Contoh Sederhana Proposal Usaha Ternak Ayam Petelur

Setelah membahas proposal usaha ternak sapi potong, kali ini Wong Cerdas akan bahas proposal usaha ternak ayam petelur. Sudah siap dapat ilmunya? Simak artikel ini sampai akhir, ya.

Proposal Usaha Ternak Ayam Petelur

Proposal usaha ternak ayam petelur merupakan suatu dokumen yang disiapkan pengusaha untuk menjelaskan usaha ternak ayam yang akan dijalankan. Biasanya, proposal ini disusun pengusaha untuk meminta bantuan modal usaha kepada investor. Proposal usaha yang baik yaitu proposal yang isinya jelas, lengkap, rapi, informasinya up to date, dan singkat tapi tidak meninggalkan kaidah penulisan yang berlaku.

Contoh Proposal Kelompok Tani Ternak Ayam Petelur

Usaha ternak ayam petelur yang dijalankan dapat berupa usaha perseorangan atau kelompok. Berikut adalah contoh proposal usaha ayam petelur 500 ekor yang dilakukan oleh sekelompok tani wanita beserta penjelasan singkatnya:

  1. Pendahuluan

Latar Belakang

Kehidupan di daerah ini masih mengalami keterbatasan karena kurangnya lapangan pekerjaan. Hal tersebut mengakibatkan kecilnya pendapatan masyarakat dan banyaknya pengangguran. Di samping itu, ternak ayam petelur masih menjadi usaha yang menjanjikan. Oleh karena itu, kami sebagai kelompok tani wanita berniat untuk membuka usaha ternak ayam petelur sebanyak 500 ekor dan menyerap tenaga kerja dari daerah tersebut untuk mengurangi angka pengangguran.

Visi dan Misi

Visi: Mengembangkan ternak ayam petelur yang sehat

Misi:

  • Memberikan pakan ternak terbaik
  • Memelihara kesehatan ayam yang diternak
Proposal Usaha Ternak Ayam Petelur
Susunan Proposal Usaha Ternak Ayam Petelur
  1. Profil Bisnis
  • Jenis Usaha: Ternak ayam petelur
  • Nama Usaha: The Loer
  • Lokasi: Jl. Telur Ayam, No. 1, Sidoarjo, Jawa Timur
  • Kontak: [cantumkan nomor telepon dan email perusahaan]

[Akan lebih baik lagi jika dalam proposal usaha ayam petelur 2021 juga dijelaskan mengapa memilih lokasi tersebut sebagai lahan ternak, dan sertakan juga denah atau peta lokasi]

Baca juga: Ide dan Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

  1. Struktur Organisasi
  • Pemilik Usaha: Salsa
  • Sekretaris: Mira
  • Bendahara: Khusnul, dst.

[Struktur organisasi dalam proposal usaha ternak ayam petelur ditulis sesuai bagian yang ada di perusahaan, juga dapat ditulis dalam bentuk bagan]

  1. Produk

Produk utama yang dihasilkan dari usaha kami adalah ayam petelur yang sehat. Namun, dalam proses pemeliharaan ayam petelur, kami juga menghasilkan feses ayam yang dapat dijadikan pupuk.

[Jelaskan produk apa saja yang dihasilkan, spesifikasinya, proses produksi, dan keunggulan produk]

  1. Target Pasar

Target pasar kami yaitu masyarakat Sidoarjo yang berprofesi sebagai penjual ayam petelur, penjual telur, dan pengusaha pupuk kompos.

[Pada bagian ini, bisa juga dijelaskan secara rinci siapa target pasarnya. Seperti target tinggal di mana, profesi, umur, jenis kelamin, dan lain-lain]

  1. Strategi Pemasaran

Pada awal usaha berdiri, kami akan memasarkan ayam petelur secara langsung ke pasar tradisional di sekitar peternakan. Lama-kelamaan, kami juga memasarkan produk ke seluruh pasar di Sidoarjo. Kami akan memberikan harga spesial setiap bulannya pada tanggal usaha ini didirikan.

[Jelaskan strategi pemasaran yang akan dilakukan agar usaha dapat bersaing di pasaran dan terus berkembang]

  1. Laporan Keuangan

Untuk mendirikan usaha ternak ayam petelur, kami mohon bantuan modal sebesar Rp33.600.000 (tiga puluh tiga juta enam ratus ribu rupiah) dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pembelian ayam : 500 ekor x Rp30.000 = Rp15.000.000
  2. Pembelian pakan : 10 kg x Rp10.000 = Rp100.000
  3. Pembelian obat : 20 set x Rp230.000 = Rp4.600.000
  4. Pembuatan kandang : 50 buah x Rp250.000 = Rp12.500.000
  5. Sewa tukang : 2 orang x Rp400.000 = Rp800.000
  6. Operasional (listrik dan air) : 3 bulan x Rp200.000 = Rp600.000

TOTAL = Rp33.600.000

[Laporan keuangan dibuat secara rinci dan jujur sesuai kebutuhan]

  1. Penutup

Demikian proposal usaha ternak ayam petelur yang kami ajukan. Dengan proposal ini, kami berharap dapat menjalankan usaha sesuai rencana, serta mengembangkannya. Terima kasih atas dukungan Bapak/Ibu terhadap usaha kami.

  1. Lampiran

[Lampiran berisi biodata pemilik, surat izin mendirikan usaha, surat permohonan bantuan, sertifikat tanah, dan berkas pendukung lainnya]

Nah, itu dia contoh proposal ayam petelur 500 ekor. Jika Sobat ingin membuat proposal ayam petelur 1.000 ekor atau proposal usaha telur ayam, sobat bisa mengganti isi proposal sesuai keinginan sobat. Sekian dulu informasi tentang proposal usaha ternak ayam petelur yang Wong Cerdas berikan. Semoga membantu, terima kasih.

Baca juga: Usaha Ayam Potong Rumahan

Bagikan:

Tinggalkan komentar