanen. Kerenkan?

5. Tomat

Tanaman yang Menguntungkan di Lahan Sempit
Tomat adalah Tanaman yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Apakah kamu pecinta tomat? Jika ya, tak ada salahnya untuk mencari keuangan dari tumbuhan yang kamu cintai ini. Mulai sekarang, kamu bisa menanam tomat sebagai bentuk kecintaan yang bisa menghasilkan uang loh. Kamu bisa menanamnya dengan mudah. Cukup pastikan saja, bahwa pohon tomat yang kamu tanam berada di tanah yang selalu basah. Iyup tomat bisa menjadi pilihan untuk mencoba menanam tanaman yang menguntungkan di lahan sempit.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Gorden

6. Bayam

Usaha tanaman yang menguntungkan di lahan sempit selanjutnya adalah bayam. Yap, tanaman yang sangat bagus bagi tubuh karena kandungan zat besinya sangat cocok kamu tanam, karena permintaan pasarnya pasti selalu meningkat. Kamu bisa menanamnya sendiri dengan modal polybag.

7. Jamur Tiram

Usaha tanaman yang menguntungkan berikutnya adalah jamur tiram. Kamu bisa memulainya hanya dengan modal yang kecil. Kamu bisa memanfaatkan lahan yang sempit untuk menanam jamur tiram, karena memang tumbuhan satu ini sangat menjanjikan. Sampai saat ini, harga jamur terbilang mahal di pasaran.

8. Bawang Merah

Sebagai bahan utama bumbu dapur, menanam bawang terbilang cukup potensial sebagai tanaman menjanjikan uang untuk meraup keuntungan besar-besaran. So, tak ada salahnya jika kamu mencoba usaha dengan menanam sendiri bawang merah di pekarangan rumah. Kamu bisa memanfaatkan peralatan sederhana saja, misalnya polybag, tanahnya, bawang, hingga pupuk.

Itulah dia beberapa tanaman yang cukup menguntungkan dan bisa kamu tanami dengan modal lahan yang sempit saja di sekitar rumah. Sebenarnya ada banyak lagi usaha perkebunan yang paling menguntungkan. Apalagi jika daerah kamu memang penghasil tanaman tertentu, tentu pembeli (toke) juga sudah banyak seperti bapak saya yang punya perkebunan karet. Yuk mulai menanam sendiri dan raup keuntungannya. Sekian artikel mengenai tanaman yang menguntungkan di lahan sempit dari Wong Cerdas. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar