Split Order, Split Transaksi, Split Payment adalah

Split payment adalah – Pernah menjumpai barang di e-commerce yang bertuliskan split payment dengan harga yang sangat terjangkau dan murah? Jangan buru-buru beli barangnya atau langsung checkout. Sebelum kamu melakukan checkout, ada baiknya pahami dulu maksud dari keterangan split payment yang ada di sana. 

Mengapa tidak disarankan untuk buru-buru?  Begini. Walaupun kamu sudah membayar barang dengan harga murah dan di dalamnya terdapat keterangan split payment, kamu tidak bisa langsung mendapatkan barang tersebut. 

Hal ini terjadi lantaran harga tersebut bukanlah harga aslinya. Namun harga setelah dilakukan split atau dipisah. Biasanya, di dalamnya juga ada keterangan berapa harga asli yang harus dibayar. Mengapa murah? Karena transaksinya tidak menggunakan metode pembayaran konvensional.

Pembayaran menggunakan split payment, hanya memisahkan harga dengan prosentase tertentu. Misalnya saja, kamu ingin membeli iPhone seharga Rp 15.000.000. Di marketplace tempatmu membeli, bisa saja harga iPhone yang ditampilkan adalah Rp 5.000.000. 

Silakan cek di sana apakah ada keterangan split atau tidak. Jika ada, artinya dari harga iPhone sebenarnya, yakni Rp 15.000.000, kamu bisa melakukan pembayaran dengan cara split. Sederhananya, mengkombinasikan antara dua metode pembayaran. 

Kamu bisa mengkombinasikan pembayaran seperti kredit dan debit, paylater dan kredit, serta beberapa kombinasi pembayaran lainnya. Jika kamu ingin penjelasan lebih lengkap, kamu menemukannya pada uraian berikut ini. 

Pengertian Split Payment, Split Transaksi, Split Order?

Split payment adalah
Split Transaksi, Split Order, Split payment adalah

Split payment merupakan metode untuk memudahkan pembayaran dengan sistem kredit atas harga barang yang telah dibagi menjadi harga baru dan lebih murah.  Biasanya, split payment memang diberlakukan pada beberapa marketplace. 

Salah satunya adalah Shopee. Pengertian dari split payment shopee adalah metode pembayaran yang digunakan oleh Shopee dengan cara membagi harga agar lebih murah dan nantinya pelanggan bisa membayar melalui sistem kredit. 

Shopee menggunakan metode ini, untuk mempermudah pelanggan. Seperti yang telah diketahui, Shopee memberikan batas kredit atau limit kredit yang bisa digunakan. Jika dilakukan split, kamu bisa membayar dengan harga kredit menggunakan Shopee Paylater dan sisanya harus membayar secara langsung. 

Begitu juga dengan split payment yang ada pada iPhone. Kamu pasti bertanya, apa itu iPhone split payment? Jawabannya adalah sama saja. Pembayarannya dipermudah dengan membaginya jadi dua jenis pembayaran, kredit dan bayar langsung. 

Metodenya sih hampir sama dengan split bill atau split transaksi, yakni dengan membagi satu nota menjadi dua nota atau lebih. 

Tak hanya iPhone dan Shopee, Tokopedia juga menyediakan metode split payment. Split payment Tokopedia adalah metode pembayaran untuk mempermudah pelanggan dengan membagi harga suatu produk yang ditawarkan agar lebih murah. 

Biasanya, ada hal yang berkaitan dengan split payment, yakni split order. Kalau yang ini, beda lagi. Jika yang tadi adalah metode pembayaran, sekarang adalah metode pemesanan. 

Metode pemesanan dengan split order adalah mekanisme untuk membagi pesanan menjadi beberapa paket kecil. Hal ini dilakukan jika memang kamu memerlukannya. 

Cara Split Payment

Jika kamu ingin menggunakan metode pembayaran tersebut, biasanya ada beberapa langkah umum yang biasanya digunakan, berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Pilih transaksi yang ingin kamu bayar. 
  2. Klik Lanjutkan Transaksi.
  3. Carilah opsi Split  dan klik opsi tersebut.
  4. Silakan pilih antara Split Payment atau Split Bill.
  5. Kemudian, kamu akan ditampilkan halaman total tagihan yang harus dibayar. 
  6. Silakan pilih metode pelunasan antara kredit atau menggunakan kartu debit. 
  7. Setelahnya, langsung saja selesaikan pembayaran satu per satu hingga seluruh transaksi berhasil dilakukan. 

Tujuan Split Payment

Tentu saja, tujuan utama dari diberikannya metode pembayaran split payment adalah agar pelanggan mau untuk merogoh kocek lebih mudah. Sederhananya, untuk memancing konsumen mau untuk membeli karena tertarik dengan harganya. 

Seperti yang kamu ketahui, dengan split payment, harga produk terlihat lebih murah di mata pelanggan. Padahal sebenarnya, hanya metode pembayarannya saja yang berbeda. Selain itu, metode pembayaran ini juga dilakukan untuk mempermudah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

Contoh Split Payment

Kalau mau contohnya, bisa banget kamu lihat di split payment JD ID. Di sana, pihak JD ID menyediakan kemudahan untuk transaksi dari beberapa jenis produk seperti sepeda motor, mobil, dan beberapa produk lainnya. 

Selain itu, ada juga tempat lainnya yang menggunakan metode pembayaran tersebut. Misalnya saja di iBox. Pada split payment iBox menurut beberapa informasi yang saya dapatkan dari media sosial resminya, iBox memang menyediakan metode pembayaran ini. 

Di iBox, kamu bisa melakukannya namun dengan catatan, kamu tidak bisa mendapatkan voucher tunai dari sana. 

Demikian penjelasan tentang split order, split transaksi dan split payment adalah beserta contohnya. Semoga bisa bermanfaat ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar