Sertifikasi Project Management: Pengertian, Tempat dan Biaya

Menjadi project manager yang bisa memimpin sekaligus bertanggung jawab dalam banyak proyek merupakan pekerjaan yang banyak diidamkan. Namun sebelum itu, untuk bisa diakui sebagai seorang ahli di bidang project management, kamu harus lebih dulu memiliki sertifikasi project management.

Sertifikasi tersebut, nantinya bisa dijadikan bukti bahwa kamu memang ahli dan memiliki keunggulan dalam bidang manajemen proyek. Kalau kamu tertarik untuk mendapatkannya, berikut ini akan disediakan informasi selengkapnya untuk kamu.

Apa yang Dimaksud dengan Project Management?

Sebelum mengerti tentang sertifikasi dari project management, baiknya kamu mengerti dulu tentang apa itu project management. Melansir beberapa sumber, project management bisa didefinisikan sebagai suatu proses dalam kegiatan bisnis yang didalamnya melakukan beragam proyek serta acara.

Pada project management, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Urutannya adalah sebagai berikut :

  1. Inisiasi
  2. Perencanaan
  3. Pelaksanaan
  4. Pengawasan
  5. Penutupan

Tahap tersebut merupakan urutan dari proses awal proyek hingga proses akhirnya. Nah, seorang manajer proyek, tugasnya adalah memastikan bahwa beberapa proses tersebut dilewati secara runtut dan satu per satu bisa diselesaikan dengan baik.

Tak hanya itu, nantinya seorang manajer proyek juga wajib memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, punya pengetahuan tentang bisnis, dan juga pandai bernegosiasi. Bagi yang bercita-cita menjadi manajer proyek, beragam keahlian tersebut harus didapatkan dari program sertifikasi project management.

Apa Itu Sertifikasi PMP?

Sekarang, baru deh waktunya kamu mengerti tentang apa itu sertifikasi PMP (Project Management Professional).

Definisinya sendiri adalah salah satu jenis sertifikasi yang sangat dibutuhkan oleh manajer proyek sebagai tanda kepemilikan keahlian dan kemampuan dalam menjalankan dan bisa dipercaya mengemban tanggung jawab suatu proyek.

Sertifikasi tersebut, adalah untuk memastikan bahwa seorang manajer proyek menguasai keahlian pemecahan masalah, penganggaran, komunikasi, kepemimpinan, sampai pada negosiasi proyek.

Jika seorang manajer proyek sudah tersertifikasi, maka bisa dianggap dia adalah seorang manajer proyek yang kompeten.

Itu hanya salah satu jenis sertifikasi manajer proyek saja. Sebenarnya, ada lagi jenis sertifikasi yang dibutuhkan, yakni sertifikasi CAPM (Certified Associate in Project Management).

Memang, tingkat kesulitan untuk mendapatkan sertifikasi ini lebih mudah dari sertifikasi PMP. Namun, sertifikasi ini cocok bagi kamu yang masih pemula dalam mengurusi proyek dan baru memiliki sedikit pengalaman dan masih ingin mendapatkan sertifikat yang layak untuk menunjukkan keahlian.

PMP Gelar Apa?

PMP itu merupakan suatu gelar yang diberikan oleh PMI (Project Management Institute) kepada seorang PM atau project manager profesional karena telah menguasai beragam ilmu yang dibutuhkan dalam manajemen proyek.

Tempat Sertifikasi Project Management

Sertifikasi Project Management
Sertifikasi Project Management

Melansir pmi.org yang merupakan lembaga penyedia ujian sertifikasi manajemen proyek, ujian bisa dilaksanakan secara online saat kamu memang sudah siap dalam mengikuti ujiannya.

Jadi, ujian tidak terbatas tempat maupun waktu. Kamu bisa mengerjakan ujian dimanapun dan kapanpun kamu mau. Asalkan kamu memenuhi beberapa syarat berikut ini :

  1. Memiliki PC maupun laptop dengan fitur webcam.
  2. Memiliki koneksi internet yang lancar.
  3. Serta berada di ruangan yang tenang agar kamu bisa mengerjakan ujian selama berjam-jam dengan fokus dan juga tanpa gangguan.
  4. Mengisi jadwal secara online dengan membuat perjanjian kepada pihak penyelenggara sertifikasi.

Intinya, kamu bisa bebas mengerjakannya kapanpun kamu mau. Sisanya, kamu hanya perlu mempersiapkan diri untuk mempelajari dan memahami beberapa materi ujian yang akan diberikan.

Biaya Sertifikasi Project Management

Perihal biaya sertifikasi manajemen proyek, kamu bisa mengikuti ujian sertifikasi sekitar $405 jika kamu merupakan anggota PMI. Bagi yang bukan anggota PMI, diharuskan untuk membayar lebih mahal yakni $555.

Apabila kamu ingin mendaftarkan diri dalam keanggotaan PMI, maka biaya yang kamu keluarkan untuk Sertifikasi Project Management sama persis dengan biaya sertifikasi non-PMI yakni sebesar $555 untuk biaya keanggotaan pada tahun pertama.

Itulah sekian informasi tentan sertifikasi project management yang bisa diberikan. Saran saya, agar kamu lolos dan bisa mencapai cita-citamu menjadi manajer proyek handal, persiapkanlah dengan sering mengikuti tes PMP yang banyak disediakan oleh beberapa website dan situs penyedia jasa.

Dengan itu, kamu bisa melalui tahap ujian sertifikasi dengan lancar. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar