Contoh Proposal Usaha Gas Elpiji 3 kg dan Penjelasannya

Masih tentang “melon ijo”, nih. Kali ini Wong Cerdas akan membahas tentang proposal usaha gas elpiji 3 kg. Proposal usaha adalah suatu dokumen yang memuat unsur-unsur internal dan eksternal dalam memulai usaha baru.

Tujuan dari dibuatnya proposal usaha adalah sebagai media untuk menjelaskan usaha yang akan didirikan agar mendapatkan izin usaha atau mendapatkan bantuan dana dari para investor. Untuk informasi lengkapnya, simak di bawah ini, ya.

Ada baiknya kamu membaca resiko usaha gas elpiji ini

Proposal Usaha Gas Elpiji 3 kg

Dalam membuat proposal usaha gas lpg 3 kg, tentu tidak bisa asal tulis. Selain menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, ada beberapa poin yang harus tertulis dalam proposal usaha gas elpiji 3 kg, yaitu sebagai berikut:

  1. Pendahuluan

Pendahuluan berisi penjelasan singkat mengenai usaha yang akan dijalankan. Bisanya terdiri dari latar belakang, tujuan, dan visi misi.

  1. Profil Usaha

Bagian ini menjelaskan jenis usaha, nama usaha, lokasi usaha, dan kontak yang dapat dihubungi.

  1. Struktur Organisasi

Cantumkan struktur organisasi pada proposal usaha gas elpiji 3 kg, mulai dari pemilik usaha, administrasi, marketing, dan lain-lain sesuai divisi yang ada pada usahamu. Struktur ini bisa juga dibuat dalam bentuk bagan organisasi.

  1. Produk

Bagian ini berisi penjelasan produk yang dijual secara spesifik, seperti ukuran, jenis, kegunaan, kelebihan, dan lain-lain.

  1. Pemasaran

Pada bagian pemasaran dalam proposal usaha gas elpiji 3 kg, jelaskan tentang target pasar, strategi pemasaran yang akan dilakukan, hingga kebijakan harga.

  1. Laporan keuangan

Laporan keuangan berisi rencana pemodalan, estimasi biaya, dan pendapatan yang ditulis secara rinci, jujur, dan sesuai kebutuhan.

  1. Penutup

Gunakan kata-kata penutup yang menarik dan mendukung terealisasinya isi yang tercantum dalam proposal usaha gas elpiji 3 kg.

  1. Lampiran

Lampirkan biodata pemilik usaha, surat izin usaha pangkalan gas elpiji 3 kg, surat perjanjian dengan agen elpiji, surat izin usaha perdagangan, dan dokumen lainnya yang dibutuhkan.

Beneran udah yakin mau bisnis gas elpiji? Baca yuk cara memulai usaha gas elpiji 3 kg.

Berikut adalah contoh proposal usaha gas elpiji 3 kg sebagai sub agen atau pangkalan yang bisa kamu jadikan referensi:

Proposal Usaha Gas Elpiji 3 kg 2 1
Proposal Usaha Gas Elpiji 3 kg

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Penggunaan gas elpiji di Indonesia semakin lama semakin meningkat dan sudah menjadi kebutuhan dasar rumah tangga untuk keperluan memasak. Maka, tak heran jika pasokan gas elpiji semakin dibutuhkan, terutama gas elpiji 3 kg yang disubsidi oleh pemerintah. Oleh karena itu, kami berniat untuk membuka usaha dengan menjadi sub agen atau mitra PT Pertamina dalam mendistribusikan gas elpiji ke tangan konsumen.

  1. Visi dan Misi

Visi: Menjadi sub agen gas elpiji 3 kg terpercaya di Surabaya

Misi: Memberikan pelayanan terbaik dan mencukupi permintaan pasar

PROFIL USAHA

Berikut adalah profil usaha kami:

  1. Jenis Usaha: Sub Agen Gas Elpiji 3 kg
  2. Nama Usaha: Toko Bagas Gas
  3. Lokasi Usaha: Jl. Maju Muncul No. 1, Surabaya
  4. Kontak: 08123123123 (WA)

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi pada usaha kami terdiri dari:

  1. Pemilik Usaha: Bagas
  2. Administrasi: Salsa
  3. Marketing: Azmi
  4. Logistik: Ilham

PRODUK

Produk yang kami sediakan yaitu gas elpiji 3 kg dalam tabung berwarna hijau dari pertamina yang dapat dipasang pada kompor gas.

PEMASARAN

Kami telah menetapkan target pasar dan strategi pemasaran sebagai berikut:

  1. Target Pasar

Target pasar kami yaitu masyarakat di Jl. Maju Muncul dan sekitarnya, terutama ibu rumah tangga, karyawati, wirausaha, dan mahasiswi.

  1. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang akan kami terapkan yaitu saat awal berdiri, kami memberikan diskon 20% selama seminggu dan menyebar brosur ke setiap rumah, pengecer, dan usaha makanan di Jl. Maju Muncul dan sekitarnya. Kami juga akan mempromosikan usaha kami di media sosial.

LAPORAN KEUANGAN

Untuk mendirikan usaha ini, kami memerlukan modal awal menjadi sub agen gas elpiji 3 kg sebesar Rp41.110.000 dengan rincian sebagai berikut:

  1. Menyewa tempat usaha 1 tahun = 1 unit x Rp5.000.000 = Rp5.000.000
  2. Alat Pemadam Api Ringan 6 kg = 3 buah x Rp270.000 = Rp810.000
  3. Motor roda 3 = 1 unit x Rp9.000.000 = Rp9.000.000
  4. Tabung gas 3 kg = 200 buah x Rp125.000 = Rp25.000.000
  5. Pembuatan brosur promosi = 4.000 lembar x Rp100 = Rp400.000
  6. Listrik, air, dan bensin = 3 bulan x Rp300.000 = Rp900.000

TOTAL = Rp41.110.000

Ini merupakan rincian modal bagi sub agen yang lebih besar, coba baca untuk menjadi pengecer gas elpiji aja dulu yuk di artikel ini:

Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 Kg

PENUTUP

Demikian proposal usaha gas elpiji 3 kg yang kami ajukan. Kami berharap, dengan adanya proposal ini, kami dapat menjalankan usaha dengan baik dan dapat mengembangkannya di kemudian hari. Besar harapan kami untuk bisa mendapatkan dukungan dan bantuan dari Bapak/Ibu. Terima kasih.

Itulah contoh proposal usaha gas elpiji 3 kg yang bisa Wong Cerdas berikan. Semoga usahamu berjalan lancar dan mendapat keberkahan. Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini sampai akhir. Tunggu artikel menarik lainnya, ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar