5 Platform Ecommerce Terbaik di Indonesia

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi banyak dimanfaatkan untuk membantu kepentingan manusia termasuk dalam berbelanja. Masyarakat dapat membeli kebutuhan sehari-hari atau barang-barang lainnya melalui toko online yang terdapat pada sejumlah platform ecommerce terbaik.

Namun, tahukah kamu apa platform ecommerce itu? Pengertian dari istilah ini sebenarnya yaitu sebuah skema bisnis online yang dilakukan melalui sebuah situs atau website dan aplikasi yang di dalamnya sudah terdapat berbagi katalog produk dan fitur pembayaran untuk pembeli dengan beberapa metode. Jika kamu penasaran, yuk baca informasi tentang platform ecommerce di bawah ini!

Platform Ecommerce Terbaik di Indonesia

Nah, untuk kamu senang berbelanja dengan cara praktis, menggunakan platform ecommerce tersebut bisa menjadi pilihan terbaik. Setiap platform tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh sebab itu, kamu wajib mengetahui sejumlah informasi tentang platform ecommerce ini sebagai referensi ketika berbelanja. Berikut ini merupakan platform ecommerce terbaik yang dapat kamu kunjungi.

1. Tokopedia

Tokopedia merupakan sebuah platform ecommerce terbaik Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 William Tanuwijaya dan Leontinus A. Edison. Nama Tokopedia terdiri dari kata Toko dan Pedia. Keduanya memang memiliki arti yaitu tempat berbelanja (Toko) dan Pedia yang diambill dari kata ensiklopedia. 

Perkembangan platform ini terbilang sangat baik karena dapat bertahan di posisi atas dari daftar ecommerce Indonesia bersaing dengan Shopee. Dengan jumlah pengunjung sekitar 135 juta setiap bulannya, Tokopedia berada di urutan pertama sebagai ecommerce terbaik pada tahun 2021.

Para pendiri Tokopedia memiliki sebuah tujuan dan  misi dalam mendirikan platform tersebut. Mereka ingin mempermudah masyarakat melakukan kegiatan perdagangan dengan menggunakan perkembangan teknologi. Setelah beberapa tahun, Tokopedia memberikan sejumlah pelayanan lain, seperti pembayaran bpjs, kartu kredit, tiket, logistik dan lain-lain. 

Hal ini pun membuat Tokopedia menjadi ecommerce terkuat dibandingkan platform dari dalam negeri. Selain itu, Tokopedia juga telah dinobatkan sebagai salah satu perusahaan unicorn di Indonesia. 

Platform ecommerce terbaik buatan anak bangsa ini memiliki peran dalam mendorong perkembangan dan kemajuan usaha dari para pelaku UMKM. Para pelaku usaha kecil maupun perorangan dapat memasarkan barang mereka  melalui Tokopedia dengan cepat dan mudah. 

2. Shopee

Sophee merupakan salah satu platform ecommerce terbaik yang dapat kamu pilih untuk berbelanja online. Platform ini dirintis di Singapura pada tahun 2015. Setelah resmi berdiri, Shopee pun mulai membuka cabangnya di negara lain, termasuk di Indonesia

Pada kuartal ke-IV tahun 2019, Shopee mampu menunjukkan keunggulan pada saat menduduki peringkat pertama sebagai platform ecommerce teratas di Indonesia. Walaupun posisinya berada di peringkat kedua, pengunjung situsnya masih cukup besar karena mampu menyentuh angka 127 juta pengunjung per bulannya. Untuk  aplikasi e commerce Shopee sendiri sudah diunduh oleh 100 juta penggunanya.

Saat ini Shopee yang memiliki warna khas oranye ini telah melebarkan bisnisnya hingga ke beberapa negara lain selain Indonesia yaitu Malaysia, Taiwan dan Vietnam. Bahkan shopee juga sudah mulai membuka layanan websitenya di Amerika Selatan, tepatnya di negara Brasil.

3. Bukalapak

Platform Ecommerce Terbaik
Platform Ecommerce Terbaik

Bukalapak adalah platform ecommerce terbaik Indonesia yang dirintis pada tahun 2010. Pendirinya, Achmad Zaky beserta dua rekan kuliahnya dari ITB, yaitu Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono mendirikan platform ecommerce ini dengan tujuan untuk menjadi media yang membantu UMKM memasarkan produknya secara online, sehingga dapat berkembang dengan lebih baik.

Bukalapak juga memberikan dukungan penuh pada para pengusaha kecil seperti warung untuk berani memulai bertransaksi secara online. Pendiri dari platform ini mendapatkan ide ketika pada tahun 2010 permintaan akan sepeda dan aksesoris bersepeda meningkat.

Pada tahun tersebut, para pendirinya pun mencoba untuk memfasilitasi anggota komunitas bersepeda untuk mencari barang yang diperlukannya dengan mudah. Solusinya adalah dengan membuka toko online yang menyediakan barang-barang tersebut.

Pada tahun 2017 Bukalapak berhasil menjadi salah satu perusahaan unicorn di Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga menjadi salah satu platform ecommerce terbesar Indonesia yang berhasil mencatatkan 34 juta lebih pengguna aktif pada tahun 2021.

4. Lazada

Platform ecommerce terbaik selanjutnya adalah Lazada. Lazada merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ecommerce yang berbasis di Singapura. Berdiri pada tahun 2012, platform ecommerce ini kini sudah memiliki  cabang di beberapa negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura. 

Lazada merupakan bagian dari perusahaan ecommerce besar yaitu Alibaba Group dari China. Karen hal ini, para pengguna tak perlu heran, jika mereka akan menemukan  banyak seller ataupun produk yang berasal dari negara tersebut pada situs resminya. 

Platform ini juga mencatatkan jumlah kunjungan pengguna sampai jutaan yaitu sekitar 30 juta pengguna aktif yang mengunjungi situsnya setiap bulan. Dibandingkan dengan platform ecommerce lain, Lazada Indonesia memiliki keunggulan dalam hal jumlah pengikut di facebook yang mencapai 31 juta orang, sedangkan untuk aplikasi e commerce Lazada sendiri sudah lebih dari 100 juta unduhan di Play Store.

5. Blibli

Blibli masuk dalam deretan platform ecommerce terbaik yang didirikan oleh pengusaha Indonesia. Pada tahun 2021, platform ini berhasil menduduki urutan kelima sebagai situs layanan ecommerce terbaik di dalam negeri. Platform ecommerce dengan ciri khas warna biru ini termasuk bagian dari Djarum Group. 

Didirikan pada tahun 2011, Blibli masih bertahan dengan baik sampai sekarang, bahkan diprediksi akan segera menjadi salah satu ecommerce yang menjadi perusahaan unicorn.Selain itu, platform ini juga berhasil menarik sekitar 19 juta kunjungan setiap bulannya. 

Tampilan dari website Blibli cukup menarik karena warna birunya yang cerah dan desainnya yang bernuansa modern. Apabila dibandingkan dengan website ecommerce yang lain, situs Blibli lebih banyak menawarkan barang elektronik, fashion, home living, gadget, tiket, event dan sebagainya. 

Sekian informasi tentang platform ecommerce terbaik di Indonesia ini kami bagikan. Semoga dengan penjelasan di atas, kamu semakin yakin untuk berbelanja dengan mengunjungi platform tersebut. Selain praktis, kamu pun dapat membantu UMKM untuk berkembang.

Bagikan:

Tinggalkan komentar