10 Sumber Sumber Peluang Usaha dan Contohnya

Usaha menjadi salah satu langkah yang bisa dilakukan seseorang untuk mendapatkan uang. Bahkan sekarang ini banyak orang yang memilih berwirausaha daripada menjadi karyawan pabrik, misalnya. Alasannya jelas karena menjadi pebisnis itu lebih bebas ketimbang jadi karyawan. Nah kalau kamu ingin berwirausaha, kamu harus memastikan sumber sumber peluang usaha terlebih dahulu.

Maksud saya, sebelum kamu mulai terjun ke dunia usaha, tentu yang perlu kamu cari terlebih dahulu yaitu peluang usahanya. Peluang usaha adalah apa yang bisa dilakukan dan dikembangkan menjadi usaha kamu, dan dari mana sumbernya. Berikut ini saya akan memberikan beberapa sumber sumber peluang usaha, beserta contoh dan ciri-cirinya.

Ciri-ciri Peluang Usaha

Sebelum lebih jauh saya mengulas mengenai sumber peluang usaha beserta contohnya, alangkah baiknya saya akan kasih tahu lebih dulu mengenai ciri-ciri peluang usaha. Mengetahui ciri-ciri peluang usaha ini penting jika kamu ingin memperkirakan peluang usaha yang potensial maupun yang tidak. Lalu apa saja ciri-ciri peluang usaha?

1. Memiliki Nilai Jual

Berbisnis adalah bagaimana kita bisa masuk ke dalam pasar. Sedangkan kalau kita mau masuk ke dalam pasar, kita memerlukan produk. Bukan sembarang produk tentunya, melainkan produk yang memiliki nilai jual. Produk yang punya nilai jual, apalagi tinggi pasti akan dengan mudah menemukan pembeli karena biasanya dibutuhkan.

2. Bukan Usaha Musiman

Jika kamu ingin membuka usaha, pastikan peluang yang akan kamu sikat itu bukanlah usaha musiman. Maksudnya usaha yang hanya akan laris sepanjang waktu tertentu. Misalnya sirup, biskuit, dan jajan lebaran. Ketiga itu adalah usaha musiman yang tentu saja hanya akan laris sepanjang Ramadan menjelang lebaran.

Baca juga:

3. Nyata

Peluang usaha itu nyata. Maknanya bukan sesuatu yang abstrak yang kamu tawarkan. Misalnya kamu menjual sesuatu yang enggak kelihatan. Ya siapa yang mau beli. Akan berbeda jika yang kamu jual itu sesuatu yang jelas dan nyata.

Sumber Sumber Peluang Usaha

Nah setelah saya kasih sedikit ciri-ciri peluang usaha, tibalah saya akan memberikan beberapa sumber sumber peluang usaha. Karena itu, kamu yang niat mau bikin usaha mestilah memperhatikan beberapa sumber peluang usaha internal dan eksternal berikut ini.

1. Keahlian

Keahlian kamu ternyata bisa dimanfaatkan buat usaha lho. Jika kamu punya keahlian tertentu, hal itu justru bisa menjadi sumber peluang usaha kamu yang utama. Misalnya kamu ahli dalam bidang desain grafis, maka kamu bisa membuka usaha percetakan atau ya freelancer desain misalnya.

Contoh yang lain lagi, kalau kamu punya keahlian di bidang menjahit, kamu bisa membuka jasa jahitan yang notabene sampai sekarang masih saja laris. Namun apa yang dilakukan kalau tidak punya keahlian? Pada dasarnya, saya meyakini bahwa setiap orang punya keahliannya masing-masing. Jadi kamu bukan enggak punya keahlian, tapi bisa jadi keahliannya belum tampak betul.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan keahlian kamu adalah dengan mendaftar kursus. Di luaran sana banyak kok kursus pelatihan yang bisa kamu masuki. Pilih saja mana bidang yang menurutmu paling kamu sukai. Misalnya kamu minat di bidang komputer ya kamu bisa masuk kursus komputer. Kemudian kamu nanti setelah selesai bisa langsung buka usaha sesuai kamu.

2. Hobi

Selain keahlian, hobi juga ternyata bisa menjadi sumber sumber peluang usaha lho. Kamu bisa mulai merintis usaha dari hobi yang kamu miliki. Sudah banyak para pengusaha yang memilih jalur hobi untuk mengembangkan kerajaan bisnisnya.

Kamu tentu mengenal sosok Bill Gates bukan? Ya, pria yang kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia itu ternyata memulai bisnis dari hobi yang dia miliki. Bill Gates muda hobi mengutak-atik komputer. Satu ketika, Bill Gates mendapati sistem operasi komputer yang pertama tidaklah efektif. Akhirnya ia menciptakan Windows dan Microsoft.

3. Latar Belakang Pendidikan

Kalau kamu tanya sebutkan sumber-sumber peluang usaha? Maka saya akan menjawab latar belakang pendidikan. Yup, mau bagaimanapun latar belakang pendidikan bisa menjadi sumber peluang usaha kamu lho. Contohnya jika kamu sekolah SMK, kamu bisa langsung buka usaha sesuai dengan jurusan SMK.

4. Kebutuhan Rumah Tangga

Sumber Sumber Peluang Usaha
Sumber Sumber Peluang Usaha

Kebutuhan rumah tangga bisa menjadi salah satu sumber sumber peluang usaha kamu lho. Perlu diingat, kebutuhan rumah tangga ini tiap hari sangat dibutuhkan oleh warga. Misalnya barang-barang kayak sampo, sabun, sikat gigi, dan masih banyak lagi. Di situ kamu bisa membuka semacam toko kelontong.

5. Otomotif

Buat kamu yang suka di dunia otomotif, jangan kamu sia-siakan kesukaanmu itu. Sebab otomotif bisa menjadi sumber peluang usaha kamu. Misalnya, dengan menguasai dan berkecimpung di dunia otomotif, kamu bisa menjajal untuk membuka bengkel.

6. Perkembangan Zaman

Jangan salah, perkembangan zaman bisa menjadi salah satu dari sumber sumber peluang usaha lho. Saya pernah dengan sebuah pepatah bahwa orang yang bisa bertahan hidup adalah mereka yang bisa beradaptasi. Hal ini termasuk juga dalam urusan usaha. Banyak sekali peluang usaha dari perkembangan zaman. Misalnya setiap orang butuh kuota, kamu bisa jualan kuota atau kamu bisa membuka wifi area.

7. Mahasiswa dan Pelajar

Selain sumber sumber peluang usaha di atas, ternyata mahasiswa dan pelajar juga bisa menjadi sumber peluang usaha lho. Mereka ini adalah pasar yag sangat potensial. Setiap tahun bahkan jumlahnya makin banyak. Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan adalah dengan menawarkan mahasiswa jasa konsultasi skripsi atau menawarkan jasa pengetikan untuk para pelajar.

8. Informasi

Banyaknya informasi ternyata bisa menjadi sumber usaha lho. Orang pada zaman sekarang ini sangat membutuhkan informasi. Terutama informasi-informasi yang valid alias dapat dipercaya. Nah kamu bisa masuk ke situ dengan cara mendirikan kanal informasi, macam website. Dan kamu bakal dapat uang dari sana.

9. Traveling

Traveling bisa menjadi sumber peluang usaha yang sangat menggiurkan. Sederhananya begini, orang membutuhkan liburan, dan situlah mereka yang kreatif akan menawarkan usaha mereka ke traveler atau orang yang hendak berlibur. Misalnya dengan menyediakan jasa tour and travel.

10. Lingkungan

Saya akan jelaskan sumber peluang usaha yang berasal dari lingkungan. Kalau diperhatikan,  banyak sekali sumber sumber peluang usaha dari lingkungan. Contohnya saja seorang Bob Sadino yang konon memulai bisnisnya dengan memanfaatkan ayam tetangganya, dan dijual telurnya ke kaum ekspatriat.

Unsur-Unsur Peluang Usaha

Sebelum memulai usaha, ada unsur-unsur yang perlu kamu punya. Yaitu di antaranya berpengalaman, mempunyai sikap dan pantang menyerah, mampu,  dan tentu saja yang terakhir kamu harus mempunyai modal. Tanpa keempat unsur tersebut bukan tidak mungkin kalau usaha kamu justru bakal gagal.

Struktur Peluang Usaha

Setelah mengetahui beberapa sumber peluang usaha dan kamu sudah mempunyai unsur-unsurnya, yang perlu kamu lakukan terhadap usahamu adalah membikin semacam struktur. Karena tanpa struktur manajemen bisnis tidak akan berlangsung maksimal.

Itulah tadi beberapa sumber sumber peluang usaha yang bisa kamu kembangkan. Saran saya, jika kamu sudah memilih salah satu dari yang saya sebutkan itu, kamu harus mulai fokus. Enggak usah berpaling ke yang lainnya. Eaaa…

Bagikan:

Tinggalkan komentar