20+ Pertanyaan tentang Bauran Pemasaran Marketing Mix

Kuliah itu memang ada-ada saja ya. Sekarang ini kamu sedang ingin menyudutkan teman yang sedang presentasi dengan pertanyaan tentang bauran pemasaran atau marketing mix. Jika iya, maka silakan untuk mengambil langsung pertanyaan yang akan disediakan di bawah ini.

Pertanyaan dan jawaban tentang bauran pemasaran bisa diambil berdasarkan tujuh komponen yang ada di dalamnya yakni physical evidence, people, process, promotion, place, price, dan product. Pertanyaannya bisa langsung mengambil pengertian atau langsung menanyakan faktor apa saja yang memengaruhinya. 

Daripada berlama-lama, cancut tali wondo langsung gas saja untuk mengetahui daftar pertanyaan dari bauran pemasaran ini. 

Pertanyaan tentang Bauran Pemasaran dan Jawabannya

Tanya jawab tentang bauran pemasaran dapat kamu ambil dari hal-hal fundamentalnya terlebih dahulu. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. Apa definisi dari marketing?

Marketing atau pemasaran merupakan proses yang dilakukan oleh perusahaan ataupun organisasi untuk mempromosikan dan menawarkan produk maupun jasa yang dimiliki. 

2. Apa definisi bauran pemasaran?

Bauran pemasaran merupakan kumpulan alat untuk memasarkan produk maupun jasa yang dimiliki perusahaan agar mendapatkan respon baik dari target pasar. 

3. Apa saja 7 elemen dalam marketing mix atau bauran pemasaran?

Produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan juga bukti fisik. 

4. Jelaskan definisi product dalam bauran pemasaran

Secara sederhana, produk bisa didefinisikan sebagai suatu barang maupun jasa yang akan dijual oleh suatu perusahaan ataupun bisnis. 

5. Jelaskan definisi price dalam bauran pemasaran

Price ataupun harga merupakan nilai dan sejumlah uang yang harus digunakan untuk mendapatkan barang maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan ataupun suatu bisnis. 

Contoh Soal Strategi Pemasaran 

Soal untuk strategi pemasaran ya nggak jauh-jauh lah dari konsep, pengertian, jenis-jenis, dan yang pokoknya punya keterkaitan dengan pemasaran. Misalnya begini:

1. Apa yang tidak termasuk dalam komponen bauran pemasaran…

a. People

c. Place

b. Physical evidence

d. Pop up

2. Jumlah uang yang perlu dibayarkan untuk mendapatkan barang atau jasa dalam bauran pemasaran disebut…

a. Pay

c. Rewards

b. Price

d. Finance

3. Pengenalan produk atau jasa agar konsumen tertarik untuk membelinya dalam bauran pemasaran disebut …

a. Sponsoring

c. Ads

b. Selling

d. Promotion

Pertanyaan tentang Marketing Mix 7P

Untuk menentukan pertanyaan tentang bauran pemasaran lokasi dan saluran distribusi kamu bisa mempertimbangkan aspek seperti definisi, siapa saja yang terlibat, pertimbangan pemilihan saluran distribusi, dan penentuan lokasi.

Hal itu merupakan poin penting yang ada dalam elemen lokasi dan juga saluran distribusi dalam bauran pemasaran. Contohnya adalah sebagai berikut. 

  1. Apakah yang dimaksud dengan proses distribusi?
  2. Apa saja tugas pokok dari agent middleman?
  3. Apa saja kriteria pemilihan saluran distribusi yang baik untuk perusahaan?
  4. Pertimbangan apa saja yang dilakukan untuk menentukan lokasi gudang milik perusahaan?

Pertanyaan Wawancara tentang Bauran Pemasaran

pertanyaan tentang bauran pemasaran
Pertanyaan tentang Bauran Pemasaran

Pertanyaan tentang marketing mix atau bauran pemasaran yang bisa kamu lakukan untuk mewawancara narasumber dari suatu perusahaan maupun individu yang aktif dalam usaha maupun bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Dalam bauran pemasaran, ada elemen product. Bagaimana definisi praktis dari penerapan elemen tersebut dalam perusahaan yang dijalankan? 
  2. Seberapa pentingkah elemen physical evidence untuk meningkatkan penjualan perusahaan?
  3. Apa saja yang dipertimbangkan agar strategi place dalam bauran pemasaran bisa efektif bagi perusahaan?

Berikan saja pertanyaan tersebut, jaminan mutu bakal kelimpungan yang disuruh menjawabnya. 

Pertanyaan tentang Bauran Pemasaran Harga

Pertanyaan di atas memang mantap untuk dilemparkan pada teman yang sedang presentasi. Selain itu, ada lagi nih, yakni pertanyaan tentang bauran pemasaran harga atau price. Begini pertanyaannya. 

  1. Faktor apa saja yang dipertimbangkan untuk menetapkan harga suatu produk?
  2. Bagaimana strategi perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor yang harga produknya lebih murah namun dengan kualitas produk yang sangat baik?
  3. Seringkali kita menemukan perusahaan mendiskon produk maupun jasanya. Apa yang menjadi alasan selain karena produknya?

Nah, gimana? Agak susah kan ya? Kalau minat, langsung saja lemparkan pertanyaan tersebut. 

Pertanyaan tentang Bauran Pemasaran Internasional 

Kali ini, cocok banget bagi kamu yang memang niatnya untuk menembus pasar internasional. Pertanyaan tentang bauran pemasaran promosi dan beberapa elemen lainnya dalam mix marketing yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Kriteria apa saja yang ditetapkan agar produk bisa memenuhi standar internasional?
  2. Selain media sosial, apa lagi yang bisa digunakan untuk memasarkan produk?
  3. Bagaimana strategi pemasaran untuk memasarkan produk lokal agar bisa bersaing dengan produk negara tujuan yang notabene memiliki harga lebih murah?
  4. Apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih jasa ekspedisi internasional? 
  5. Jika ada dua opsi; menurunkan harga tapi kualitas produk menurun dan meningkatkan kualitas produk tapi harga sangat mahal, mana yang akan dipilih? Sebutkan alasannya!

Hayoloh, sekarang gimana mau jawab? Bisa sih, tapi sepertinya butuh waktu lama untuk menjawabnya karena harus mencari datanya terlebih dahulu. Reasoning dalam menjawab soal, itu bukan hal yang mudah, Ferguso.  

Pertanyaan tentang Bauran Komunikasi Pemasaran

Nah, untuk yang satu ini, cocok banget buat kamu pengidola Kotler yang terkenal banget dengan buku pemasarannya. Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa diajukan dan bisa kamu gunakan. 

  1. Bagaimana cara perusahaan untuk mencapai komunikasi pemasaran yang terintegrasi dan efektif?
  2. Apa saja yang bisa menghambat komunikasi pemasaran dalam perusahaan?
  3. Apakah yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran yang terintegrasi?

Itulah beberapa pertanyaan tentang bauran pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan seperti wawancara, soal untuk siswa, atau bisa juga untuk dapat nilai jika disuruh melemparkan pertanyaan pada teman kuliah yang sedang presentasi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar