Tips Jitu Membuat Proposal Usaha Minuman & Contohnya

Bisnis bisa dilakukan oleh seseorang secara individu. Dengan modal sendiri atau meminjam modal. Namun jika tidak mempunyai modal, hal yang paling sering dilakukan adalah mencari investor, alih-alih meminjam. Nah, si investor ini biasanya tidak langsung menerima ajakan kerjasama. Dia bunuh proposal, dan untuk tulisan kali ini saya akan fokus mengulas bagaimana membuat proposal usaha minuman.

Membuat proposal usaha minuman memang tidaklah begitu sulit. Namun kamu mesti tahu tips-tips jitu agar investor tertarik menanamkan modal ke usaha minuman punyamu. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasan selengkapnya bagaimana tips bikin proposal usaha minuman.

Cara Membuat Proposal Usaha Minuman

Proposal usaha minuman, khususnya sangat penting jika kamu pengin menjalin kerjasama dengan investor. Selain tentu saja peluang usaha minumannya yang juga tak kalah menggiurkan. Bagaimana kita sering menemukan usaha-usaha minuman kekinian di pinggir jalan.

Nah untuk itu kamu perlu bikin proposal yang ringkas saja, tapi padat. Itu berguna untuk menyiasati bertemu dengan calon investor yang tidak punya waktu membaca. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan hal-hal berikut ketika bikin proposal usaha minuman. Biar nanti proposal bikinan kamu enggak diabaikan begitu saja.

1. Pastikan Bikin Pendahuluan

Hal utama yang sangat tidak boleh luput adalah membikin pendahuluan. Apapun itu, tidak hanya proposal usaha minuman, semua butuh yang namanya pendahuluan. Bagian pendahuluan ini sangat penting agar investor tahu dan mengerti apa yang melatarbelakangi kamu bikin usaha yang tengah kamu ajukan tersebut.

Pada bagian ini kamu bisa mencantumkan visi misi proposal usaha minuman. Dan jangan lupa pula cantumkan tujuan bikin usaha dan target penjualan. Sehingga investor sudah bisa mengukur kira-kira uangnya bakal balik selama berapa waktu.

2. Menulis Profil

Profil ini juga sama pentingnya dengan yang tadi. Kamu bisa menjelaskan di dalam proposal, entah proposal usaha minuman kekinian ataupun proposal usaha minuman unik. Jika kekinian, kamu harus menjelaskan kenapa minuman yang bakal kamu jual kekinian. Dan kalau memilih yang unik, kamu harus sanggup menguraikan apa keunikan dari minuman.

Bagian profil ini juga sangat berguna bagi investor. Ia pada akhirnya bisa menganalisa pasar dan pada akhirnya menentukan, kira-kira berapa dana yang bakal digelontorkan ke usaha minuman milikmu tersebut.

3. Jelaskan Produk

Menjelaskan produk akan sangat berguna jika kamu pengin dapat investor. Investor bisa saja membatalkan kerjasamanya apabila di dalam proposal yang kamu bikin tidak ada penjelasan produk secara detail. Padahal sama seperti proses marketing, kamu juga harus menjelaskan produk yang bakal kamu jual dengan sedetail mungkin.

4. Tentukan Target Pasar

Bagaimana mungkin seorang investor mau investasi apabila di dalam proposal usaha minuman kamu tidak belum ada target pasar? Enggak mungkin lah ya bakal di-approve. Jadi pastikan dulu target pasar kamu. Kalau misalkan minuman kekinian, target pasarnya siapa? Anak muda, begitu misalnya. Atau kamu bisa juga mengelompokkan pembeli berdasarkan pekerjaan dan jenis kelamin.

5. Buatlah Strategi Pemasaran

Investor kemungkinan besar akan tertarik apabila kamu bikin proposal usaha minuman lengkap dengan strategi pemasarannya. Tipsnya kamu bisa menulis di dalam proposal bagaimana nantinya promosi usaha minuman punyamu itu bekerja. Bakal seperti apa? Ini akan sangat berguna bagi investor untuk menganalisa seberapa besar keuntungan yang didapatkannya.

6. Buat Agar Tampilan Proposal Menarik

Tips berikutnya agar proposal usaha minuman tidak diacuhkan begitu saja, kamu bisa mendesain proposal kamu biar kelihatan lebih menarik. Sebab konon kata orang, sikap seseorang terhadap sesuatu bergantung pada tatapannya yang pertama. Jika investor itu melihat tampilan proposal yang kamu bikin itu eye catching, besar kemungkinan ia kan melanjutkan membacanya.

Coba bayangkan saja apabila proposal yang kamu buat itu saklek. Ya misalnya seperti makalah anak-anak SMA, atau seperti disertasi, tentu akan membuat calon investor akan pusing terlebih dahulu, apalagi kalau isinya kacau. Jadi usahakan tampilan proposalmu menarik, biar calon investor segan buat melihat dan membacanya.

Contoh Proposal Usaha Minuman

proposal usaha minuman
Proposal Usaha Minuman

Setelah tadi kamu mengetahui tips-tips membuat proposal usaha minuman, kini saya punya contohnya. Nah, karena biar enggak kepanjangan, saya akan memberikan contoh proposal usaha produk minuman, khusus thai tea. Tahu kan thai tea? Itu lho, minuman yang sekarang sedang ngetren. Berikut contoh proposal usaha minuman thai tea sederhana.

1. Konsep

Mengusung minuman kekinian, thai tea atau teh Thailand yang sedang tren di masyarakat, pemilik usaha pun ingin membuatnya. Apalagi minuman jenis yang satu ini punya rasa yang nikmat dan khas. Paling pas buat penghapus dahaga di tengah terik matahari. Bisnis ini jadi potensial karena cita rasanya tidak asing di lidah masyarakat.

2. Deskripsi Produk

Thai Tea merupakan teh khas Negeri Gajah Putih, Thailand. Teh ini terbuat dari teh hitam, susu evaporasi, dan krim kental manis. Selain itu juga ada tambahan rempah-rempah, terutama bunga lawang. Thai tea ini sudah dikenal masyarakat Thailand sendiri sejak tahun 1980-an.

3. Harga Produk

Produk ini akan dijual seharga Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu per cup, dengan konsep minum di tempat. Atau boleh take away. Orang-orang bisa menikmati thai tea tanpa harus berada di lokasi, alias bisa dipesan via online.

4. Promosi

Promosi akan digencarkan di media-media sosial. Dari mulai Facebook, Instagram, dan Twitter. Oh ya selain itu, juga ada rencana menggencarkan promosi via TikTok, media sosial yang tengah digandrungi anak muda.

5. Target Pasar

Target pasar minuman thai tea ini tentu saja anak-anak muda dan kalangan milenial. Usianya sekitar 15-30 tahunan. Selain itu juga mereka yang gemar jajan di pinggir jalan.

6. Analisis SWOT (Kompetitor)

Kompetitor yang paling nampak adalah kafe-kafe. Karena di sana juga kebanyakan menjual thai tea. Namun, untuk yang di pinggir jalan, penjual thai tea ini tidak terlalu banyak. Apalagi tidak ada penjual thai tea di lokasi yang sudah ditentukan.

Analisis SWOT (Kelebihan)

Thai tea punya rasa yang nikmat dan juga unik. Bahan bakunya juga tidak sulit untuk dicari.

14. Analisis SWOT (Kelemahan)

Persaingan yang semakin banyak, dan berubahnya tren minuman di dalam masyarakat itu sendiri.

Analisis SWOT (Opportunity)

Minuman yang berpeluang disukai banyak orang, karena rasanya yang nikmat dan khas Thailand.

Mungkin itulah tadi sepintas mengenai tips untuk membuat proposal usaha minuman, dan beserta contoh sederhananya. Yup, kesimpulannya, membuat proposal usaha, apapun itu sangatlah penting. Hal itu selain agar menarik minat para investor juga akan memudahkan kamu untuk merencanakan sebuah usaha.

Namun begitu, kamu juga harus tetap memperhatikan aspek-aspek lainnya. Ya, intinya kalau kamu mau bikin usaha, mestilah direncanakan dengan masak-masak. Tapi jangan cuma berencana, nanti enggak jadi-jadi tuh bisnisnya. Hehe.

Bagikan:

Tinggalkan komentar