Yuk, Pelajari Strategi Marketing Gojek Ini

Di awal kemunculannya, memang banyak yang tidak yakin terhadap Gojek. Tapi sekarang, siapa dan tukang ojek mana yang tidak ingin menjadi salah satu mitranya? Apalagi saat Gojek lagi berkembang pesat. Uang yang bisa didapatkan oleh mitranya lumayan tinggi. Semua ini, bisa jadi karena digunakannya strategi marketing Gojek.

Marketing atau yang biasa kita kenal dengan pemasaran, memiliki peran penting dalam berkembangnya suatu perusahaan. Strategi Gojek dalam bersaing dengan beberapa aplikasi sejenis, salah satunya tentu menggunakan strategi marketing yang ciamik hingga ia bisa dikatakan sebagai aplikasi penyedia jasa ojek dan keperluan lainnya yang terbesar di Indonesia.

Sering kita dengar, bahwa dulu Pak Nadiem Makariem berhasil menghijaukan Jakarta, dan bahkan Indonesia. Hal ini tentu bikin para pesaingnya kepanasan. Memakai strategi yang sama untuk memasarkan produk yang dimiliikinya. Di artikel ini, akan dibahas mengenai apa yang dijadikan sebagai strategi marketing Gojek hingga menjadi perusahaan sebesar sekarang.

Tentu hal ini juga membuat kamu penasaran, strategi macam apa sih yang digunakan? Namun sebelum itu, lebih baik kamu memahami hal fundamentalnya terlebih dahulu agar semakin mengerti tentang strategi marketing atau pemasaran. Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Strategi Marketing?

Pertama, kamu harus mengerti dulu tentang apa itu strategi marketing. Hal ini bisa didefinisikan sebagai rencana pemasaran komprehensif yang dibuat untuk menjangkau banyak orang yang kemudian bisa dikonversi menjadi pelanggan dari layanan maupun produk yang sedang kita jual atau kembangkan.

Biasanya sih, strategi marketing itu berisi tentang nilai-nilai yang ada dalam perusahaan, segmen pasar, target pemasaran, posisi, dan beberapa hal lain yang ada hubungannya dengan pemasaran.

Terkait fungsinya sendiri, sangat beragam. Dari yang sederhana seperti memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat, strategi marketing juga berguna agar di dalam internal perusahaan mampu mengetahui kebutuhan pasar dan memberikan yang dibutuhkan, koordinasi yang baik, dan juga untuk pengawasan kegiatan pemasaran agar prosesnya lebih efektif.

Peran Strategi Marketing dalam Bisnis

Selain definisi dasar dari strategi marketing, kamu juga perlu tahu peran dari strategi marketing. Seperti yang dikatakan di awal, bahwa pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan. Jika diujung tombak, maka ia adalah yang paling dekat dengan subjek yang dituju, yakni masyarat dan juga pelanggan.

Nah, terkait ‘kedekatannya’ dengan pelanggan, maka bisa dikatakan kalau peran dari strategi marketing, salah satunya adalah agar perusahaan memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan yang menggunakan produk ataupun jasanya.

Fungsi lainnya adalah agar perusahaan bisa peka terhadap kebutuhan pasar. Kebutuhan inilah yang nantinya akan dirumuskan menjadi pertimbangan dalam berinovasi. Dan inovasi yang diberikan, biasanya harus menjadi jawaban atas kebutuhan pasar yang sebelumnya telah diketahui.

Dengan diketahuinya kebutuhan suatu pasar dan jika memang sudah menjawabnya, maka fungsi selanjutnya dalam strategi marketing adalah memperluas target pasar yang dituju. Ada target spesifik dan bahkan ada yang menargetkan pasar secara umum.

Itu adalah sekian fungsi. Sebenarnya masih ada banyak lagi, tapi saya rasa sudah cukup untuk diberikan beberapa poin penting. Fungsi lain bisa dijalankan jika fungsi pokok dari strategi pemasaran sudah kamu ketahui.

Strategi Marketing Gojek

Strategi marketing gojek
Strategi Marketing Gojek
Gambar: Tirto.ID

Sekarang, baru deh kamu harus mengetahui strategi marketing Gojek yang membuatnya menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Penasaran apa saja? Cus, simak saja penjelasan di bawah ini.

1. Membuat Iklan yang Kreatif dan Lucu

Strategi bisnis Gojek dalam hal marketing yang seringkali digunakan adalah dengan membuat iklan yang dibikin secara kreatif dan juga mengandung unsur humor. Misalnya saja, ada iklan yang menampilkan mbak-mbak kuntilanak yang lagi nangkring di atas pohon.

Lantaran kelewat kreatif, mbak kunti yang ada malah digambarkan nangkring di pohon sambil main smartphone. Dan lagi, mbak kunti tersebut digambarkan suka memakai Gojek untuk pesan ojek, pesan makanan, dan beberapa keperluan kunti lainnya. Siapa yang kepikiran coba bikin iklan kunti mainan hape?

Itu satu. Tapi ada lagi. Kamu masih ingat iklan cendekiawan yang di dalamnya ada voice over macam berita-berita serius? Hal itu jadi trending lantaran sering dibuat ulang oleh masyarakat menjadi video parodi dan bahkan meme.

Ada lagi. Di media sosial milik Gojek, mereka pernah bikin pamflet atau poster yang didalamnya ada ilustrasi menarik. Yang bikin lucu, mereka menggambar ilustrasi karakter meme yang biasa digunakan seperti meme dua spiderman yang saling tunjuk. Ada abang-abang naik motor dengan gaya, ada abang klinik tambal ban, dan beberapa karakter lainnya.

Dengan adanya meme tersebut, akhirnya banyak akun khusus meme ataupun shitpost yang me-reuploadnya dan memberi spotlight pada karakter meme yang ada. Dan jelas, ini pemasaran yang kreatif karena tanpa menyuruh akun-akun meme, mereka menguploadnya sesuka hati dan tentu makin menjangkau banyak orang. Keren kan?

2. Strategi Mitra Kerja

Sepertinya kalau strategi marketing Gojek yang satu ini mudah dibaca. Ya, Gojek banyak mengajak orang-orang untuk menjadi mitranya. Mulai dari tukang ojek sampai pada abang-abang yang jualan nasi goreng di pinggir jalan. Akhirnya, aplikasi penyedia jasa ini jadi banyak yang menggunakannya. Dan hasilnya, tentu perusahaan makin besar dan yang punya makin tajir. Hehe.

3. Bermanfaat Bagi Kehidupan Sosial

Strategi marketing Gojek yang berikutnya adalah membantu kita dalam kehidupan sosial.

Tahu sendiri, kan, kalau dulu yang jadi tukang ojek itu sedikit. Coba sekarang, lihat saja di komplek perumahan atau teman-teman kamu, pasti ada yang menjadi tukang ojek. Nggak, saya nggak menyindir pekerjaan tukang ojek. Pekerjaan itu halal dan bagi saya sama saja dengan pekerjaan dengan penghasilan sebesar apapun.

Ini berarti lumayan menjawab kebutuhan di Indonesia yang pengaggurannya tumpah-tumpah alias banyak banget. Dengan adanya Gojek, yang sebelumnya menganggur jadi punya opsi pekerjaan untuk ditekuni. Besar banget kan dampak sosialnya?

QnA Seputar Strategi Marketing Gojek

Bagi kamu yang masih ada pertanyaan mengenai strategi marketing Gojek, bisa bajak QnA di bawah ini ya sobat.

1. Bagaimana Strategi Pemasaran Gojek?

Ada strategi sistem kemitraan, punya dampak sosial yang besar, dan juga kreativitas dari tim pemasarnya.

2. Siapa yang Membuat Iklan Gojek?

Iklan Gojek ada banyak macamnya, mulai dari iklan di media sosial, iklan di televisi hingga iklan di setiap tempat atau fasilitas umum. Tentu saja hal ini biasanya dilakukan oleh advertising dari Gojek.

3. Gojek Itu Perusahaan Apa?

Bisa dibilang, Gojek itu masuk dalam kategori perusahaan penyedia jasa. Coba lihat saja di aplikasinya. Ada jasa ojek, jasa beliin makanan, jasa bersih-bersih, dan lain sebagainya.

4. Apa Keuntungan dari Gojek Online?

Jelas banyak. Pasarnya sangat luas karena sistemnya online dan strategi marketing Gojek juga bervariasi. Apalagi sekarang, HP hampir jadi barang wajib yang nggak boleh lepas dari genggaman. Jelas, penggunanya sangat banyak dan tentu, untungnya juga sangat banyak bagi kehidupan kita.

Gimana? Udah lumayan paham tentang strategi marketing Gojek? Kalau sudah, gas aja ditiru untuk mengembangkan usahamu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar