10 Perusahaan Packaging di Indonesia, Apa Saja?

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia mungkin masih awam dengan yang namanya perusahaan pengemasan. Sesungguhnya peran perusahaan packaging di Indonesia sangatlah besar dan akan terus dibutuhkan oleh berbagai perusahaan bidang produksi, baik yang melakukan aktivitas produksi dalam jumlah yang besar maupun usaha rumahan.

Kehadiran perusahaan pengemasan dapat menghasilkan kemasan – kemasan yang pas dan menarik bagi mata para konsumen. Maka dari itu, kehadiran jenis perusahaan ini menjadi semacam penghubung yang baik antara perusahaan produsen dan konsumennya yakni masyarakat.

Di artikel kali ini, wongcerdas.com ingin berbagi informasi kepada sobat tentang 10 perusahaan kemasan yang ada di Indonesia. Siapa tahu lewat artikel ini sobat juga dapat menyegarkan kembali ingatan tentang kehadiran perusahaan pengemasan dalam hidup kita.

Perusahaan Packaging di Indonesia

Sesuai dengan namanya, jenis perusahaan ini berperan sebagai pengemas suatu produk yang dimiliki oleh sebuah usaha. Seperti yang sudah disebutkan di pendahuluan, skala perusahaan pengemas pun beragam, ada yang membentuk kemitraan dengan perusahaan – perusahaan besar yang memproduksi dalam jumlah masif, ada juga tingkat menengah yang dapat diakses oleh masyarakat dengan harga terjangkau.

Umumnya, kemasan yang menarik mata konsumen adalah yang akan dipasarkan. Akan tetapi, semakin berkembangnya zaman maka semakin tinggi pula penggunaan plastik dan bahan lain yang dapat mencemarkan lingkungan. Hal ini membuat banyak perusahaan pengemasan harus menyesuaikan lagi strateginya untuk dapat membuat kemasan – kemasan ramah lingkungan, dengan tetap tidak menurunkan estetika yang memikat masyarakat.

10 Perusahaan Packaging di Indonesia

Tadi kita sudah mengetahui sedikit tentang perusahaan pengemasan. Nah, sekarang saatnya sobat Wong Cerdas bisa menyimak 10 daftar perusahaan packaging di Indonesia, seperti yang telah kami janjikan di awal artikel tadi, yang meliputi profil dan lokasinya.

Perusahaan Packaging di Indonesia
10 Perusahaan Packaging di Indonesia

1. PT. Pacific Indo Packing

Perusahaan pengemasan yang telah beroperasi sejak 2004 dan sudah mengantongi izin dari Badan Karantina Pertanian ini berfokus pada pengemasan kayu dalam berbagai bentuk, misal box, peti, dan pallet. PT. Pacific Indo Packing juga berperan besar dalam pemenuhan bahan dasar kayu demi kepentingan ekspor Indonesia.

Alamat dan kontak: Rungkut Mapan Barat V BE 1 Surabaya. Jawa Timur, 60293 (031-8782912 / 081553193141).

Baca juga tentang daftar perusahaan packaging di Surabaya yang sudah kami bahas ya sobat.

2. PACKAGING.CO.ID

Perusahaan ini melayani pengemasan dalam berbagai bahan dan bentuk, seperti mangkuk kertas, kardus pizza, dan kantong plastik. Packaging.co.id juga bisa dibilang memiliki jangkauan yang merakyat karena melayani usaha dalam skala apapun, mulai dari UKM hingga perusahaan besar.

Alamat dan kontak : Jl. Imogiri Timur Km.7 No.66 Grojogan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, 55194 (0274-4396794 / 0816677618).

3. Indomas Packaging

Perusahaan packaging di Indonesia yang selanjutnya adalah Indomas Packaging. Perusahaan pengemas yang sudah berdiri sejak tahun 1980 ini dapat dikatakan sebagai pelopor flexible packaging di Indonesia. Bisa dikatakan juga sebagai salah satu perusahaan packaging terbesar di Indonesia.

Perusahaan Packaging di Indonesia
Indomas merupakan Perusahaan Packaging di Indonesia
Sumber: https://indomas-packaging.co.id/

Indomas Packaging telah menghasilkan berbagai kemasan untuk produk makanan, minuman, obat – obatan, dan perawatan diri. Pada tahun 2013, perusahaan ini dianugerahi ISO 22000:2005 Food Safety Management System.

Alamat dan toko: Jalan Pulau Nusa Barung Km 10,5 Kawasan Industri Medan (KIM) 1, Medan, 20242 (061-6851936)

4. Sari Indah Packaging Industries. PD

Salah satu perusahaan pengemas di Makassar ini berfokus pada produksi kemasan yang berbahan dasar kertas dan karton. Contoh wujud produknya adalah kotak makan dan jenis kemasan kotak lainnya.

Alamat dan kontak: JL. Adipura, No. 24, Panakkukang, Karuwisi Utara, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (0411-448323)

5. PT. Industri Pembungkus Internasional

Berlokasikan dekat dengan Indomas Packaging, PT. Industri Pembungkus Internasional telah hadir sejak 1972 dan sudah mengantongi berbagai sertifikasi. Sejak awal berdiri, perusahaan packaging di Indonesia yang satu ini berfokus pada pengemasan karton, dan hingga kini produksinya tidak hanya dalam bentuk kotak karton tetapi juga jenis folding.

Alamat dan kontak toko: Jl. Pulau Nusa Barung (Jl. K. L. Yos Sudarso Km 10,5 KIM), Medan, 20242 (061-6850333)

6. PT. Kemasan Ciptatama Sempurna

Jika sobat Wong Cerdas dari tadi mencari perusahaan yang fokus pada kemasan styrofoam, maka PT. Kemasan Ciptatama Sempurna ini jawabannya. Contoh kemasan styrofoam yang diproduksi perusahaan ini adalah kotak makan dan botol susu. Selain itu, mereka juga menyediakan PE foam, net foam untuk buah – buahan, serta sendok dan garpu plastik.

Alamat dan kontak: Desa Randupitu, Kec, Gempol, Pasuruan, Jawa Timur (0343-633866)

7. Yogyakartas.com

Perusahaan Packaging di Indonesia
Layanan dari Perusahaan Packaging di Indonesia
Sumber: Yogyakartas.com

Perusahaan pengemasan milik PT. Yogyakartas Mega Grafika, perusahaan pengemas ini sudah berdiri selama 7 tahun dengan lebih dari 10.000 klien. Yogyakartas.com menawarkan kemasan – kemasan berbahan kertas dalam beberapa bentuk, misal tas kertas, kantong kertas, kertas roti, dan box makanan.

Alamat dan kontak: Jl. Imogiri Timur KM 7 No. 66 Grojokan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. 55194 (0274-4396759)

8. PT. Sarana Sinar Sulawesi

Berlokasikan di ibukota Sulawesi Selatan, PT. Sarana Sinar Sulawesi melayani pengemasan produk makanan dan minuman dengan bahan dasar plastik. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menangani pengolahan plastik.

Alamat dan kontak: JL Kima 3, No. 3 Kav. N/4-B-3, Tamalanrea Biringkanaya, Daya, Makassar, Daya, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245 (0411-514885).

Baca juga: perusahaan packaging di Cikarang

9. Putrama Packaging

Satu lagi perusahaan packaging di Indonesia yang terletak di Yogyakarta, Putrama Packaging melayani pengemasan dalam berbagai bentuk, yakni kemasan plastik, botol, dan kertas. Perusahaan pengemas ini juga melayani jasa sablon bagi pengusaha yang ingin memproduksi kemasan dengan logo produknya sendiri.

Alamat dan kontak: Jl. Godean Km 4,5 Kwarasan, Nogotirto, Kec. Gamping, Kab. Sleman, DIY, 55292 (082324400919)

10. Gudang Kemasanku

Perusahaan pengemas yang berlokasikan di ibukota Bali ini berfokus pada kemasan botol dengan berbagai bahan, misal aluminium, kaca, dan plastik foodgrade. Gudang Kemasanku juga melayani pengemasan produk spa dan hotel, botol pestisida, botol farmasi, dan toples.

Alamat dan kontak: Jl. Imam Bonjol No. 367 Denpasar, Bali, 80119 (081353526090 / 087702063388)

Nah, itulah daftar perusahaan packaging di Indonesia. Setelah membaca artikel ini, apakah pengetahuan sobat Wong Cerdas tentang perusahaan pengemasan bertambah? Pantau terus update dari wongcerdas.com untuk artikel – artikel menarik lainnya seputar usaha dan bisnis!

Bagikan:

Tinggalkan komentar