Contoh Proposal Usaha Ternak Sapi Potong yang Simpel

Halo, Sobat Wong Cerdas. Apa kamu tahu? Kebutuhan konsumsi daging sapi di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya. Permintaan daging sapi yang tinggi ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika dilakukan dengan pola usaha yang tepat. Usaha tersebut yaitu usaha ternak sapi potong. Wong Cerdas kali ini akan membahas tentang proposal usaha ternak sapi potong.

Proposal Usaha Ternak Sapi Potong

Untuk menjalankan suatu usaha, tentu memerlukan modal yang cukup agar usaha dapat berjalan maksimal. Modal dapat berasal dari tabungan pribadi, pinjaman bank, atau modal dari investor. Investor adalah orang atau organisasi yang bersedia mendanai atau memberi pinjaman modal usaha yang masih berada di tahap awal. Nah, untuk menggandeng investor, pengusaha harus mengajukan proposal usaha ternak sapi potong.

Hal Penting dalam Pengajuan Proposal Kerjasama Ternak Sapi

Proposal usaha ternak sapi potong yang dibuat berfungsi sebagai jembatan antara pengusaha dengan investor untuk mendapatkan modal usaha. Dalam pengajuan proposal kerjasama ternak sapi, proposal yang diajukan harus menarik. Selain itu, pengusaha juga harus mempresentasikan isi proposal usaha ternak sapi potong dengan baik dan rapi. Slide presentasi sebaiknya simpel dan tidak banyak tulisan.

Baca juga:
Ide dan Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi
Usaha Ayam Potong Rumahan

Apa Saja Isi Proposal Kerjasama Ternak Sapi?

Berikut adalah isi dan contoh proposal usaha ternak sapi potong:

1. Kata Pengantar Proposal Usaha Peternakan Sapi

Puji syukur kepada Tuhan YME karena berkat limpahan hidayah dan rahmat-Nya, proposal usaha ini dapat terselesaikan dengan baik.

Dengan ini, usaha yang akan saya dirikan adalah usaha ternak sapi potong. Saya mendirikan usaha ini karena penjual daging di sini kekurangan pasokan daging sapi. Oleh karena itu, saya berniat mendirikan usaha ini untuk memenuhi permintaan daging sapi yang tinggi. Namun, usaha yang ingin saya dirikan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, saya mengajukan proposal ini kepada Bapak/Ibu.

Saya berharap proposal ini dapat bermanfaat, khususnya bagi saya sendiri selaku pemohon, bagi Bapak/Ibu, dan bagi masyarakat sekitar. Saya sadar bahwa proposal ini masih terdapat kekurangan. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun akan saya terima untuk perbaikan proposal.

Sidoarjo, 26 Januari 2021

Pemohon

2. Pendahuluan

a. Latar Belakang

Permintaan dan konsumsi daging sapi semakin meningkat tiap tahunnya. Namun, pemasok daging di daerah ini kesulitan untuk mencukupi permintaan daging sapi di pasaran. Oleh karena itu, usaha ini didirikan dengan harapan dapat menyelesaikan masalah tersebut.

b. Visi dan Misi

Visi: Menjadi Penyedia Daging Sapi Terbaik se-Indonesia

Misi: Meningkatkan kesehatan sapi yang diternak, serta menghasilkan daging sapi sesuai permintaan pasar

3. Profil Bisnis

Proposal Usaha Ternak Sapi Potong
Proposal Usaha Ternak Sapi Potong
  • Jenis Usaha: Peternakan sapi potong
  • Nama Usaha: Sapiqu
  • Lokasi: Jl. Sapi Sehat No. 1, Sidoarjo

4. Struktur Organisasi/Tim

  • Pemilik Usaha: Salsabila
  • Manager: Azmi
  • Administrasi: Isma
  • Marketing: Ilham, dll.

5. Produk

Jenis produk kami yaitu daging sapi potong yang diproses dengan baik dan selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Keunggulan produk kami yaitu potongan yang rapi dan daging yang fresh.

6. Target Pasar

Target pasar kami yaitu para penjual daging di pasar sekitar peternakan dengan harapan agar pendistribusian daging mudah dan tidak memerlukan biaya banyak untuk perjalanannya.

7. Strategi Pemasaran

Kami akan menawarkan secara langsung kepada para penjual daging tersebut. Selain itu, kami juga akan memberikan voucher belanja tiap bulan kepada pembeli yang telah membeli daging sapi sebanyak 1 ton dalam 1 bulan.

8. Laporan Keuangan

[Laporan keuangan berisi alokasi dana, perhitungan laba, dan perhitungan bagi hasil. Perhitungan yang dilakukan harus logis karena akan menjadi acuan investor dalam menilai seberapa besar risiko usaha yang akan dimodali.]

9. Penutup

Usaha ternak sapi potong ini telah terkonsep dengan baik dan memiliki peluang pengembangan di kemudian hari. Hal ini ditinjau dari segi peluang pasar yang cukup terbuka, dari segi profit, dan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Demikian proposal usaha ternak sapi potong ini kami susun. Besar harapan kami untuk memperoleh dukungan dari Bapak/Ibu. Terima kasih.

10. Lampiran

Biodata pemilik usaha, surat perjanjian, surat izin usaha, sertifikat pelatihan, sertifikat halal, dan lampiran lain yang sekiranya diperlukan.

Demikian pembahasan tentang proposal usaha ternak sapi potong untuk investor. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan untuk Sobat Wong Cerdas yang akan memulai usaha ternak sapi potong.

Bagikan:

Tinggalkan komentar