Bikin Proposal Usaha Rice Bowl, Usaha Lebih Terarah

Perkembangan pesat dunia kuliner telah merajalela di Indonesia, para pengusaha kuliner berbondong-bondong menumbuhkan inovasi untuk dapat mempertahankan usahanya. Para pebisnis baru muncul dengan inovasi yang tidak kalah cantiknya, salah satunya usaha kuliner rice bowl.

Bagi kamu yang ingin memulai usaha ini, saya akan berbagai proposal usaha rice bowl untuk dapat dijadikan referensi.

Akan tetapi, sebelum kamu mempelajari tentang proposal usaha rice bowl ini. Kamu harus tahu terlebih dahulu kenapa kamu memilih usaha ini untuk dijalankan? Bagaimana tentang prospek kedepannya?

Keuntungan Memulai Usaha dengan Bantuan Proposal Usaha Rice Bowl

Jangan sampai kamu melewatkan langkah yang satu ini yaitu membuat proposal usaha. Apa sih keuntungan memulai usaha dengan membuat proposal terlebih dahulu? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Menu yang Beragam

Varian menu yang beragam merupakan ciri makanan kekinian ini, karena mudah diolah untuk dipadukan dengan berbagai jenis makanan mulai dari varian masakan tradisional, sampai western menyapa inovasi rice bowl.

 Meski tampilan menarik, namun harus tetap memperhatikan cita rasa kualitas masakan seperti bahan baku yang fresh hingga penggunaan bahan yang alami. Sedangkan untuk proposal usaha rice bowl dapat dijadikan acuan informasi berapa modal yang harus kamu keluarkan.

2. Peluang Besar

Jelas dapat dibaca bahwa usaha rice bowl ini memiliki peluang yang besar, apalagi yang menikmati rice bowl kebanyakan anak muda. Jadi, tidak heran jika peluang besar untuk usaha ini dapat dilihat. Dan juga kamu harus memperhatikan target pasar rice bowl yang dituju karena ini akan disesuaikan dengan strategi usaha rice bowl.

Untuk proposal usaha rice bowl sendiri akan dapat membantu kamu membaca peluang pasar, atau strategi yang akan kamu gunakan untuk mempertahankan usaha ini. Karena proposal akan memuat kelebihan dan kelemahan untuk usaha rice bowl.

3. Promosi Usaha Mudah

Perkembangan dunia usaha pasti akan diimbangi dengan lajunya peningkatan teknologi, sehingga akan membantu usaha rice bowl ini berkembang dengan strategi promosi usaha yang sesuai. Dan dengan bantuan proposal usaha rice bowl, kamu akan lebih mudah untuk mengarahkan promosi apa yang tepat dan sesuai dengan pasar yang ada.

Proposal Usaha Rice Bowl

Proposal Usaha Rice Bowl
Proposal Usaha Rice Bowl

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Perkembangan yang ketat dalam dunia bisnis kuliner membuat pelaku usaha harus memiliki terobosan atau inovasi yang kreatif untuk dapat bertahan dan meningkat dalam bisnis kuliner. Dan salah satu usaha yang menjanjikan untuk dicoba yaitu usaha rice bowl.

Berbagai varian hadir untuk meramaikan usaha rice bowl, dengan tampilan yang disukai oleh banyak masyarakat khususnya anak muda. Hal itu dapat dilihat dari semakin banyaknya penjual rice bowl yang diimbangi dengan pembeli yang banyak di setiap outline rice bowl.

Usaha ini berdiri untuk memberikan peluang besar sekaligus solusi dalam hal primer kebutuhan manusia, dengan cara menjual makanan rice bowl yang siap saji ini tidak akan membuang waktu yang terlalu banyak sehingga rice bowl dapat menghemat waktu serta praktis untuk dikonsumsi dimanapun dan kapanpun.

2. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana visi, misi serta tujuan usaha rice bowl?
  2. Bagaimana aspek SWOT untuk diterapkan dalam usaha rice bowl?
  3. Bagaimana perkembangan terhadap aspek perencanaannya?

3. Tujuan Usaha Rice Bowl

  1. Mengetahui visi misi serta tujuan usaha rice bowl sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam penjualan rice bowl
  2. Memahami aspek SWOT untuk dapat mengembangkan ide, kreativitas dan inovasi rice bowl
  3. Mengetahui aspek perencanaan guna meningkatkan penjualan produk yang praktis, sehat dan halal

BAB II

PEMBAHASAN

1. Visi Misi dan Tujuan Usaha Rice Bowl

Visi merupakan gambaran yang menunjukkan arah tujuan yang jelas dan mudah dimengerti. Misi merupakan sebuah pernyataan yang menegaskan visi melalui bentuk pilihan yang akan diambil. Sedangkan untuk tujuan adalah sesuatu yang dapat diukur dan diperiksa secara SMART (Specific, Measurable, Accountability, Realistic, and Time Line)

  1. Visi

Menjadi usaha Rice Bowl yang berkualitas, unik, praktis serta tidak membosankan dalam bersaing di pasar kuliner

  1. Misi
  • Menyajikan kuliner Rice Bowl dengan menu yang bervariatif dengan unsur tradisional
  • Memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan Rice Bowl yang berkualitas
  • Melakukan pemasaran secara menyeluruh di berbagai lapisan mulai dari media internet, cetak dan langsung
  1. Tujuan

Memberikan alternatif pilihan menu makanan rice bowl yang hemat, praktis, unik, berkualitas serta dengan pelayanan yang memuaskan sehingga tidak membosankan.

2. Analisis SWOT

No.Strengths(Kekuatan)Weakness(Kelemahan)Opportunity(Peluang)Threats(Ancaman)
1.Bahan dasar alami tanpa pengawetTidak dapat bertahan lamaStok bahan melimpahBelum memiliki hak paten
2Harga terjangkau dengan berbagai menu pilihanModal terbatasBahan baku murahPesaing baru
3.Bahan baku mudah didapatKemasan dapat menyebabkan polusi alamAkses bahan baku mudahHarga bahan baku yang mengikuti pasar
4.Menerapkan pelayanan primaKurang tahunya pemahaman orang menangani menu pilihanKonsumen cenderung mencari kuliner yang unikProduk mudah ditiru
5.Kemasan fungsional dan praktisTidak menyediakan menu minumanDapat dijadikan inspirasi oleh pedagang lainPersaingan dalam pilihan menu dan penyajian
Analisis SWOT Rice Bowl

3. Aspek-Aspek Perencanaan

  1. Aspek Pemasaran
  • Target konsumen

Masyarakat yang tinggal di Kota Kediri serta lingkungan kampus UNISKA yang berusia antara 17-35 tahun.

  • Situasi Persaingan

Belum ada persaingan secara ketat dalam menjual produk usaha, karena belum terlalu banyak pesaing yang menjual rice bowl.

  • Jumlah dan Harga Produk

Jumlah harga untuk satu rice bowl : Rp 10.000,-

  1. Aspek Produksi
  • Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan usaha rice bowl adalah ayam, cabai hijau dan bahan lainnya yang mudah ditemukan dipasaran.

  • Alat atau Teknologi

Alat yang digunakan dalam pembuatan usaha rice bowl adalah gas elpiji, kompor, kulkas, rice cooker, mangkok, sendok dan garpu serta panci dan pisau.

  • Proses Produksi

Proses produksi dimulai dengan menyediakan bahan baku, terus memproses pengelolaan bahan baku dan dijual ke konsumen.

  • Kapasitas Produksi

Produksi satu kali dapat menghasilkan 15 mangkuk rice bowl yang akan bertahan dalam waktu 24 jam.

  1. Aspek Manajemen
  • Bentuk Usaha

Usaha rice bowl merupakan usaha dibidang kuliner sehingga menciptakan rasa dan kekhasan masakan untuk disesuaikan oleh selera masyarakat setempat dengan memadukan unsur modern.

  • Struktur Organisasi

Untuk struktur dapat dimulai dari manajer yang akan membawahi bidang penjualan mencakup promosi dan distribusi, bidang produksi mencakup persedian bahan baku dan peralatan, serta bidang pembukuan yang mencakup kasir dan pembukuan keuangan.

  1. Aspek Keuangan
  • Investasi
No.KeteranganHarga
1.Kompor, gas dan rice cookerRp   550.000,-
2.Panci, baskom, pisau dan talenanRp   150.000,-
3.KulkasRp 1.800.000,-
4.Seperangkat sendokRp    150.000,-
TotalRp 2.250.000,-
  • Bahan Baku Produksi
No.KeteranganHarga
1.Bahan Baku( Ayam, lada, kecap dan lain-lain)Rp 1.000.000,-
2.Sendok PlastikRp    100.000,-
3Mangkuk RiceRp    300.000,-
TotalRp 1.400.000,-
  • Biaya Operasional
No.KeteranganBiaya
1.Listrik dan AirRp  100.000,-
2.Biaya Operasional (Tenaga Kerja)Rp   800.000,-
TotalRp  900.000,-

Kebutuhan modal awal untuk memulai usaha Rice Bowl adalah sebesar semua biaya yang dikeluarkan : Rp 4.550.000,-

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Sebuah rencana melalui proposal memang sangat penting ketika akan memulai bisnis. Karena itu yang akan menjadi acuan untuk mengembangkan bisnis usaha rice bowl. Rencana yang dibuat setidaknya akan cukup sedikit menggambarkan situasi bisnis yang akan dijalankan agar berjalan dengan baik. Sehingga, pemilik dapat terus mengembangan usaha rice bowl.

Itulah keuntungan memulai bisnis dengan bantuan proposal usaha rice bowl yang dapat kamu jadikan bahan bacaan dan pertimbangan untuk melangkah membuat usaha rice bowl. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar