Syarat menjadi Agen Gas Elpiji 3 Kg dan Panduan Pendaftaran

Syarat menjadi agen gas elpiji 3 Kg sangat mudah dan tidak ribet. Pertamina membuka peluang usaha bagi masyarakat yang berminat dan tertarik menyalurkan gas elpiji tersebut. Usaha ini mudah dijalankan di rumah cocok untuk kamu yang ingin merambah usaha di bidang energi. 

Pendaftaran agen elpiji 3 kg bisa dilakukan di website resmi pertamina. Namun, sebelum mendaftar sebagai agen elpiji 3 kg, sebaiknya ketahui persyaratan, dokumen, serta modal yang harus disiapkan.

Cara menjadi agen resmi dibawah naungan PT Pertamina ini mempunyai banyak keuntungan. Salah satunya kamu bisa mendapatkan harga gas Elpiji 3 Kg dari Pertamina dengan harga yang jauh lebih murah dari eceran. 

Syarat menjadi Agen Gas Elpiji 3 Kg

Bagi kamu yang tertarik menjadi agen elpiji 3 kg, pemasarannya nanti akan ditentukan kuotanya oleh pemerintah. Kamu bisa daftar online agen lpj dengan mudah dan cepat. Namun, kamu harus menyiapkan persyaratannya. Berikut syarat menjadi agen gas elpiji 3 kg yang harus kamu ketahui:

  1. Kamu harus mempunyai bentuk usaha Perseroan terbatas atau koperasi. Ini merupakan syarat utama.
  2. Terdapat 2 macam calon mitra agen elpiji yakni eks agen  minyak tanah subsidi dan non eks agen minyak tanah subsidi. 
  3. Selanjutnya, kamu bisa mengajukan permohonan dengan cara melengkapi formulir. Isi data tersebut dengan benar.
  4. Setelah itu, daftar agen lpj pertamina dengan cara online. Pastikan bahwa kamu memakai email yang masih aktif karena nomor registrasi akan dikirimkan via email. Selain itu, password yang digunakan harus diingat.  Usaha kamu sebagai agen elpiji nantinya dibatasi dalam menjual elpiji yakni minimal 1000 kg dalam sehari.
  5. Siapkan data yang digunakan untuk mengisi formulir yakni email yang masih aktif, password yang gampang diingat, nama perusahaanmu yang kamu jadikan agen elpiji, alamat lengkap dan nomor telepon perusahaan, serta alamat gudang yang dipakai sebagai tempat penyimpanan tabung gas.
  6. Jika data diatas sudah kamu isi, maka dokumen yang tak kalah penting yang harus kamu siapkan adalah akta pendirian usaha terkhusus untuk yang memilih usaha eks agen minyak tanah subsidi, KTP pimpinan yang tertera di akta pendirian usaha.
  7. NPWP perusahaan untuk perusahaan yang tergolong eks perusahaan, rencana area pemasaran, surat keterangan kemampuan membeli tabung gas lpj 10 ribu unit, untuk eks agen resmi minyak tanah pertamina, serta surat yang berisi akan bersedia mematuhi aturan pemerintah daerah setempat.

Nah, begitulah syarat menjadi agen gas elpiji 3 kg yang mudah. Sekarang sudah pahamkan?

Proses Pendaftaran Online

Syarat menjadi Agen Gas Elpiji 3 Kg
Syarat menjadi Agen Gas Elpiji 3 Kg

Jika semua dokumen dan data sudah dilengkapi semua, maka selanjutnya kamu bisa mendaftar cara menjadi agen gas elpiji rumahan secara online. Berikut langkah-langkah pengajuannya:

  1. Buka website resmi pertamina untuk mendaftar, lalu klik opsi info dan pilih Daftar Sekarang di bagian keagenan LPG. Ada dua opsi yang bisa dipilih yakni LPG PSO (bersubsidi) dan keagenan LPG Non PSO (tidak bersubsidi)
  2. Selanjutnya, kamu bisa memilih lokasi perusahaan berdasarkan alamat perusahaanmu.
  3. Berikutnya, lampirkan dokumen-dokumen yang meliputi surat kesepakatan kerjasama, perizinan pendirian usaha, perizinan gangguan, tanda pendaftaran perusahaan, surat rekomendasi, dan KTP.

Jika sudah mendaftar, maka data ketentuan dan syarat menjadi agen gas elpiji 3kg sudah masuk ke Pertamina. Nantinya, Pertamina akan menyeleksi agen yang sesuai. 

Ada dua pertimbangan penting diterimanya pengajuan tersebut yakni lokasi perusahaan dan keuangan perusahaan. Lokasi perusahaan, kamu bisa daftar agen gas elpiji 3 kg terdekat atau menjadikan lahan kosong sebagai tempat menjalankan usaha.

Modal  Awal yang Dibutuhkan Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg

Untuk menjalankan suatu usaha pastinya dibutuhkan modal, utamanya modal berupa uang. Untuk menjadi sub agen gas elpiji 3 kg juga dibutuhkan modal awal.  Estimasi biaya menjadi sub agen gas elpiji 3 kg setidaknya dibutuhkan modal awal sekitar 100 juta yang meliputi biaya pembelian tabung gas, sewa tempat usaha, biaya promosi, dan investasi. 

Itulah penjelasan lengkap tentang syarat menjadi agen gas elpiji 3 kg yang dilengkapi juga modal yang dibutuhkan untuk menjadi sub agen elpiji 3 kg. Usaha tabung gas ini dapat menjadi peluang besar dalam berbisnis, omzet yang didapat juga menjanjikan. Semoga membantu!

Bagikan:

Tinggalkan komentar