10 Tips Sukses + Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana

Sepanjang mata memandang pasti kamu akan menemukan jajaran cafe-cafe sederhana yang terbangun rapi di pinggir jalan, bukan? Ya, bisnis cafe berkonsep kekinian ala milenial telah menjadi tren fenomena belakangan ini.

Tak sedikit orang yang ingin mengetahui rincian modal usaha cafe sederhana untuk segera memulai bisnis, karena peluang yang terbuka lebar untuk mendapatkan keuntungan.

Akan tetapi, tetap saja peluang dan kesempatan yang besar tersebut harus diimbangi dan dijalankan dengan strategi yang tepat untuk bisa memaksimalkan keuntungan yang besar. Apalagi, jika kamu sudah berkeinginan untuk membangun usaha cafe modal 50 juta, atau lebih. Pasti kamu akan lebih ekstra untuk bisa mengembalikan modal tersebut, bukan?

Begitu juga dengan kamu yang ingin membangun usaha cafe modal 5 juta saja. Pasti juga membutuhkan strategi yang tepat untuk mengambil langkah agar tidak mengalami kerugian di awal. Berapapun modal yang kamu miliki, strategi pengembangan setiap cafe pasti dibutuhkan dan juga memiliki masalah yang  berbeda-beda.

Dan untuk kamu yang ingin mencoba memulai bisnis dibidang ini, kamu dapat melihat dan mempelajari rincian modal usaha cafe sederhana ini guna mengetahui seberapa besar peluang dan ancaman yang akan muncul. Akan tetapi, sebelum kamu menyiapkan modal. Terlebih dahulu pelajari beberapa taktik dan kiat-kiat jitu agar bisnis cafe sederhana ini berkembang dengan baik.

Tips Sukses Membangun Cafe Sederhana yang Menguntungkan

Saat ini cafe sederhana telah tersebar banyak di penjuru kota di Indonesia, alasannya karena bisnis ini mampu meraup keuntungan yang besar jika dijalankan dengan strategi yang tepat. Selain itu, cafe sederhana ini juga menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda yang ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya hanya untuk menghilangkan penat.

Maka dari itu, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa cafe merupakan bisnis dengan peluang yang besar dikarenakan jumlah populasi anak muda yang akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Lalu seperti apakah tips sukses membangun cafe sederhana yang menguntungkan.

1. Tentukan Lokasi Usaha dan Buatlah Kondisi Senyaman Mungkin

Permasalah besar untuk merancang cafe sederhana biasanya terletak pada modal yang minim, namun bingung dan pusing untuk memperoleh lokasi usaha yang strategis. Karena jika menyewa tempat yang strategis di tengah kota menjadi pusat  pasti membutuhkan dana yang cukup besar.

Kamu tidak perlu khawatir karena karakteristik pengunjung itu bermacam-macam, bahkan ada pengunjung yang suka dengan nongkrong di tengah sawah. Hal itu terbukti dari sering kalinya usaha cafe di desa selalu ramai dengan pengunjung karena cafe tersebut memiliki ciri khas tersebut alias unik.

Maka dari itu, buat kamu yang memiliki modal terbatas kamu dapat mencoba membangun cafe di desa, dan ciptakan kondisi senyaman mungkin.

2. Cobalah Membuat Konsep Cafe Sederhana yang Unik dan Menarik

Mulailah membuat konsep cafe sederhana yang unik dari cafe lainnya. Kadang kala ide-ide konyol itu yang dapat menarik pengunjung untuk singgah di cafe mu. Gunakan konsep yang berbeda di setiap ruangan atau lantai cafe mu, maksudnya kamu dapat mencoba dengan memasukan konsep rumah di dalam ide konsep cafe tersebut.

3. Jangan Lupa Buat Spot Lesehan yang Nyaman

Seperti yang disebutkan pada tips pertama dan kedua, maka dari itu cobalah buat satu ruangan dengan spot lesehan. Spot lesehan ini juga dapat dijadikan alternatif pilihan nyaman untuk menghemat rincian modal usaha cafe sederhana. Dengan spot ini kamu tidak perlu memikirkan anggaran yang terlalu besar, sehingga kamu pun nyaman dan pengunjung pun yang menyukai spot lesehan nyaman.

4. Lengkapi dengan Perabotan dan Atribut yang Murah, namun Unik

Usaha selanjutnya yang dapat  kamu lakukan adalah pemilihan perlengkapan peralatan atau atribut yang murah akan tetapi unik. Sehingga, atribut yang unik tersebut dapat dijadikan spot foto oleh para pengunjung cafe mu. Kamu dapat memilih bahan-bahan daur ulang untuk hiasan cafe, atau gunakan bahan baku bambu untuk tempat makan dan minum yang diberi alas daun pisang.

5. Buatlah Pilihan Menu yang Lezat

Belajar dari strategi untuk membangun usaha cafe sukses, kamu dapat memberikan variasi menu yang banyak dan lezat. Sehingga, pengunjung dapat memilih pilihan menu yang mereka sukai, atau bahkan pengunjung akan dapat terus menerus datang untuk mencoba menu-menu yang belum mereka coba. Dan kamu juga dapat memberikan pilihan menu dengan harga cukup mahal ataupun murah.

6. Belilah Bahan Baku Menu dari Grosir

Untuk menghemat pengeluaran rincian modal usaha cafe sederhana, kamu dapat membeli bahan baku makanan dan minuman dari pedagang grosir. Dengan membeli di pedagang grosir kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada membeli bahan baku secara eceran.

7. Sediakan Fasilitas yang Lengkap

Jangan lupa berikan pelayanan terbaik dengan melengkapi fasilitas cafe mu, mulailah dari yang paling sederhana yaitu wifi dan tempat ibadah.  Dua hal ini merupakan fasilitas yang tidak boleh tidak ada di cafe mu, karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan mayoritas penduduk Indonesia adalah milenial.

8. Maksimalkan Tenaga sendiri

Selanjutnya tips sukses membangun cafe dengan modal terbatas adalah dengan memaksimalkan tenaga sendiri. Sebuah usaha yang sukses dibutuhkan perjuangan dan pengalaman, sehingga selain meminimalisir dana dengan tenaga sendiri kamu akan mengerti sepak terjang usaha yang kamu rintis untuk mengembangkan dan mencari solusi yang tepat jika terjadi permasalahan.

9. Lakukan Promosi Secara Tepat dengan Hemat Biaya

Kerap kali semua orang bingung, bagaimana promosi dengan biaya yang minim? Tak perlu khawatir, lagi lagi untuk menghemat rincian modal usaha cafe sederhana kamu dapat menerapkan promosi melalui media social.

Memaksimalkan media sosial yang kamu miliki untuk membangun branding dari cafe mu, jangan gunakan akun pribadi akan tetapi gunakan akun atas nama café mu. Pengelolaan yang tepat, konsisten dan tekun pasti akan membuahkan hasil yang efektif dan maksimal.

10. Jalin Kerjasama dengan Investor

Terakhir, jika kamu sudah melakukan semua tips di atas. Jangan lupa untuk menjalin kerjasama dengan investor. Menjalin kerjasama untuk mengembangkan dan meningkatkan keberlanjutan usaha café yang kamu miliki. Carilah teman, sahabat ataupun anggota keluarga  untuk mendukung kolaborasi kerjasama berbisnis.

Inilah, Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana

Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana
Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana

Memulai usaha cafe sederhana tidak perlu membutuhkan modal yang terlalu besar. Dengan modal uang yang kecil pun sebagai pebisnis pemula sudah bisa membangun usaha cafe sederhana. Walaupun cafe ini akan hadir dengan ukuran yang cukup kecil dibanding cafe lainnya, akan tetapi tidak perlu khawatir karena sudah ada tips sukses membangun cafe di atas yang akan sedikit membantu kamu untuk menciptakan cafe yang berkelanjutan.

Untuk lebih rincinya, berikut gambaran rincian modal usaha cafe sederhana yang perlu kamu siapkan untuk segera beroperasi.

1. Peralatan Cafe

No.Peralatan CafeHarga
1.Espresso MachineRp   3.000.000,-
2. BlenderRp      500.000,-
3.Kompor Gas 2 TungkuRp      300.000,-
4.Mesin Cup SealerRp      575.000,-
5.Toko StainlessRp        80.000,-
6.Tamper KopiRp      300.000,-
7.Milk JugRp      150.000,-
8.Coffee Electric GrinderRp      700.000,-
9.5 Set Meja KursiRp   4.500.000,-
10.EtalaseRp   4.000.000,-
11.KulkasRp   1.500.000,-
Subtotal PeralatanRp 15.605.000,-
Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana untuk Peralatan Cafe

2. Perlengkapan Cafe

No.Perlengkapan CafeHarga
1.Toples Kedap Udara untuk KopiRp   150.000,-
2.30 Cangkir dan Piring SajiRp.   500.000,-
3. 30 Piring, Sendok, dan Garpu MakanRp.    500.000,-
Subtotal PerlengkapanRp  1.150.000,-
Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana untuk Perlengkapan Cafe

3. Bahan Baku dan Operasional

No.Bahan Baku dan OperasionalHarga
1.Bahan Baku Makanan(Mie Instan, roti, kentang goreng, dan lain-lain)Rp.  1.500.000,-
2.Bahan Baku Minuman(Biji kopi, susu, bubuk coklat, teh, dan lain-lain)Rp.  2.500.000,-
3.Listrik, Air dan GasRp  1.000,.000,-
Subtotal Bahan Baku dan OperasionalRp  5.000.000,-
Bahan Baku dan Operasional

Total rincian modal usaha cafe sederhana + sewa 

: Rp 21.755.000,- + Rp 10.000.000,-

: Rp 31.755.000,-

Rincian modal usaha cafe sederhana diatas dapat diperoleh lebih kecil atau besar tergantung pada lokasi cafe dan dimana kamu membeli peralatan, perlengkapan dan bahan bakunya.

Selesai, itulah tips dan rincian modal usaha cafe sederhana yang dapat kamu jadikan referensi untuk membuka usaha cafe sederhana. Segeralah mulai sekarang, dan semoga berhasil!

Bagikan:

Tinggalkan komentar