30+ Pertanyaan tentang Etika Bisnis Paling Lengkap

Saya kok yakin banget kalau yang mencari pertanyaan tentang etika bisnis ini dilakukan oleh mahasiswa tengil untuk memojokkan temannya yang sedang presentasi? Kalau benar begitu, ya sudah tidak apa-apa. Tapi, jangan keseringan agar ia tak kembali ke wajahmu. 

Dan lagi, soal nilai itu sebenarnya nggak perlu dirisaukan. Kalau nilai ujianmu bagus, pendapatmu ketika diberi pertanyaan bagus, dan juga pertanyaan kamu berbobot, kamu tidak perlu mencari lagi soal pertanyaan tentang etika bisnis di mesin pencari. Padahal loh, membuatnya sangat mudah. 

Hal yang perlu kamu lakukan hanya belajar diktat terkait etika bisnis yang disarankan oleh dosenmu. Pelajarilah hal fundamentalnya seperti isi dan juga tujuan dari adanya etika bisnis dalam perusahaan, nantinya kamu bisa langsung merinci mengenai apa saja faktor, komponen, dan bahkan dengan membuat pertanyaan sendiri. 

Sebatas pengalaman saya, sih, kalau ada yang mencari pertanyaan tentang etika bisnis di mesin pencari, biasanya kamu sangat malas belajar, malas dengerin dosen, dan juga mager buat mikir. Kalau gitu, dengan berat hati saya katakan, percuma saja kuliah. Mending berhenti aja, hehe. 

Nggak, bercanda. Silakan berlakulah sesukamu, termasuk untuk menyudutkan temanmu yang sedang presentasi. Itupun kalau kamu tidak keberatan dicap sebagai teman yang tidak setia, nggak punya hati nurani, dan hanya mau nilai dari dosen saja. 

Hal tersebut merupakan yang paling saya tentang. Kalau ada yang menanyakan seperti itu waktu saya di kelas, jangan harap bisa tenang setiap ada pertemuan. Biasanya akan tambah saya cecar sampai habis itu alasan yang ada di kepala. Mau menyusahkan teman? Saya kembalikan kesusahannya. 

Bagi yang masih ngebet pengin ngerti, silakan simak beberapa contoh pertanyaan tentang etika bisnis berikut ini.

Pertanyaan tentang Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Lebih baik, pertanyaan yang kamu ajukan harus dari yang mudah terlebih dahulu. Pertanyaan berikut ini sangat cocok jika kamu lontarkan saat awal sesi tanya jawab telah dibuka. Begini contohnya. 

  1. Bagaimana penerapan etika bisnis pada perusahaan yang kamu teliti atau kamu pilih?
  2. Apa saja manfaat penerapan etika bisnis terhadap perusahaan?
  3. Mengapa setiap perusahaan perlu menerapkan etika bisnis dan juga tanggung jawab sosial? 

Seperti yang telah dikatakan, berikan saja dulu pertanyaan yang mudah-mudah atau pembuka. Setelah itu, terserah kamu mau menanyakan yang sesulit apapun. Hitung-hitung buat pemanasan. 

Pertanyaan Sulit tentang Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Memang, diskusi tentang etika bisnis dan tanggung jawab sosial sangat menarik untuk dilakukan. Pasalnya, memang seringkali ditemukan ada perusahaan yang tidak menerapkan etika bisnis dan membuatnya tidak peduli terhadap tanggung jawab sosial yang seharusnya dilakukan. 

Silakan ajukan beberapa pertanyaan ini dalam diskusi tersebut:

  1. Dalam etika bisnis, terdapat istilah etika utilitarianisme. Dengan hasil materi yang sudah dipaparkan tadi, bagaimana kalian menjawab bahwa perusahaan yang dipilih sudah menerapkannya atau belum?
  2. Secara teoritis, ada sekitar empat teori moral dalam etika bisnis. Menurut kelompok yang sedang presentasi, apakah ada kemungkinan bahwa satu perusahaan bisa memegang keempat teori moral tersebut dan menerapkannya tanpa adanya pro-kontra dari masyarakat?
  3. Setiap keputusan yang diambil oleh perusahaan, selalu memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat. Terhadap keputusan tersebut, terkadang ada yang pro dan juga ada yang kontra atau menolaknya. Menurut kelompok yang presentasi, bagaimana menyelesaikan tuntutan kelompok kontra?

Nah, itu tanyain aja kalau kamu memang berniat untuk memojokkan teman-teman yang sedang presentasi di kelas. Namun jangan lupa untuk terus menyimaknya. Nanya doang tapi nggak menyimak jawabannya, adalah seburuk-buruknya perilaku dalam lingkar pertemanan. 

Pertanyaan tentang Teori Etika Bisnis

Kalau di awal sudah dimulai dengan yang mudah dan juga yang lumayan membutuhkan waktu untuk menjawab, sekarang mulai bertanya secara teoritis saja.

  1. Etika bisnis juga menjelaskan sedikit tentang teori keadilan sosial yang dibikin oleh John Rawls yang mengatakan bahwa teorinya ingin menyelesaikan kontroversi yang menjadi dilema antara liberty dan equality. Apakah hal ini bisa dimungkinkan untuk diterapkan oleh perusahaan? 
  2. Dalam etika bisnis, sudah diketahui tentang prinsip yang harus dipegang teguh oleh perusahaan dan sebisa mungkin diterapkan secara utuh. Namun, apakah kondisi ideal untuk memegang prinsip tersebut bisa terlaksana dengan baik untuk diterapkan? 
  3. Bagaimana contoh penerapan etika bisnis yang sederhana dalam setiap kegiatan bisnis sesuai dengan yang kamu ketahui?

Pertanyaan Essay tentang Etika Bisnis

Contoh pertanyaan tentang etika bisnis yang bisa kamu gunakan untuk memberikan soal essay yakni sebagai berikut:

  1. Apakah dalam teori relativisme etika bisnis ada aturan baku yang mengaturnya? Jika ada, sebutkan. 
  2. Apa saja yang harus dilakukan perusahaan agar penerapan etika bisnis bisa berhasil?
  3. Apa saja dampak negatif yang akan didapatkan jika dalam suatu perusahaan tidak diterapkan etika bisnis? 

Pertanyaan tentang Etika Bisnis dalam Dunia Modern

Pertanyaan tentang Etika Bisnis
Pertanyaan tentang Etika Bisnis

Di dunia modern ini, sepertinya etika menjadi salah satu pembahasan yang sudah asing di telinga banyak orang. Pasalnya, ideologi ‘cuanisme’ sudah merajalela dan cenderung ingin melakukan apapun tanpa adanya kompas moral yang jelas. Nah, dalam etika bisnis, ada beberapa pertanyaan mendasar yang bisa kamu sampaikan:

  1. Apa saja etika bisnis yang harus diterapkan dalam perusahaan? Sebutkan contoh secara praktiknya saja!
  2. Menurut kamu, apa saja contoh etika bisnis yang buruk dan seharusnya tidak dilakukan dalam dunia modern saat ini?
  3. Apakah etika masih penting dalam perusahaan di dunia modern yang cenderung bebas nilai?

Pertanyaan tentang Etika Bisnis dalam Manajemen SDM

Sebenarnya, penerapan etika bisnis itu penerapannya bisa secara menyeluruh atau tidak hanya terbatas pada bidang. Salah satunya adalah di bidang manajemen SDM. Bagaimana contoh pertanyaannya? Nih, kira-kira begini:

  1. Apa saja konsekuensi yang akan didapatkan oleh SDM dalam perusahaan jika melakukan perilaku yang melanggar etika atau perilaku tidak etis? 
  2. Apa saja yang menyebabkan karyawan, pegawai, dan yang sejenis bisa sampai melakukan perilaku tidak etis?
  3. Bagaimana implementasi etika bisnis di dalam manajemen sumber daya manusia yang kamu ketahui? 
  4. Bagaimana kamu merencanakan strategi yang tepat agar sumber daya manusia dalam perusahaan bisa menerapkan seluruh konsep etika?

Pertanyaan tentang Etika Bisnis dalam Islam

Soal tentang etika bisnis islam ini bisa kamu ajukan untuk menguji seberapa pemahaman tentang etika bisnis menurut Islam yang sebelumnya telah dijelaskan. Begini contohnya:

  1. Apa saja prinsip yang melandasi Nabi Muhammad SAW ketika menjalankan transaksi dalam perdagangan?
  2. Silakan sebutkan apa saja kaidah yang diupayakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk pedagang profesional!
  3. Bagaimana penjelasan bisnis menurut Nabi Muhammad SAW sesuai dengan apa yang ada dalam Islam? Jelaskan beberapa aturan moral yang bisa dikategorikan ke dalam lingkungan halal dan juga haram!

Pertanyaan tentang Etika Bisnis dan Profesi

Biasanya, kalau pertanyaan etika bisnis dalam urusan profesi, ada kaitannya dengan apa pekerjaan dari orang terkait, misalkan saja ada dokter, perawat, insinyur, dan lain sebagainya. Pertanyaan yang bisa kamu lontarkan adalah sebagai berikut:

  1. Menurut kamu, apa saja yang menjadi tujuan etika profesi?
  2. Ada beberapa prinsip yang diterapkan dalam etika profesi, sebutkan dan jelaskan!
  3. Bagaimana peran etika profesi terhadap suatu kepentingan publik? 
  4. Apa saja yang menjadi penyebab dari pelanggaran kode etik profesi?
  5. Bagaimana sistem penilaian yang dilakukan untuk etika profesi?
  6. Bagaimana kamu menjelaskan mal praktik pada birokrasi dengan sudut pandang etika profesi?
  7. Silakan jelaskan tentang praktik korupsi dan mengapa ia disebut sebagai salah satu pelanggaran dalam etika profesi!

Kamu bisa menanyakannya untuk mengetes seberapa dalam pengetahuan orang yang kamu tanyakan tentang etika dalam profesi yang sedang diembat atau sedang digelutinya. Jika mengerti, biasanya mereka akan menjadikannya sebagai ‘tolok ukur’ moral dalam berperilaku. 

Jika tidak, maka sangat besar kemungkinan orang tersebut bisa melakukan pelanggaran terhadap etika profesinya. 

Pertanyaan tentang Etika Bisnis dalam Pemasaran

Pertanyaan tentang Etika Bisnis
Pertanyaan tentang Etika Bisnis Lengkap

Seperti yang telah dijelaskan tadi, bahwa etika bisnis merupakan hal yang harus diterapkan dalam berbagai bidang ataupun divisi dalam perusahaan, termasuk juga dalam pemasaran. Dengan ini, nantinya pihak yang menyusun strategi dan menerapkan strategi pemasaran akan tetap memperhatikan etika bisnis. 

Contoh pertanyaan tentang etika bisnis dalam pemasaran yang bisa diajukan yakni sebagai berikut:

  1. Menurut kamu, mengapa perusahaan harus melaksanakan prinsip etika pemasaran ketika menjalankan aktivitasnya?
  2. Jelaskan bagaimana penerapan prinsip etika pemasaran di dalam suatu perusahaan?
  3. Silakan berikan contoh konkret mengenai penerapan etika pemasaran dalam suatu perusahaan yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga terkait!

Itu adalah beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan ketika ingin mengetahui apakah dalam suatu perusahaan sudah menerapkan etika bisnis dalam pemasaran atau tidak. 

Saat ini, yang sering saya lihat justru sebaliknya. Sederhananya, banyak yang tidak menggunakan etika pemasaran ketika mereka melakukan campaign atas suatu produk atau jasa. Hal ini bisa ditemukan di dalam perusahaan kecil ataupun yang sudah besar sekalipun. 

Pernah dengar testimoni dari pelanggan yang langsung menampilkan khasiat? Ada beberapa peraturan yang dilanggar olehnya. Saya pernah membaca bahwa ada aturan yang tidak memperbolehkan perusahaan apapun agar tidak menampilkan hal tersebut karena menurut peraturan tersebut memang tidak etis jika akan ditampilkan. 

Akan tetapi, seperti yang telah diketahui, sekarang sudah banyak yang menampilkan testimoni. Contoh saja produk-produk kesehatan yang entah terbukti atau tidak dan malah menggunakan orang lain sebagai ‘tukang testimoni’ yang menunjukkan keberhasilannya. 

Iklan-iklan seperti ini, harusnya telah dicekal lantaran telah melanggar persetujuan. Pentingnya penerapan etika bisnis, sebenarnya untuk mencegah hal-hal yang demikian terjadi. 

Pertanyaan tentang Etika Bisnis terhadap Konsumen

Setelah kamu mengetahui beberapa pertanyaan mulai dari pemasaran, sumber daya manusia, profesi, dan juga pemasaran. Sekarang, ada juga beberapa pertanyaan yang harus kamu lontarkan terhadap konsumen ataupun pelanggan dari produk ataupun layanan yang perusahaanmu sediakan:

  1. Menurut kamu, mengapa hak konsumen pertimbangan utama bagi produsen ketika melakukan produksi harus mendasarkannya pada hak-hak konsumen? 
  2. Apa saja yang dilakukan oleh pemerintah dan juga perusahaan dalam rangka menjaga dan juga melindungi hak konsumen?
  3. Bagaimana contoh konkrit pelanggaran perusahaan terhadap hak konsumen? 

Nah, uraian di atas mungkin sudah cukup lengkap untuk daftar pertanyaan tentang etika bisnis dari berbagai sisi. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar