30+ Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran Paling Lengkap

Pertanyaan tentang strategi pemasaran bisa kamu buat untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk memberikan poin-poin evaluasi atau bahan pengembangan usaha, mewawancara pengusaha untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang digunakan, dan lain sebagainya. 

Hal ini tentu sangat penting. Pasalnya, strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari segala proses yang ada di dalam perusahaan. Produksi, pengelolaan keuangan, operasional, sumber daya manusia, itu adalah bagian dari ‘dapur’ perusahaan. 

Sedangkan pemasaran, itu merupakan sesuatu yang hubungannya erat dengan pelanggan secara langsung. Tentu saja, hal ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Perumusan strategi pemasaran, evaluasi, atau menemukan bahan-bahan evaluasi, harus dilakukan seoptimal mungkin. 

Maka dari itu, pertanyaan tentang strategi pemasaran dari berbagai kebutuhan seperti peningkatan penjualan, pemasaran di media sosial, promosi, dan lain sebagainya harus segera ditemukan. Selain cepat ditemukan, kamu juga perlu ketepatan dalam pertanyaan yang dibuat. 

Kira-kira, bagaimana pertanyaan yang harus diajukan? Jika ingin mengetahuinya, silakan simak uraian berikut.

Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan

Soal tentang strategi pemasaran produk atau pertanyaan yang harus diajukan untuk meningkatkan penjualan produk dan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan, biasanya tak jauh-jauh tentang pelanggan, lokasi, internet, serta promosi. Bagaimana contoh pertanyaannya? 

  1. Bagaimana upaya perusahaan dalam mengenali pelanggan? 
  2. Apa saja hal yang harus diperhatikan dari pelanggan?
  3. Aktivitas apa saja yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi keinginan dan juga kebutuhan pelanggan?
  4. Apakah layanan yang dipersonifikasi untuk setiap pelanggan itu penting dilakukan? Jika iya, sebutkan alasannya!
  5. Jika sewaktu-waktu perusahaan tidak menemukan lokasi yang strategis untuk outletnya, langkah apa yang harus dilakukan perusahaan untuk mengatasi hal ini?

Sesuaikan saja dengan apa yang ada kaitannya dengan pelanggan. Biasanya, yang dilakukan perusahaan itu tak akan melenceng jauh dari keinginan dan juga kebutuhan pelanggan. 

Contoh Pertanyaan Wawancara tentang Strategi Pemasaran

Banyak pengusaha yang berhasil dalam menerapkan strategi pemasaran tertentu. Namun, hal tersebut merupakan bagian dari perusahaan yang informasinya tidak boleh dikorek lebih dalam karena memang merupakan rahasia dari perusahaan.

Maka dari itu, hargai mereka dengan memberikan pertanyaan tentang perencanaan strategi pemasaran sebagai berikut. 

  1. Menurut Bapak/Ibu, apa saja yang menjadi indikator bahwa strategi pemasaran yang digunakan bisa efektif?
  2. Kapan dan dalam kondisi seperti apa yang mengharuskan perusahaan mengganti strategi pemasaran?
  3. Apakah strategi pemasaran harus diubah secara berkala atau menggunakan strategi yang sama setiap waktu? 
  4. Hal apa yang menjadi pertimbangan paling penting dalam menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan?

Nah, teks pertanyaan untuk wawancara yang bisa kamu lakukan, kurang lebih seperti yang telah dituliskan di atas. Pada pertanyaan tersebut, tidak ada yang langsung menjurus pada, “strategi pemasaran apa yang digunakan?” Pertanyaan ini, bisa saja dianggap tidak menghargai rahasia dari perusahaan yang mereka jalankan. 

Pertanyaan tentang Pemasaran Media Sosial

Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran
Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran

Media sosial telah menjadi salah satu kanal untuk memasarkan produk maupun jasa. Alasannya tentu saja, karena sebagian besar orang suka menghabiskan waktu di media sosial. Hal ini tentu saja harus menjadi salah satu fokus bagi perusahaan untuk memanfaatkannya sebagai medium pemasaran.

Pertanyaan tentang strategi pemasaran online yang bisa diajukan yakni sebagai berikut:

  1. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi convertion rate dalam strategi pemasaran online? 
  2. Bagaimana karakteristik dari audience yang terdapat dalam informasi analitik dan bagaimana menjaring mereka agar menjadi pembeli atau pelanggan? 
  3. Apa alasan banyak orang banyak menghabiskan waktu mereka di media sosial? 
  4. Bagaimana memanfaatkan alasan tersebut menjadi strategi pemasaran?
  5. Apakah strategi pemasaran dengan membuat konten A, B, atau C bisa meningkatkan minat calon konsumen untuk melakukan pembelian? 
  6. Apa saja indikator dari strategi pemasaran online bisa dikatakan efektif?
  7. Berapa biaya optimal yang harus dikeluarkan untuk memaksimalkan kinerja dari pemasaran online? 
  8. Jika perusahaan bisa memperoleh Rp 100.000.000 dalam sebulan karena mengeluarkan biaya iklan sebesar Rp 15.000.000 per bulan, apakah jika biaya iklan ditingkatkan bisa langsung mempengaruhi penghasilan yang didapatkan? 

Seperti yang telah dikatakan di awal, kamu hanya perlu mengerti saja tentang pelanggan, alat, dan segala hal yang ada hubungannya dengan strategi pemasaran. Dengan itu, pertanyaan-pertanyaan yang cukup baik bisa diajukan untuk menjadi bahan evaluasi selanjutnya. 

Pertanyaan tentang Strategi Promosi untuk Pemasaran Syariah

Hampir sama dengan materi lainnya, untuk promosi bisa dibuat sesuai dengan keinginan serta kebutuhan pelanggan. Misalnya saja, silakan lihat contoh pertanyaan tentang strategi pemasaran syariah untuk menjaring masyarakat yang memegang teguh nilai-nilai keagamaan dan moralitas berikut:

  1. Hal apa yang membedakan antara strategi pemasaran syariah dan strategi pemasaran konvensional? 
  2. Apa saja karakteristik strategi pemasaran syariah?
  3. Bagaimana membangun citra perusahaan berorientasi pada spiritual-based organization?
  4. Karakter seperti apa yang menjadi segmen pasar ketika perusahaan menggunakan strategi pemasaran syariah? 
  5. Hal apa saja yang menjadi indikator strategi pemasaran untuk bisa membangun belief system pada diri pelanggan bahwa perusahaan syariah lebih baik dibandingkan perusahaan non-syariah? 

Sederhananya, pertanyaan yang diajukan tidak bisa jauh-jauh dari konsep, karakteristik, prinsip, atau bahkan pengertian secara mendasar dari strategi pemasaran syariah. Hal ini biasanya akan sangat menjawab kebutuhan konsumen yang memang memegang teguh moralitas dan nilai-nilai religiusitas. 

Sederhananya, pemasaran tersebut lebih berfokus pada segmen pasar yang spesifik yakni pelanggan dengan ciri-ciri yang telah disebutkan. Biasanya, ini akan sangat efektif jika digunakan untuk ‘mendapatkan hati’ dari segmen tersebut. 

Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran dalam Berbagai Posisi Persaingan

Pertanyaan tentang strategi pemasaran produk dan juga jasa yang ada pada berbagai posisi persaingan, tentu saja harus mengetahui siapa perusahaan yang kamu emban, siapa yang menjadi pemimpin pasar, penantang pasar, pengikut pasar, dan juga yang menjadi relung pasar. 

Posisi perusahaan sangat penting untuk mengetahui di mana sebenarnya letak perusahaanmu dalam pasar. Apakah ia sudah dikenal atau belum? Apakah produknya berpotensi untuk menjadi pemimpin pasar, dan lain sebagainya. Contoh pertanyaan yang bisa diajukan yakni sebagai berikut:

  1. Apa saja yang menyebabkan perusahaan tertentu bisa menjadi pemimpin pasar? 
  2. Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan menjadi pemimpin pasar?
  3. Strategi apa yang dilakukan agar perusahaan bisa menjadi pesaing utama dari pemimpin pasar? 
  4. Produk apa saja yang masuk ke dalam kategori market challenger dalam produk mie instan, teknologi, dan pertanian saat ini? 
  5. Apa saja yang perlu dilakukan oleh market challenger untuk mengurangi dominasi pemimpin pasar? 
  6. Apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan dari market follower? 
  7. Apakah perusahaan yang berada dalam relung pasar memiliki sustainability yang panjang? Jika iya/tidak, sebutkan alasan logis mengenainya. 

Pertanyaan yang diajukan tidak akan jauh dari keempat hal tersebut yakni; market leader, market challenger, market nicher, dan juga market follower. Keempatnya, memang selalu ada dalam setiap pasar dan dalam persaingan produk serta jasa apapun. 

Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran Pariwisata

Contoh pertanyaan tentang strategi pemasaran yang dilakukan untuk pariwisata, biasanya sih langsung menawarkan apa saja yang akan didapatkan oleh pengunjung untuk ketika mengunjungi tempat wisata. 

Atau jika yang dimaksud dengan pemasaran pariwisata adalah untuk agennya, maka yang perlu dipromosikan adalah layanan, kelebihan, kekurangan, harga, dan lain sebagainya. 

Contoh pertanyaan tentang strategi pemasaran pariwisata adalah sebagai berikut:

  1. Hal apa saja yang ada dalam tempat wisata yang bisa digunakan untuk membangung identitas wisata?
  2. Bagaimana prosentase penurunan biaya konektivitas ketika low season yang menyebabkan penurunan pendapatan perusahaan? 
  3. Apakah competitive destination model masih efektif untuk menggaet wisatawan? 
  4. Pemberian incentive sales membutuhkan biaya yang besar, keputusan apa saja yang dilakukan jika perusahaan sedang mengalami penurunan pendapatan? 

Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran Jasa

Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran
Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran Terlengkap

Beberapa pertanyaan tentang strategi pemasaran khusus untuk jasa sepertinya jangan terlalu jauh dari apa saja layanan yang akan diberikan. Misalnya saja, menunjukkan kualitas, informasi lengkap seperti harga, kelebihan jasa dibandingkan yang lain, atau bisa juga langsung memberikan penawaran khusus. 

Contohnya begini:

  1. Penggunaan promosi secara online dan offline, memang harus dilakukan. Namun, jika menggunakan dua jenis promosi tersebut, biaya yang akan dikeluarkan menjadi sangat besar. Padahal, perusahaan sedang mengalami penurunan pendapatan. Menurutmu jenis promosi mana yang dipilih? 
  2. Layanan apa yang akan diberikan agar konsumen tidak merasa kerepotan dalam mengurusinya? 
  3. Bagaimana mengelola keluhan pelanggan? 
  4. Apakah strategi edukasi bagi pelanggan sangat penting dalam pemasaran jasa? Jelaskan alasannya!
  5. Bagaimana strategi CS agar berhasil closing? 
  6. Mana yang dipilih antara harga yang sama dengan di pasaran atau menentukan harga sendiri namun tetap rasional? Jelaskan alasannya. 

Pertanyaan tentang Strategi Pemasaran dalam Bisnis Ritel

Nah, kalau pertanyaan tentang strategi pemasaran khusus untuk bisnis ritel, contohnya yakni sebagai berikut: 

  1. Bagaimana membuat iklan di Google Ads yang efektif untuk bisnis ritel? 
  2. Apa kelebihan dan kelemahan guerilla marketing dalam bisnis ritel? 
  3. Bagaimana memenangkan persaingan dalam marketplace e commerce yang besar atau mendunia? 

Itulah beberapa pertanyaan tentang strategi pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar