50 Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal dan Internal

Sumber peluang usaha dari faktor eksternal dan juga internal bisa kamu jadikan bahan untuk memicu berbagai ide bisnis yang mungkin sangat menjanjikan. Apalagi bagi kamu yang seringkali kebingungan mau usaha apa dan ingin terjun dalam bidang apa, kedua sumber ini akan sangat bermanfaat untukmu. 

Sumber peluang usaha internal dan eksternal bisa dengan mudah kamu temukan lantaran beberapa contoh diantaranya bisa kamu dapatkan dari dirimu sendiri dan juga dari lingkungan sekitar. 

Misalnya saja, ketika kamu ingin mencari usaha dari sumber peluang usaha dari faktor eksternal, kamu bisa lihat ke sekelilingmu atau lingkunganmu, apakah di sana terdapat masalah yang pelik atau tidak. 

Katakanlah, kamu sering menemukan banyak warga yang mengeluh lantaran WC atau kakusnya macet. Nah, dengan berbagai keluhan itu, kamu bisa kok buka usaha sedot WC dan menawarkan jasamu. 

Setelah berjalan cukup lama, barulah kamu harus melakukan langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha meliputi penambahan armada sedot WC, penambahan layanan, perekrutan tenaga ahli, dan lain sebagainya agar usaha sedot WC-mu bisa semakin besar dan makin cuan. 

Nah, bagi kamu yang masih penasaran dan ingin banget tahu penjelasan lebih lengkap tentang sumber peluang usaha dari faktor eksternal dan internal, simak saja ya. Mungkin uraian berikut ini bisa membantumu. 

Apa Itu Usaha dari Faktor Eksternal dan Internal?

Ketika kamu menemukan pertanyaan tentang bagaimana cara menganalisis sumber peluang usaha? Kamu bisa menjawabnya dengan enteng dan sedikit cengar-cengir memakai dua jawaban analisis yakni menganalisis peluang usaha dari faktor internal dan juga eksternal. 

Kalaupun nanti disuruh menjelaskannya, kamu tak perlu risau dan juga khawatir. Jawab saja seperti yang akan dijelaskan berikut ini. 

Sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah sumber peluang usaha yang kemunculannya didasarkan pada lingkungan sekitar ataupun orang lain. Jadi, seluruh ide, pengembangan, dan aktivitas usaha yang dilakukan memang ditujukan untuk mengatasi masalah dan menjawab tantangan lingkungan sekitar maupun orang lain.

Sedangkan Sumber peluang usaha dari faktor internal adalah kebalikannya, yakni sumber peluang usaha yang kemunculannya didasarkan pada diri sendiri yang dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. 

Sudah kelihatan perbedaannya? Jika sudah, hayu atuh di gas aja langsung buat penjelasan lebih rincinya agar ketika ditanyakan atau disuruh membuat tugas ini, kamu bisa segera menjawabnya. 

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sumber peluang usaha dari faktor eksternal merupakan peluang yang muncul dengan dasar problem atau masalah di lingkungan sekitar dan juga orang lain. Faktor-faktor yang biasanya menjadi sumber eksternal peluang usaha, akan dijelaskan berikut ini:

1. Masalah dan Fenomena di Sekitar

Sebelumnya contoh peluang usaha eksternal telah dijelaskan di atas yakni dengan mengetahui dan langsung menjawab problem dari lingkungan sekitar saja. Misalnya, ketika banyak warga sekitar yang kesusahan mengatasi WC mampet, kamu bisa langsung memberi solusi dengan membuka usaha sedot WC. 

Tapi tak hanya itu, masih ada contoh lain sumber peluang usaha dari faktor eksternal seperti:

  1. Membuat biofilter untuk menjernihkan air di lingkungan sekitar. 
  2. Membuat sumur resapan untuk mengurangi risiko banjir. 
  3. Jasa pembuatan terasering untuk mencegah longsor. 
  4. Penyediaan pupuk ramah lingkungan/kompos untuk menjaga kealamian dan produktivitas tanah. 
  5. Menyewakan jasa mesin bor air untuk pengairan atau irigasi lahan persawahan. 

Itu hanya sebagian contohnya saja. Sederhananya, kamu perlu mencari apa saja problem yang mungkin ada di sekitarmu untuk kemudian menjadikannya sebagai pemantik ide untuk usaha yang digeluti. 

2. Permintaan Pasar

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal
Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal

Sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang kedua adalah mendasarkannya pada permintaan pasar. Kamu hanya perlu mencari apa saja yang paling banyak dicari di pasaran. Setelah itu, sediakan apa yang memang dibutuhkan.

Misalnya saja, di pasaran permintaan motor bekas sangat tinggi karena banyak masyarakat yang enggan membeli kendaraan baru dengan sistem kredit atau cash. Hal ini bisa loh kamu jadikan ide untuk bikin usaha. Kalau masih kurang, silakan simak beberapa contoh sumber peluang usaha dari faktor eksternal berikut ini:

  1. Menjual buku bekas. 
  2. Menjual barang-barang antik. 
  3. Menjual sembako. 
  4. Membuka industri mebel. 
  5. Menyediakan lahan produktif untuk ditanami berbagai jenis tanaman pokok. 

Baru lima doang, sih. Tapi, lumayan ngerti kan jenisnya seperti apa saja? 

3. Kondisi Lingkungan

Ini hampir sama sih dengan poin pertama, yakni masalah ataupun fenomena yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar. Tapi jika memang harus menambahkan contoh sumber peluang usaha dari faktor eksternal, nggak masalah karena memang gampang kok cari idenya:

  1. Mendirikan bengkel untuk masyarakat yang butuh perbaikan kendaraan bermotor. 
  2. Menyediakan jasa cuci sepeda motor dan mobil. 
  3. Membuka toko kelontong untuk menjual kebutuhan sehari-hari. 
  4. Menjual aksesoris otomotif. 
  5. Membuka jasa tambal ban. 

Tuh kan gampang banget contohnya. Kalau tertarik, kamu boleh banget pakai idenya, gratis kok, santai. 

4. Pemikiran dan Pendapat Orang Lain

Khusus bagi yang suka nongkrong atau yang suka ngobrol dengan orang lain, apa saja yang diobrolkan ternyata bisa menjadi sumber peluang usaha dari faktor eksternal, loh. Misalnya saja  ada temanmu yang butuh jasa service HP karena smartphone-nya rusak, itu bisa kamu jadikan peluang usaha dengan membuka jasa service HP. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa melakoni beberapa ide usaha berikut ini:

  1. Membuka warteg.
  2. Membuka konter pulsa dan layanan pembayaran token listrik. 
  3. Memberikan layanan pasang wifi murah. 
  4. Menawarkan jasa bersih-bersih halaman. 
  5. Menawarkan jasa fotocopy kilat. 

Sederhananya, kamu perlu mendengarkan lebih banyak dibandingkan berbicara. Dengan mendengarkan lebih banyak, ide kamu untuk menggeluti usaha tertentu bisa jadi melimpah. Caranya, hanya dengan menjawabnya menggunakan aksi nyata dan langsung bikin saja usahanya. 

5. Kebutuhan yang Belum Terpenuhi

Yup, hampir sama juga sih poinnya. Kebutuhan yang belum terpenuhi bisa dari teman-teman dekatmu atau dari masyarakat secara keseluruhan. Contohnya gini:

  1. Menjadi supplier lele ke pasar. 
  2. Menjadi petani cabai.
  3. Menjadi peternak ayam. 
  4. Membudidayakan ayam petelur. 
  5. Beternak kelinci.

Pokoknya apa saja yang dibutuhkan pasar tapi belum tersedia, kamu yang menyediakan. Udah tenang saja, nanti bakal laku kok karena ada yang memang mencarinya. 

Contoh sumber peluang usaha dari faktor eksternal, kurang lebih seperti yang telah disebutkan di atas. Sekarang pindah lagi nih ke materi baru. 

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Internal

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal
Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal dan Internal

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa contoh sumber peluang usaha dari faktor eksternal, sekarang dari kebalikannya nih, jadi sumber peluang usaha dari faktor internal. Pengertiannya sudah paham banget dong pastinya? 

Kalau belum, ambil saja pengertian sederhananya yakni sumber usaha yang didasarkan pada diri sendiri atau kemampuan pribadi. Ada banyak juga contohnya. Berikut ini akan diberikan secara lengkap. 

1. Pengalaman dari Diri Sendiri

Salah satu hal yang bisa kamu jadikan sumber peluang usaha adalah dari pengalaman diri sendiri. Nantinya, kamu harus meneliti apa saja yang pernah kamu alami dan mungkin bisa jadi ide untuk bidang usaha kamu. 

Misalkan saja, saya dulu pernah tuh setelah liburan, ban motor malah kempos di tengah hutan. Mana udah malem banget. Nah, saya dan beberapa teman yang kebetulan barengan, akhirnya mencari tempat tembel ban atau pompa ban. Singkatnya, saya baru menemukan tempat tersebut dengan jarak yang lumayan jauh dari tempat wisata. 

Nah, hal tersebut bisa dijadikan ide usaha menjadi tembel ban dengan lokasi yang dekat dengan tempat wisata. Gitu. Bagi yang kurang, nih contoh lainnya:

  1. Jasa joki skripsi bagi mahasiswa yang malas. 
  2. Jasa joki tugas bagi mahasiswa yang mageran. 
  3. Berjualan buku bekas untuk mempermudah teman kuliah mendapatkannya. 
  4. Menjual kunci jawaban ujian nasional. 
  5. Membuka usaha pengiriman buah-buahan khas daerah. 

Kalau alasannya kenapa harus beberapa usaha di atas, tentu bisa dong pakai alasan sendiri? Masa iya mau didulang mulu. Tapi kalau memang ingin contoh lebih masih banyak kok, tenang saja. 

2. Pengetahuan dan Proses Belajar

Pengetahuan serta proses belajar juga merupakan sumber peluang usaha. Ini bisa saja didasarkan dari latar pendidikan kamu. Misalnya nih, kamu dari mahasiswa sejarah. Tapi saat ini masih banyak orang yang belum melek sejarah. Bidang usahanya, kamu bisa kok bikin aplikasi khusus yang isinya foto-foto, cerita, ataupun buku sejarah. 

Nantinya masyarakat bisa kamu ajak belajar melalui aplikasi tersebut. Selain itu, mungkin ada yang dari jurusan lainnya. Bagi yang lain, nih contohnya:

  1. Jadi web developer. 
  2. Buka praktek mandiri untuk layanan kesehatan masyarakat. 
  3. Membuat software akuntansi. 
  4. Membuat website khusus pegiat sastra. 
  5. Bikin usaha modifikasi motor. 

Itu contoh kecilnya saja. Kamu bisa mengembangkannya lebih lanjut, kok. 

3. Keahlian 

Kalau yang nempel banget pada diri sendiri dan bisa dijadikan usaha, apalagi kalau bukan keahlian. Jadi, walaupun misalnya nih, keahlian kamu beda dari latar pendidikan, nggak ada masalah jika memang membuka usaha berdasarkan hal tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Jasa reparasi laptop rusak. 
  2. Jasa modifikasi mobil. 
  3. Jasa merakit komputer. 
  4. Perakitan mobil RC. 
  5. Membuat tim balap motor resmi. 

Jangan diremehkan. Beberapa usaha di atas memang jarang terlihat, tapi justru itu yang biasanya sangat menguntungkan. Salah satu contohnya perakitan RC. Itu gede banget pasarnya, mulai dari bocil sampai orang dewasa juga masih banyak yang menggemarinya. Nggak percaya? Cobain dah. 

4. Hobi ataupun Passion

Paling mantap sih hobi atau passion yang bisa dijadikan pekerjaan. Bebas banget dan memang menjadi kebahagiaan sendiri bagi kamu yang bekerja sesuai dengan passion ataupun hobimu. Contohnya:

  1. Bikin tim fotografi
  2. Writerpreneur
  3. Blogger
  4. Vlogger 
  5. Traveller 

Dan ya banyak banget lah kalau bicara hobi sama passion tuh. Cari saja hobi dan passionmu dan jadikan ia pekerjaanmu. Dengan itu, hidupmu bakalan bahagia dan asyik banget karena mengerjakan hal yang disukai. 

5. Intuisi

Siapa yang menyangka bahwa intuisi bisa jadi sumber peluang usaha internal? Jangan salah loh. Kalau intuisi bisnismu memang sudah tajam, biasanya keputusan yang diambil akan membawa keberuntungan. Contoh usahanya gini:

  1. Bikin pasaraya 
  2. Bikin aplikasi kesehatan
  3. Jualan masker
  4. Jualan jamu instan
  5. Menjadi motivator

Serta beberapa hal lain yang memang muncul dari intuisimu sendiri. Bebas saja mau di bidang usaha apa, selama itu merupakan keahlian, kemampuan, passion, dan yang sejenisnya, kamu bisa kok langsung memulainya. 

Nah, itulah beberapa penjelasan yang mungkin agak panjang tentang sumber peluang usaha dari faktor eksternal dan juga faktor internal yang mungkin bermanfaat bagimu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar