6 Pertanyaan tentang Ide dan Peluang Usaha

Kamu senang mencoba berbagai hal yang baru? Ingin lari dari kesibukan pekerjaan formal dan membuka usaha sendiri? Sebelum melepaskan semuanya, saran kami bacalah seluruh informasi seputar bisnis termasuk puluhan hingga ratusan pertanyaan tentang ide dan peluang usaha.

Semakin banyak yang kamu tahu semakin dekat pula gerbang kesuksesan yang kamu dapatkan. Hasilnya, di masa depan nanti, kamu tidak lagi membebankan orang tua atau orang lain.

Manfaat Ide dan Peluang Usaha

Ide dan peluang usaha memiliki dua definisi yang berbeda. Ide merupakan buah pikiran yang diperoleh seseorang setelah berpikir cukup lama. Sementara peluang usaha adalah proses atau terapan dari aktivitas tertentu yang menghasilkan keuntungan finansial.

Banyak yang berpikir ide usaha dan peluang usaha adalah dua proses yang sama. Padahal tidak semua ide usaha bisa membuahkan hasil manis karena belum teruji konsepnya. Kamu penasaran ingin tahu apa manfaat ide dan peluang usaha? Intip yuk penjelasannya di bawah ini:

1. Menikmati Masa Tua yang Nyaman

Sama seperti semua orang, kamu memiliki banyak sekali harapan salah satunya hidup bahagia dan nyaman di masa tua. Bisa membeli rumah yang bagus, kendaraan modern, dan memiliki banyak uang. Semua keinginan tersebut hanya bisa kamu peroleh setelah mewujudkan ide dan peluang usaha.

2. Tidak Pernah Merasa Kekurangan Materi

Pertanyaan tentang peluang dan resiko usaha, jawabannya bisa 50:50, lebih besar atau lebih kecil tergantung strategi bisnis dan usaha apa yang kamu kerjakan. Bila kamu cukup beruntung, beberapa tahun setelah merintis usaha kamu akan mencicipi rasa manis dari buah kerja keras tersebut.  

Baca juga:

3. Pembuktian atau Aktualisasi Diri di Masa Muda

Setiap orang punya ambisi, begitu pun juga kamu. Kamu cukup memilih ingin melakukan apa dan menjadi apa di masa depan nanti. Satu hal yang pasti, penerapan ide dan peluang usaha membantumu melakukan aktualisasi diri sebagai pribadi matang, bersahaja dan sukses.

Baca juga: Analisa Usaha Studio Photo

Pertanyaan tentang Ide dan Peluang Usaha

Apa sih yang ingin kamu miliki dalam satu tahun atau dua tahun ke depan? Apa itu smartphone keluaran terbaru, rumah baru atau mobil baru? Memiliki segalanya bukan lagi khayalan semata setelah kamu berhasil mengembangkan ide dan peluang usaha.

Pertanyaan tentang Ide dan Peluang Usaha
Pertanyaan tentang Ide dan Peluang Usaha

Yuk, tunggu apalagi segera wujudkan impianmu menjadi pengusaha hebat dan sukses. Sebelum itu, catat semua jawaban dari contoh pertanyaan tentang bisnis berikut ini:

1. Apa bakat yang kamu miliki?

Pebisnis memiliki kompetensi yang berbeda dari pekerja biasa. Pola pikirnya lebih kompleks dan dinamis mengikuti pergerakan bisnis sehari-hari. Adakah secuil saja bakat pebisnis yang kamu miliki?

2. Apa produk yang kamu jual sesuai kebutuhan pasar?

Pertanyaan tentang ide dan peluang usaha umumnya berkaitan dengan produk yang hendak atau akan kamu produksi. Ketika kamu memilih mengikuti tren dan menjual produk populer, kesempatan sukses dan resikonya 50:50. Berimbang antara permintaan pasar dengan daya saing penjual.  

3. Lebih baik mana, bisnis sendiri atau join franchise?

Franchise bisa jadi jalan keluar yang tepat jika kamu ingin mengembangkan bisnis yang cepat dengan trafik keuntungan tinggi. Kamu masih ragu? Maka ajukan pertanyaan tentang ide usaha pada dirimu sendiri, adakah ide usaha yang cukup berharga untuk kamu eksekusi?

4. Apa yang membuatmu berpikir bisnismu fresh dan berbeda?

Saat kamu lebih condong pada ide usaha, kamu berusaha sekeras mungkin berpikir kreatif dan inovatif demi menghasilkan ide bisnis terbaru dan unik. Maka kerjakanlah dan lakukan sepenuh hati. Terutama setelah kamu melakukan survey, penelitian dan pendekatan di sana-sini.

5. Potensialkah bisnis yang hendak kamu kerjakan ini?

Berpikir positif dan optimis merupakan kunci sukses sebagai pengusaha. Pertanyaan tentang ide dan peluang usaha yang sulit juga tidak akan mengurangi tekad dan hasratmu menjadi pebisnis sukses. Potensial atau tidak suatu bisnis hanya bisa dilihat ketika produk atau jasa telah dilemparkan ke pasaran.

6. Masih bertahankah bisnismu setelah 2 tahun?

Masa paling krisis seorang pengusaha adalah dua tahun pertama bisnisnya apalagi jika kamu menjalankan bisnis dari nol dengan ide usaha baru. Hindari kekecewaan dan kegagalan bisnis dengan mempersiapkan beberapa strategi marketing atau manajemen bisnis.

Mau apa kamu setelah lulus pendidikan nanti, apa menjadi seorang pengusaha sukses? Yuk, simak seluruh pertanyaan tentang ide dan peluang usaha di atas agar kamu siap memasuki dunia bisnis yang kejam.

Yuk pelajari juga cara jitu Identifikasi Peluang Usaha Baru di artikel kami di sini:

Baca juga: Identifikasi Peluang Usaha Baru

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar