Terapkan Strategi Bisnis Barbershop Biar Pengunjung Ramai

Strategi bisnis barbershop perlu kamu bentuk sebelum memutuskan untuk membuka usaha dalam bidang serupa. Namun, selain strategi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk strategi pemasaran barbershop terbaik supaya peluang usaha dapat semakin berkembang.

Strategi Bisnis Barbershop

Ketika sudah merencanakan sesuatu dan sangat ingin menggapainya, itu berarti kamu membutuhkan strategi supaya berhasil mencapai hal tersebut. Planning atau rencana yang disusun jauh-jauh hari dapat menjadi persiapan matang untuk memperoleh hasil maksimal.

Sama halnya dengan strategi ketika akan membuka bisnis barbershop. Usaha barbershop memang tidak semudah yang dibayangkan, mengingat pelanggan tidak selalu memotong atau merawat rambutnya.

1. Strategi Memilih Tempat yang Cocok 

Strategi bisnis barbershop yang pertama adalah menentukan lokasi atau tempat yang cocok. Lokasi merupakan bahan pertimbangan yang paling penting untuk menentukan kesuksesan dari berdirinya barbershop kamu. Lokasi pilihan kamu haruslah membuat bisnis yang sedang dijalankan ini mudah dilihat, sehingga lebih menarik perhatian banyak orang. 

Keuntungan yang dapat diperoleh sekaligus adalah promosi gratis dan lebih mudah. Caranya adalah dengan membuat konsep eksterior yang cukup mencolok supaya audiens bertanya-tanya dan tertarik untuk berkunjung.

Kamu bisa mendirikan bisnis barbershop di pinggir jalan untuk mendapatkan banyak pelanggan, ketimbang mendirikannya di dalam gang yang nantinya hanya akan diketahui oleh tetangga-tetangga terdekat. Lokasi yang mudah dijangkau bukan berarti harus berada pada jalanan padat.

Jika barbershop sulit untuk dimasuki atau dijangkau, apa yang akan kamu rasakan? Pastinya malas dan memilih tempat lain yang lebih efisien. Belum lagi jika area parkir yang disediakan sempit, bahkan tidak ada atau Anda yang tidak bisa lewat karena kendaraan-kendaraan menjadi tidak beraturan dan terlalu padat. 

Jika ingin mendapatkan lokasi yang tepat, coba posisikan diri kamu sebagai pelanggan. Coba tanyakan kepada diri sendiri, apakah kamu bersedia mengunjungi barber shop yang sulit untuk diakses? Atau, tidak masalah jika mengunjungi barbershop yang baru dibuka dan belum pasti kualitasnya?

Hindarilah lokasi yang yang terlalu jauh dari pusat kota maupun keramaian, serta jangan sampai berada di kawasan gang sempit dan tidak dapat dilalui mobil. Selain itu,  pelanggan akan malas mendatangi lokasi dengan akses jalan yang rumit dan sulit untuk diingat. 

Nyatanya, sebagian besar bisnis yang menyediakan jasa memiliki tempat parkir aman dan akan lebih baik jika gratis. Pastikan pelanggan kami dapat menikmati jasa barbershop dengan baik, tanpa harus merasa was-was karena kendaraan yang dibawanya.

Baca juga:

2. Buka di Lokasi Minim Kompetitor

Jika pesaing atau kompetitor adalah barber-barber shop ternama dan ternyata buka di sebelah bisnis kamu, lebih baik gunakan strategi bisnis barbershop sejak dini dengan memilih lokasi yang tepat. Jika di sebuah kawasan hanya ada kamu yang membuka barbershop, 100% konsumen juga dapat menjadi hak milik.

Berbeda jika kamu membuka bisnis tersebut di lokasi yang dipenuhi oleh kompetitor. Keuntungan 100% yang seharusnya didapatkan, menjadi terbagi-bagi, bahkan peluang dan keuntungan Anda menjadi lebih kecil. 

3. Analisa Pemanfaatan Bisnis Barbershop

Strategi Bisnis Barbershop
Strategi Bisnis Barbershop

Jika sudah mengerti akan lokasi strategis yang tepat untuk pemasaran, pilihlah kota yang hendak dijadikan lokasi, di mana kami akan merintis usaha dan melakukan strategi bisnis barbershop. Salah satu alasan mengapa usaha ini cukup mendatangkan peluang besar adalah karena pria lebih sering mencukur rambutnya, ketimbang wanita.

Pria-pria akan memotong rambutnya 1-2 bulan sekali, apalagi para pekerja atau pelajar yang mengikuti aturan untuk berpenampilan rapi. Kamu juga bisa menyediakan layanan jasa pemotongan rambut untuk penyandang disabilitas. 

Sensorik yang terbatas membuat orang-orang kesulitan untuk duduk di kursi biasa, bahkan terlalu sensitif terhadap cahaya atau adanya obsesi dengan ketenangan kerap kali menjadi masalah untuk mereka yang ingin melakukan cukur rambut. 

4. Melakukan Marketing Online

Dunia bisnis di zaman modern ini tidak jarang mengandalkan media sosial, bahkan anak-anak muda yang memiliki usaha sendiri mempunyai website dan akun sosial khusus untuk melakukan pemasaran. Dengan melakukan strategi marketing barbershop secara digital, kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen karena dunia maya memang dianggap tidak memiliki batasan. 

5. Memiliki Konsep yang Unik

Konsep unik akan menjadi sebuah pembeda dan pembentuk dari karakter bisnis yang sedang kamu jalankan. Konsep atau ide kreatif yang dapat diterapkan dalam strategi bisnis barbershop memang bervariasi, bahkan sebetulnya dapat disesuaikan dengan minat maupun hobi Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Misalnya, barbershop bertema musik yang dapat dihias dengan interior berupa pajangan dinding bergambar alat musik, serta menyediakan layanan cukur rambut ala idola grup Korea atau band yang disukai. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan live musik sederhana untuk menghibur para pelanggan. 

6. Membuat Promo Khusus

Promo khusus yang dibuat dapat dipasarkan melalui giveaway atau diskon dengan tujuan membuat pelanggan tergiur. Teknis dari strategi pemasaran barbershop ini dapat dilakukan dengan macam-macam cara dan dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda sebagai owner. 

7. Mengikuti Trend Gaya Rambut

Strategi bisnis barbershop selanjutnya yang penting untuk membuat kamu unggul adalah menyediakan layanan yang disukai customer, sehingga tidak membuat mereka berpindah ke yang lain lagi. Nyatanya, tidak hanya keahlian yang owner butuhkan, tetapi juga wawasan untuk mengikuti zaman yang semakin berkembang. 

Rajinlah-rajinlah untuk mencari informasi terkait trend gaya rambut yang disukai anak-anak muda, bahkan orang tua supaya barbershop kamu tidak ketinggalan zaman. Asah terus kemampuan styling rambut yang dimiliki oleh kamu atau karyawan sendiri.

Itulah beberapa strategi bisnis barbershop yang boleh menjadi cara jitu untuk membuat bisnis kamu ramai. Jika sudah melakukan strategi marketing barbershop dengan cara yang kamu kuasai, tekuni usaha dan pelajari tujuan apa yang membuat seorang owner sukses mau membuka bisnisnya sendiri.

Bagikan:

Tinggalkan komentar