Ini Perlengkapan Ojek Online yang Wajib Dibawa Saat Bekerja

 Saat ini Istilah ojol sudah tidak asing lagi di telinga, sebuah jasa offline yang dapat dipesan secara online melalui aplikasi. Adanya ojek online membuatmu dapat melakukan banyak hal, mulai dari pesan makanan, hingga melakukan perjalanan. Seorang driver ojek online wajib memiliki perlengkapan ojek online. Tahukah kamu apa saja perlengkapan yang harus dibawa oleh driver ojek online saat bekerja?

Sebelum kita membahas apa saja perlengkapan ojek online, alangkah baiknya jika kamu tahu seberapa besar peran ojek online dalam memenuhi permintaan pelanggan. Sebut saja saat kamu memesan makanan secara online, itu artinya pada saat itu kamu sedang mengambil jasa antar jemput sekaligus beli makanan, dimana driver ojol akan meminjamkan uangnya terlebih dahulu.

Peran Ojek Online (Ojol)

Saat ini dengan semakin canggihnya teknologi digital, semua hal dapat dikerjakan secara online. Sebut saja bekerja, saat ini telah ada banyak sekali pekerjaan freelance yang dapat kamu lakukan dari rumah, mulai dari konten creator, konten writer, admin online shop, reseller, hingga pekerjaan yang sangat mudah seperti membeli sate ayam dapat kamu lakukan secara online.

Berikut beberapa peran adanya ojek online dalam roda perputaran ekonomi masyarakat, antara lain:

1. Memunculkan Inovasi Baru di tengah Kemacetan Ibu Kota

Disadari maupun tidak adanya ojek online memberikan sebuah terobosan baru, baik dalam dunia bisnis pada bidang jasa, dan problematika yang sering melanda di ibu kota (kemacetan). Meskipun begitu driver ojol tetap wajib menggunakan perlengkapan ojek online secara lengkap. Agar lebih tau apa saja perlengkapannya, simak artikel ini sampai akhir!

Penggunaan kendaraan pada saat jam kantor secara bersamaan akan semakin memperparah kemacetan. Adanya ojek online semakin mempermudah keadaan dan mengurangi kemacetan. Hal ini dikarenakan ojek online akan memilih jalan alternatif selain jalan utama, sehingga penumpang akan sampai pada tempat tujuan dengan lebih cepat.

2. Mengubah Persepsi Masyarakat terhadap Tukang Ojek

Sebelum adanya ojek online, banyak dari kalangan masyarakat yang enggan dan tidak mau untuk menggunakan jasa tukang ojek. Dalam persepsi masyarakat tukang ojek keliling merupakan kendaraan yang digunakan oleh kalangan menengah ke bawah. Bahkan ada sebagian masyarakat yang merasa minder jika harus menggunakan jasa tukang ojek.

Namun, saat ini dengan dengan adanya digitalisasi pada hampir semua rumpun kehidupan. Jasa tukang ojek telah menjadi jasa online yang mulai ramai digunakan oleh siapa saja. Setiap driver ojek online wajib untuk mengenakan perlengkapan ojek online  yang telah diberikan. Hal ini pun mengubah persepsi masyarakat akan tukang ojek, sehingga status pekerjaan tukang ojek pun terangkat.

3. Transportasi Kekinian

Saat ini segala hal yang terkenal di sosial media menjadi hal kekinian, termasuk salah satunya ojek online. Termasuk gaya remaja milenial saat ini adalah malas untuk keluar rumah dan memasak, akhirnya solusi terakhir adalah memesan makanan melalui ojek online.

4. Memiliki Harga Standar dan Dapat Diakses Dimana Saja

Dapat dikatakan harga ojek online jauh lebih murah jika dibandingkan tukang ojek. Harga yang tercantum dalam aplikasi ditentukan oleh jauh dan dekatnya wilayah yang dilalui. Selain itu, kamu juga dapat memesan ojek online dimanapun kamu berada, asalkan memesannya melalui aplikasi.

5. Menghemat Pengeluaran Keluarga

Karena harganya yang standar, adanya ojek online semakin menghemat pengeluaran rumah  tangga. Apalagi pada saat-saat tertentu aplikasi seringkali memberikan promo-promo menarik dan voucher cashback pada pengguna.

Saat beroperasi driver ojol akan membawa perlengkapan ojek online. Hal ini dilakukan untuk mempermudah driver, apalagi jika jalan utama sedang macet maka ojol dapat mencari jalan alternatif lain yang lebih cepat.

6. Akses Cepat dan Ramah

Proses pemesanan ojek online terbilang cepat, saat penumpang telah menentukan lokasi yang ingin dituju. Aplikasi ojol akan meneruskan informasi tersebut ke semua ojol yang berada di daerah terdekat, hingga ojek online akan mengambil job tersebut dan melakukan tugasnya.

Dalam pelayanan driver ojek online bersikap ramah pada penumpang, biasanya saat akan melintasi daerah di luar arah jalan utama, driver akan memberitahu terlebih dahulu pada penumpang, sehingga akan disepakati adanya tambahan fee atau tidak.

7. Memudahkan Pekerjaan Cepat Terselesaikan (Pengantaran Paket Langsung)

Dengan adanya ojek online, kini kamu tidak perlu lagi tergesa-gesa melakukan dua hal di satu waktu. Karena kamu dapat melakukannya secara online, tanpa takut pekerjaan utama akan terbengkaleng. Dalam pengantarannya tentu saja ojol akan menggunakan perlengkapan ojek online agar paket sampai di tujuan tanpa cacat.

8. Menurunkan Angka Pengangguran di Masyarakat

Saat ini siapapun dapat melamar kerja menjadi driver ojek online, asalkan kamu telah memiliki kartu tanda penduduk. Meskipun masih awam dalam menekuni jasa ojek online ini, asalkan kamu membawa perlengkapan ojek online secara lengkap, kamu akan mudah dan cepat mendapatkan penumpang pertamamu.

Pentingnya Perlengkapan Ojek Online

Menurutmu perlengkapan apa saja yang harus dibawa oleh seorang driver ojek online? Penggunaan akses dan pemesanan yang dilakukan secara online tentu membutuhkan beberapa perlengkapan, berbeda halnya dengan ojek pangkalan yang hanya menunggu penumpang menghampiri.

Apakah perlengkapan ojek online sangat penting, sehingga driver harus membawanya setiap saat? Berikut beberapa alasan pentingnya seorang driver membawa alat bantunya, antara lain:

  1. Mempermudah Proses Transaksi dengan Pemesan Jasa,
  2. Menjaga Keamanan Pengemudi,
  3. Menjaga Keamanan Barang Pengemudi,
  4. Menghindari Kecelakaan Secara Tidak Sengaja,
  5. Memastikan Penumpang Sampai di Lokasi Sesuai Alamat yang Dikirimkan,
  6. Memastikan Barang Pesanan Aman dan Tidak Rusak,
  7. Memudahkan Driver Melakukan Dua Hal Sekaligus,
  8. Memudahkan Driver Mencari Jalan Alternatif yang Lebih Cepat. 

Beberapa Perlengkapan Ojek Online

Perlengkapan Ojek Online
Perlengkapan Ojek Online

Ada beberapa alat yang harus disiapkan oleh driver sebelum ia berangkat, peralatan ini tentunya sangat penting bagi driver ojol. Apalagi jumlah driver ojol yang semakin bertambah setiap bulannya. Tentu akan terjadi persaingan secara sehat yang terjadi di dunia online. Itulah mengapa perlengkapan ojek online menjadi suatu keharusan bagi seorang driver ojol.

Berikut beberapa yang harus dibawa saat ojek online bertugas, diantaranya:

1. Smartphone atau Hp

Handphone menjadi alat pertama yang wajib dimiliki dan dibawa oleh driver ojol. Hp Samsung untuk gojek juga bisa kamu coba, atau menggunakan merek lain juga tidak masalah, asalkan jaringan internet lancar dan tidak bermasalah.

2. Ring Holder

Pernahkah kamu memegang hp dalam waktu yang lama? Capek bukan? Apalagi seorang driver ojol, sangat memungkinkan jika hp akan terjatuh di tengah jalan, jika driver tidak memegangnya dengan erat. Inilah fungsi dari ring holder untuk menjaga hp agar tetap aman dan tidak terjatuh, karena telah terkunci dengan adanya satu jari yang berada di dalam ring holder.

3. Phone Holder

Meskipun ring holder telah mengatasi masalah hp, namun tetap saja jari-jari tangan akan kram dan capek. Dalam hal ini kamu dapat memakai phone holder. Apa itu phone holder? Dengan adanya Holder hp motor kamu akan lebih nyaman saat berkendara tanpa takut hp akan terjatuh atau tidak terlihat, karena phone holder dapat menyimpan hpmu pada stang motor.

4. Gurita Handphone

Jika kamu belum memiliki uang untuk membeli phone holder, kamu dapat menggunakan gurita hp sebagai penggantinya. Fungsinya sama untuk merekatkan hp pada motor. Sifatnya yang tahan terhadap guncangan membuat hp tetap merekat sempurna meskipun kamu sedang melewati daerah yang berbatuan.

5. Pouch Handphone Waterproof

Pouch hp ini berguna untuk menjaga hp agar tidak terkena hujan saat kamu sedang berkendara, selain itu sebagai penjaga Prosesor hp untuk ojek online. Jika hp sampai basah akan ada kemungkinan tidak akan bisa digunakan kembali.

6. Penambah Daya atau Power Bank

Power bank menjadi alat wajib yang harus kamu bawa, karena ia menjadi alat perantara agar handphone tetap aktif bekerja selama 24 jam.

7. Earphone atau Headset

Berbicara melalui telepon saat sedang berkendara tentunya sangat berisik bukan? Inilah pentingnya headset, ditambah dengan bantuan Phone holder motor kamu dapat menjawab panggilan dengan mudah meskipun saat sedang berkendara.

Itu dia sobat beberapa perlengkapan ojek online dan alasan akan pentingnya alat-alat tersebut untuk dipersiapkan sebelum berangkat, termasuk holder hp ojol. Namun, ada beberapa hal yang lebih penting dari ini, yaitu mentaati peraturan lalu lintas dan selalu berhati-hati saat berkendara.

Bagikan:

Tinggalkan komentar