5+ Software Akuntansi yang Sering Digunakan di Perusahaan

Era digital seperti sekarang menuntut kita untuk aktif dan mampu berinovasi, khususnya di dunia digital itu sendiri. Kehadiran digital memang sedikit banyak telah mengubah sendi-sendi kehidupan, apa saja.

Mulai dari urusan bisnis, bahkan sampai urusan asmara. Well, sebagai pelaku bisnis, kamu mesti tahu apa saja software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan.

Software-software memang acap kali digunakan oleh beberapa perusahaan. Bahkan makin ke sini sepertinya makin banyak saja perusahaan yang mulai menggunakan aplikasi akuntansi. Mengapa demikian? Karena dengan software akuntansi semua pekerjaan, terutama yang berkelindan dengan hitung-hitungan jadi lebih mudah.

Hingga saat ini, sudah banyak developer-developer yang mulai mengembangkan software. Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai tenar, dan digunakan oleh sebagian perusahaan. Bahkan developer ada yang membuat software akuntansi gratis offline hingga online.

Nah, supaya enggak kudet, berikut saya kasih tahu software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan. Apa saja kira-kira? Berikut ulasannya.

Software Akuntansi yang Sering Digunakan di Perusahaan

Perlu diingat terlebih dahulu, bahwa software akuntansi ini digunakan perusahaan untuk melakukan pencatatan. Selain itu juga untuk meringkas informasi dan tentu saja mempermudah pelaporan data keuangan.

Maka dari itu, software akuntansi ini sangat penting bagi perusahaan. Biasanya software seperti apa sih yang sering digunakan?

1. Zahir

Ini bukan sebuah grup terbangan asal Pekalongan. Tapi Zahir adalah salah satu aplikasi pembukuan yang sering digunakan di perusahaan. Zahir accounting, begitu orang menyebut aplikasi canggih yang satu ini.

Software ini adalah software akuntansi yang lumayan populer di Indonesia. Bayangkan saja! Zahir sudah mendapat banyak sekali penghargaan. Itu menandakan bahwa aplikasi akuntansi ini bukan sembarangan.

Software Zahir ini memiliki banyak sekali fitur yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya, pengurusan persediaan, jurnal otomatis, analisis bisnis, e-faktur pajak, reminder, chart of account, rekonsiliasi bank, dan tentu saja yang memudahkan, software ini support Operating System (OS) Windows.

Baca juga:  5 Aplikasi Penghasil Uang dengan Menonton Iklan yang Mudah

Aplikasi ini juga berbagai macam jenisnya yang bisa dipakai sesuai kebutuhan. Ada Zahir Flexy Trade yang umumnya digunakan untuk pengelolaan barang; Zahir Small Business, yang sesuai namanya digunakan biasanya untuk pebisnis kecil; Zahir Personal; sampai Zahir Enterprise yang terkenal memiliki fitur yang paling lengkap.

2. Jurnal

Ingin mencatat seluruh transaksi di perusahaan atau semacamnya dengan model ala cloud? Software Jurnal ini adalah jawabannya. Salah satu software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan ini memang cukup populer.

Umumnya, yang menggunakan aplikasi Jurnal ini adalah para pengusaha-pengusaha kecil atau rintisan, dan UMKM. Karena memang software Jurnal ini desain bagi mereka-mereka itu. Mengapa demikian?

Sebab untuk pemasangan aplikasi Jurnal ini tidak dikenakan biaya. Bukan hanya itu saja, Jurnal juga sangat fleksibel alias bisa dipakai di mana saja tempatnya. Hal itu karena aplikasi Jurnal ini berbasis website. Yang membuat Jurnal menjadi salah satu software akuntansi terbaik adalah fiturnya yang komplet.

Fitur-fitur software ini antara lain sistem laporan keuangan otomatis, pembuatan faktur, manajemen aset, bebas biaya tambahan, sampai keamanan data yang terjamin. Maka dari itu, cukup banyak pebisnis yang sudah menggunakan aplikasi Jurnal. Oh iya, bagi kamu yang kepengin mencobanya, kamu bisa menjajal yang gratis dulu selama 14 hari.

3. Bee Accounting

software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan
Software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan

Ada lagi nih software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan. Namanya Bee Accounting. Mungkin penamaan software ini terinspirasi dari lebah yang begitu fleksibel bergerak. Begitu pula Bee Accounting itu sendiri.

Bee Accounting sangat fleksibel digunakan oleh siapa saja dan di mana saja. Hebatnya, lagi software ini terkenal menjadi satu-satunya software akuntansi yang terdapat 47 plugin sesuai bidang usaha kamu. Bagaimana canggih kan?

Nah, bukan hanya itu fitur yang disediakan Bee Accounting. Dari aplikasi ini kamu juga bisa memilih antara dua versi. Mau yang versi desktop tidak masalah, atau mau yang versi cloud juga boleh-boleh saja. Semua terserah kamu yang mau menjalankan bisnis.

4. Kledo

Jika kamu mendirikan sebuah perusahaan. Ya katakanlah walaupun usaha itu kecil-kecilan, kamu harus mulai memikirkan mengenai software akuntansi. Sebab hal yang paling krusial dibutuhkan perusahaan adalah software akuntansi. Nah, untuk itu, software Kledo ini bisa banget dimanfaatkan.

Baca juga:  3 Cara Memindahkan Whatsapp dari Android ke iPhone

Kledo adalah salah satu software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan. Karena di dalamnya terdapat fitur-fitur yang lumayan lengkap. Misalnya, fitur purchasing, inventory, invoice, aset tetap, biaya, sampai 30 lebih laporan keuangan. Ada yang lebih hebat dari aplikasi Kledo ini.

Selain berbasis cloud yang tentu saja memudahkan kamu untuk memantau keuangan di toilet sekalipun, Kledo memiliki server data di Amazon. Kita semua tahu kalau Amazon menjadi salah satu gudang server terbesar di seantero dunia, bahkan galaksi. Maka dari itu, keamanan juga menjadi satu paket lengkap apabila kamu menggunakan aplikasi Kledo.

5. Accurate

Salah satu software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan ini sangat populer. Kamu bisa memanggil software akuntansi ini dengan nama Accurate. Ini adalah salah satu software yang digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan akuntansi, tetapi memperhatikan tampilan interface para penggunanya.

Tampilan Accurate begitu user friendly. Selain tampilannya yang user friendly dengan tingkat akurasi yang maksimal, ada banyak fitur mewah dan menawan dalam aplikasi yang satu ini. Di antaranya adalah fitur pembelian dan penjualan, kas, aktiva tetap, inventory, buku besar, dan tentu saja masih banyak lagi.

6. EQUIP

software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan
Software Akuntansi

Nah, contoh software akuntansi yang mudah digunakan untuk para UMKM adalah EQUIP. Software yang dikembangkan perusahaan HashMicro ini mulai populer di tahun 2021. Mengapa demikian? Karena meski sering digunakan oleh pengusaha kecil sampai UMKM, namun fitur yang disediakan tak kalah menarik dan tentu saja canggih.

Beberapa fitur software EQUIP antara lain manajemen nota debit dan kredit, pengelolaan pajak, hingga manajemen faktur pembayaran. Bukan itu saja, EQUIP juga terkenal memudahkan beberapa perusahaan dalam urusan rekonsiliasi bank dan laporan keuangan.

Fitur financial forecasting yang dimiliki aplikasi ini juga menjadi andalan. Karena dengan fitur tersebut pengguna bisa dengan mudah melacak kerugian maupun keuntungan yang didapat perusahaan. Selain itu sistem di dalam EQUIP juga terintegrasi dengan modul penjualan dan penggajian.

Baca juga:  3 Cara Menutup Akun Twitter Terbaru dan Mudah

7. Jubelio

Software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan berikutnya adalah Jubelio. Mungkin tidak terlalu familiar bagi banyak orang. Namun aplikasi ini memang benar-benar bisa membantu pencatatan di sebuah perusahaan. Apalagi software ini memiliki fitur yang berguna bagi keuangan perusahaan.

Jubelio bisa mencatat keuangan secara otomatis. Hebat bukan? Tak hanya itu Jubelio juga bisa dibeli di banyak sekali toko, mau itu online ataupun offline. Jika kamu ingin membeli software ini secara online, kamu bisa mencoba mencarinya di marketplace-marketplace atau e-commerce kesayangan kamu.

8. SAP

Siapa yang tidak mengenal SAP? Salah satu software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan, dan sangat-sangat familiar. Karena SAP ini memiliki banyak sekali keunggulan dalam menjalankan aplikasinya. Singkatnya, pemula di bidang software akuntansi pun bisa mengoperasikan SAP.

Mengapa demikian? Software akuntansi yang lahir di Jerman ini memiliki fitur yang sangat menguntungkan bagi seorang pemula. Software akuntansi SAP mempunyai fitur antara lain tracking. Jadi kamu bisa men-tracking data-data yang salah dalam diinput.

Tak hanya soal tracking, SAP juga unggul untuk urusan perhitungan. Sebab SAP sangat cepat dalam menghitung data yang kamu input. Hal itu membuat kerja jadi lebih efektif dan efisien. Nah, yang terakhir, keunggulan software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan yang satu ini adalah catatan yang tersimpan dengan baik.

Kamu enggak perlu khawatir kehilangan catatan. Karena SAP akan menjadi asisten kamu dan bakal menjaga seluruh catatan finansial perusahan milikmu. Bagaimana canggih bukan? Maka dari itu, aplikasi SAP ini memang paling sering digunakan. Namun begitu harganya software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan ini mahal, mungkin hanya cocok untuk pengusaha besar.

Sebentar, kira-kira berapa ya harga software akuntansi? Saya sudah mencari tahunya, beberapa software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan memang harganya cukup mahal. Paling murah sih, ada yang Rp 250 ribu. Tapi harganya juga variatif ada yang Rp 4 jutaan, bahkan ada yang melebihi Rp 12 jutaan. Jadi, tertarik menggunakan software-software di atas? Selamat mencoba!

Bagikan:

Tinggalkan komentar