Sebutkan Tujuan Mempromosikan Sebuah Produk, ini 6 Jawabannya

Siapa saja yang ingin berjualan dan berhasrat agar jualannya itu laris, tentu mereka juga membutuhkan promosi. Kamu juga begitu, kan? Misalkan kamu jualan gamis dan celana nih, tapi enggak dipromosiin, lalu yang mau beli siapa? Maka berikut ini saya akan sebutkan tujuan mempromosikan sebuah produk.

Sebutkan Tujuan Utama Mempromosikan Sebuah Produk

Saya rasa mempromosikan sebuah produk memiliki beberapa manfaat. Tentu agar usahamu tidak mandek di tengah jalan. Kan enggak lucu kalau usahanya tiba-tiba berhenti hanya karena lupa promosi. Berikut ini saya sebutkan tujuan mempromosikan sebuah produk yang paling utama.

1. Menaikan Penjualan

Tentu untuk yang pertama saya akan sebutkan tujuan mempromosikan sebuah produk adalah menaikan penjualan. Lha kamu kira apalagi? Dengan promosi, produk kita minimal akan diketahui oleh orang lain. Oh ternyata kamu lagi jualan roti lho, misalnya.

Setelah banyak yang tahu, banyak pula yang beli. Jumlah yang bisa kamu jual juga akan bertambah banyak. Maka omzetmu juga akan melambung seiring dengan penjualan yang meningkat. Jadi bagaimana masih enggak yakin? Yuk lanjut ke tujuan kedua.

2. Membranding atau Membentuk Citra Produk

Sebuah produk itu sangat dibutuhkan yang namanya branding. Lihatlah bagaimana Hot Wheels perusahaan mainan mobil-mobil yang brandingnya sudah kuat. Bahkan apa saja yang dikeluarkan oleh Hot Wheels pasti laris, meski produknya cacat.

Bukan hanya Hot Wheels, di dunia teknologi, kita tentu mengenal Apple. Perusahaan raksasa yang bergambar apel kerowak itu telah sangat lama punya citra. Jadi, seberapa kencang laju android, salah satu kompetitornya, Apple masih kuat dan pemakainya juga masih banyak.

Lalu apa yang membuat citra ini terbentuk? Salah satunya adalah kekuatan promosi. Bagaimana mungkin Apple bisa seperti sekarang kalau dulu tidak melakukan promosi? Maka kalau kamu ingin membranding produk ya lakukan promosi. Yuk baca tempat promosi jualan online yang bisa membantu citra produk kamu untuk dijual di berbagai marketplace online.

3. Mengunggulkan Produk

Coba deh kamu bayangkan, kamu sedang merintis sebuah usaha. Katakanlah jualan jilbab, terus kamu kira yang jualan jilbab kamu doang? Iya enggak to. Ada ratusan atau bahkan mungkin ribuan orang juga jualan jilbab. Lantas apa yang bikin mereka yang menjual satu produk sama tapi mempunyai pelanggan masing-masing?

Sebab mereka telah melakukan promosi. Dan salah satu poin penting dalam melakukan promosi sebuah produk adalah bagaimana sebisa mungkin kita menunjukkan keunggulan produk kita dibanding produk lain.

Misalnya, katakanlah produk jilbab tadi. Apa yang membuat jilbab yang kita buat dan kita jual itu lebih unggul dari Robbani atau Zoya, misalnya. Ya memang dua brand itu cukup terkenal, tapi apa salahnya kita mengunggulkan produk kita dalam sebuah promosi?

Yuk baca juga: kata-kata untuk mencari reseller

Sebutkan Tujuan Mempromosikan Sebuah Produk di Media Sosial

sebutkan tujuan mempromosikan sebuah produk
Ini jawaban sebutkan tujuan mempromosikan sebuah produk di medsos

Di era sekarang, media sosial tak bisa dilepaskan oleh kehidupan manusia. Maka wajar saja kalau media sosial juga menjadi lahan buat mempromosikan produk kamu. Berikut ini saya dengan senang hati akan sebutkan tujuan mempromosikan sebuah produk. Sebab promosi di media sosial juga masuk jenis-jenis promosi, selain fisik dan tradisional.

4. Menyebarluaskan Produk

Media sosial memiliki jangkauan yang sangat luas. Bahkan mungkin tak terhingga selama orang-orang terhubung dengan internet. Nah media sosial ini semestinya bisa kamu manfaatin untuk mempromosikan sebuah produk.

Dengan mempromosikan di media sosial, produk yang kamu buat akan semakin tersebar luas. Bukan tidak mungkin akan mendapatkan pembeli yang sangat potensial. Apalagi media sosial, seperti Facebook dan Instagram sudah menyediakan fasilitas itu. Kamu bisa memanfaatkan fitur marketplace untuk melakukan promosi produk.

Bagi kamu yang ingin menyebarluaskan produk, jangan sampai lupa belajar mengenai cara mempromosikan produk secara lisan juga ya sobat.

5. Mendapatkan Konsumen Baru

Jawaban selanjutnya mengenai sebutkan tujuan mempromosikan sebuah produk adalah untuk mendapatkan konsumen baru.

Promosi, selain bisa mempertahankan konsumen lama juga bisa meraih konsumen baru. Tentu hal itu sangat susah tercapai apabila kamu hanya memakai cara tradisional untuk promosi. Kamu butuh media sosial untuk mendapatkan konsumen baru. Maka kalau sudah, bisa jadi tujuan promosi lainnya bakal kamu capai dengan mudah.

6. Mengubah Pendapat Konsumen

Saya akan sebutkan tentang tujuan melakukan strategi promosi, terutama dengan memanfaatkan media sosial. Apa itu? yaitu untuk mengubah pendapat konsumen. Misalnya, konsumen yang semula ragu pada produkmu bisa berubah percaya.

Tentu ini tidak serta merta dilakukan dengan melakukan copywriting asal-asalan. Kamu bisa kok menyematkan testimoni positif atas produk kamu di media sosial. Orang yang membaca atau melihatnya, besar kemungkinan akan tertarik membeli produkmu.

Selesai sudah saya sebutkan tujuan mempromosikan sebuah produk. Strategi dalam memasarkan itu memang sangatlah penting. Dan asal kamu tahu saja, promosi adalah ujung tombaknya. Promosi yang sedikit banyak menentukan produkmu itu laku ataukah hanya pajangan toko.

Bagikan:

Tinggalkan komentar