Cari Tahu Strategi Marketing Instagram yang Kekinian!

Mayoritas masyarakat di dunia, terutama di Indonesia, menggunakan media sosial instagram. Sebagai sarana yang memberikan kesempatan para penggunanya untuk berbagi foto dan video, tak heran jika instagram masih populer hingga kini.

Instagram pun sering dimanfaatkan untuk berjualan, sehingga tak heran apabila tips and trick strategi marketing instagram tersebar di mana-mana. Untuk artikel kali ini, Wong Cerdas akan berbagi kepada sobat sekalian tentang strategi marketing Instagram. Yuk, kita simak bareng-bareng!

Cara Memasarkan Produk di Instagram

Barangkali sobat Wong Cerdas sudah tidak asing lagi dengan kenalan atau orang lain yang kerap mempromosikan produk usahanya di instagram. Seiring dengan itu, konten informasi tentang strategi pemasaran melalui instagram pun pasti sudah sering sobat jumpai pula.

Hal ini tentunya bisa dimengerti, mengingat instagram merupakan salah satu media sosial dengan lalu lintas terpadat di dunia maya. Tak jarang, marketing yang dilakukan pun berhasil menggaet konsumen dan pengikut lebih banyak. Meski demikian, keberhasilan tersebut bukan sesuatu yang instan, bukan?

1. Pelajari Cara Pemasaran Akun Lain

Sobat bisa intip – intip ke akun – akun jualan lain sebagai inspirasi. Dari situ, perhatikan apa saja yang mereka gunakan sebagai strategi marketing instagram.

Misalnya seperti apa template untuk feed postingan mereka, promo apa saja yang diberlakukan, bagaimana model instagram story yang mereka unggah, dan sebagainya.

2. Buatlah Postingan Pertamamu Menarik

Postingan pertama dari akun jualanmu bisa berupa pengenalan logo dan jenis produk yang akan dijual. Misalnya, sobat bisa melakukan ini dengan model countdown menjelang hari-H dibukanya usaha ini.

Apabila sobat berencana mengadakan promo grand opening, bisa banget dengan memberikan bocoran akan adanya promosi tersebut.

3. Rajin Unggah Instagram Story Setiap Hari

Dengan rajin mengunggah instagram story setiap hari, orang – orang akan tahu bahwa akun jualan sobat senantiasa aktif. Hal ini dapat meyakinkan orang lain bahwa usaha yang sobat pasarkan adalah nyata dan siap melayani konsumen secara rutin.

4. Isi Biodata Akun dengan Alamat, Kontak, dan Informasi Lain yang Dibutuhkan

Hal ini supaya pengguna yang mengunjungi akun jualanmu bisa langsung mengerti alamat, kontak, dan informasi lain dari usahamu. Dengan demikian, mereka dapat dengan lebih mudah menghubungi atau mengunjungi langsung gerai yang sobat miliki.

Strategi Konten Instagram yang Menarik

strategi marketing instagram
Strategi Marketing Instagram

Siapapun bisa melakukan pemasaran di instagram, tetapi tidak semuanya dapat menonjolkan konten yang memikat perhatian pengguna lain. Berikut ini kami akan menunjukkan strategi marketing online instagram yang menarik.

1. Gunakan Hashtag Pada Caption di Setiap Postingan

Hashtag atau tagar berfungsi agar postingan yang sobat unggah dapat masuk ke kelompok atau himpunan tertentu. Sebagai contoh, apabila usaha sobat menjual snack khas Yogyakarta dan pada setiap postingan sobat menyertakan tagar #jajananjogja, maka saat seseorang mencari atau mengikuti tagar tersebut, besar kemungkinan postingan akun sobat ikut muncul.

Dengan menggunakan tagar akan meningkatkan potensi lalu lintas para pengguna instagram untuk berkunjung ke akun jualan sobat.

2. Tentukan Template Postingan dan Logo yang Menarik dan Original

Tujuan pembuatan template untuk postingan sobat supaya feed lebih  rapi dan enak dipandang, sedangkan logo berfungsi sebagai identitas khusus atau ciri khas bagi usaha dan produk yang sobat jual. Ingatlah agar template dan logo yang dibuat tidak meniru dari akun lain, ya!

3. Minta Akun Publik untuk Mempromosikan Usahamu

Ada banyak akun – akun publik yang berisi informasi – informasi atau kabar kepada publik. Beberapa akun berfokus pada bidang informasi tertentu, misalnya @jajansolo yang berisi informasi kuliner di Surakarta.

Nah, sobat bisa banget meminta akun publik seperti itu untuk mempromosikan produk sobat, baik dengan cara mengirimkan direct message maupun menyebut nama akun di instagram story atau postingan sobat.

4. Sesekali Adakan Promo Spesial atau Diskon

Hal ini merupakan salah satu yang paling ditunggu oleh konsumen. Tentunya, apabila sobat akan memberlakukan promo spesial atau diskon, maka sobat harus terlebih dahulu memperhitungkan kelebihan dan kekurangan, serta tentukan berapa lama masa berlakunya, ya!

5. Selingi dengan Games atau Kuis

Ini merupakan salah satu unsur trivial yang sebenarnya tidak wajib ada. Namun, tidak ada salahnya untuk sesekali “mengakrabkan” diri dengan publik melalui kuis atau permainan kecil – kecilan.

Contoh Konten Promosi di Instagram

Dengan maraknya akun jualan di instagram, barangkali sobat akan mudah menemukan contoh-contoh konten promosi. Ambil saja contoh akun @sosis_pojokbeteng, yakni usaha yang menjual oleh-oleh khas Surakarta yakni sosis solo.

Akun ini rajin mengunggah postingan dan instagram story seperti kuis kecil-kecilan, giveaway, dan repost dari story orang lain yang menyebut nama akun usaha ini. Tambah lagi, akun ini memiliki template khusus berwarna kuning yang menambah kekhasan, konsistensi, dan kerapian feed instagram mereka.

Contoh lainnya adalah akun @burgerax_id yang kerap unggah postingan dan story serta mencantumkan berbagai highlights. Salah satunya adalah daftar yang mereka sajikan.

Dengan mengunjungi kedua akun di atas serta berbagai akun lainnya yang tersebar di instagram, barangkali bisa jadi referensi untuk merancang dan menjalankan strategi marketing di instagram milik sobat.

Strategi Marketing Instagram yang Penting untuk Dilakukan

Hal ini merupakan sesuatu yang tidak boleh sobat lupakan dalam hal strategi marketing instagram, karena

1. Tidak Secara Terang-terangan Menjatuhkan Produk Lain

Strategi marketing jualan di instagram yang sobat lakukan memang harus diusahakan menarik, tetapi jangan sampai menjatuhkan nama baik produk lain yang serupa. Meski pada kenyataannya praktik semacam ini masih lumrah, secara etika hal ini tidak diperbolehkan.

2. Yakinkan Publik Bahwa Produkmu Layak untuk Dibeli

Nah, daripada secara terang – terangan menjatuhkan produk lain, sebaiknya sobat berfokus untuk meningkatkan mutu produk yang sobat miliki. Misalnya, jika usaha sobat adalah makanan, maka yakinkan publik bahwa dengan harga yang ada maka mereka akan mendapatkan rasa yang memuaskan dan bikin kangen.

3. Tidak Plagiat

Konteks plagiat di sini maksudnya seperti peniruan logo atau caption yang mirip dengan milik akun lain. Jangan lakukan ini karena hal tersebut bisa termasuk pelanggaran hak milik. Lagipula, tidakkah sobat lebih puas jika bisa memiliki identitas original sendiri?

4. Konsisten dan Terus Belajar

Mungkin di awal masa promosi, belum tentu akun jualan sobat akan ramai pengikut. Namun jangan menyerah! Tetap konsisten dalam mengunggah story dan postingan yang memasarkan produk sobat, sembari belajar lebih banyak dari internet dan akun-akun lainnya.

Bagaimana Cara Kita Tahu Kalau Strategi Marketing Instagram yang Dilakukan Berhasil?

Hal ini bisa diketahui apabila sobat rutin mendapatkan pesanan yang diiringi dengan meningkatnya jumlah pengikut instagram. Selain itu, keberhasilan strategi marketing instagram sobat bisa dilihat dari peningkatan jumlah penonton instagram story.

Pertanyaan Tentang Instagram Marketing

Barangkali beberapa pertanyaan umum di bawah ini terlintas di pikiran sobat apabila kita membicarakan tentang strategi marketing instagram. Kita simak, yuk!

1. Mengapa Media Sosial Dapat Digunakan untuk Pemasaran Online?

Situs pemasaran online semakin populer di masyarakat Indonesia. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, dan Lazada. Meski demikian, tak bisa dimungkiri bahwa tingkat keaktifan masyarakat di media sosial bisa dikatakan lebih ramai.

Tingginya keaktifan ini bisa menjadi kesempatan bagi sobat untuk melakukan promosi produk, sehingga meningkatkan kemungkinan iklan sobat dilihat oleh pengguna lain. Strategi marketing di instagram dapat menjadi salah satu unsur penting untuk membantu sobat Wong Cerdas sekalian yang ingin mencoba pemasaran di media sosial tersebut.

2. Apakah Akun Instagram Bisnis Mempunyai Pengaruh?

Akun bisnis berbeda dengan akun pribadi. Dengan mendaftarkan akun jualan sobat sebagai akun bisnis, maka sobat berkesempatan lebih besar untuk memanfaatkan fitur iklan seperti instagram ads dan kategorisasi toko di instagram. Tentunya, pemanfaatan fitur yang disediakan untuk periklanan ini membutuhkan biaya.

Akun bisnis juga menyediakan isian alamat dan kontak di bagian biodata. Hal ini akan membuat biodata akun jualan sobat cenderung terlihat lebih rapi, bukan?

Peluang sobat untuk menggaet lebih banyak konsumen pun akan semakin tinggi. Menjadikan akun jualan sobat sebagai akun bisnis, tentu merupakan salah satu strategi marketing instagram yang patut dipertimbangkan, meskipun bukan sesuatu yang wajib.

3. Berapa Target Postingan Pertama Pada Akun Instagram?

Sebagai awalan, akun jualan sobat sudah harus menginformasikan minimal jenis produk apa saja yang akan dijual, yang mana akan lebih baik lagi jika didampingi dengan logo yang sudah sobat buat.

Apabila usaha sobat sudah mulai berjalan, maka bagikan secara lebih rinci apa saja produk yang tersedia beserta harganya. Jangan lupa agar sobat menginformasikan alamat, kontak, dan aksesibilitas usaha sobat dengan konsumen. Dengan demikian, konsumen bisa mengetahui apakah usaha sobat ini menerima sistem pesan-antar, pesanan jarak jauh, makan di tempat, dan sebagainya.

Pada awal perilisan usaha, barangkali masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan usaha kita, sehingga ada kemungkinan postingan pertama kita tidak begitu ramai.

Dengan demikian, sobat harus mencoba untuk promosi secara panas untuk meningkatkan marketing di awal – awal perilisan usaha. Hal ini untuk meningkatkan jumlah pengikut akun sobat dan konsumen yang berpotensi akan melarisi produk jualan sobat.

Nah, sekian dulu artikel tentang strategi marketing instagram dari kami. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu sobat, ya! Jangan lupa ikuti terus perkembangan artikel di wongcerdas.com!

Bagikan:

Tinggalkan komentar