Perbedaan Software Engineer dan Software Developer Lengkap

Di era modern ini, berbagai jenis perangkat lunak atau software semakin menjamur. Pembuatan perangkat lunak sangat membutuhkan peran software engineer dan software developer. Mungkin sebagian dari sobat Wong Cerdas masih kerap bingung dengan perbedaan antara software engineer dan software developer.

Maka dari itu, artikel Wong Cerdas kali ini akan menjelaskan tentang perbedaan software engineer dan software developer supaya nantinya sobat bisa lebih paham tentang kedua profesi ini.

Pengertian Software Engineer dan Software Developer

Sebelum kita lebih lanjut mengenali perbedaan software engineer dan software developer, ada baiknya terlebih dahulu kita ketahui definisi dari masing-masing keduanya.

Software engineer adalah orang yang mendesain sebuah perangkat lunak. Maka dari itu, seorang software engineer secara sederhana bisa dikatakan sebagai penggagas dari suatu perangkat lunak, bersama dengan rancangan, fungsi, dan sistem yang akan diterapkan untuk mengembangkan perangkat lunak tersebut.

Nah, apabila software engineer sudah membuat desain perangkat lunak yang matang, maka pengerjaan dan pengembangan perangkat lunak tersebut selanjutnya ditangani oleh software developer. Di sini software developer mengeksekusi lebih jauh rencana yang sudah dibuat oleh software engineer sebelumnya.

Selama perjalanan nanti, keduanya akan sering berinteraksi satu sama lain, memantau, menguji, dan mengevaluasi bersama-sama perangkat lunak yang sedang dikembangkan sebelum akhirnya secara resmi dirilis.

Tugas Software Developer dan Software Engineer

perbedaan software engineer dan software developer
Perbedaan software engineer dan software developer

Nah, setelah sobat sekalian sudah tahu tentang pengertian sederhana software engineer dan software developer, kali ini kita akan bahas tentang tugas mereka masing-masing secara umum.

Baca juga:  Tips dan Ukuran Foto untuk Melamar Kerja Terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di bagian pengertian, software developer adalah profesi yang berkutat di bidang pembuatan perangkat lunak. Lebih lanjut lagi, tugas dari software developer juga meliputi analisis perangkat lunak, penyempurnaan sistem, dan masih banyak lagi.

Software developer juga dapat terhubung langsung dengan masyarakat, dalam istilah lain disebut user atau pengguna perangkat lunak, untuk melakukan uji coba perangkat lunak tertentu dan menerima timbal balik.

Sementara itu, tugas dari seorang software engineer seperti yang sudah disebutkan di atas yakni merancang sebuah perangkat lunak, ditambah lagi dengan mengawasi perkembangannya dan melakukan kontrol secara rutin untuk meminimalisir masalah yang dialami perangkat lunak.

Sama seperti software developer, software engineer juga terhubung langsung dengan para user sehingga dapat memahami apa yang sedang masyarakat butuhkan. Hal ini memberikan kesempatan bagi software engineer untuk merancang sebuah perangkat lunak yang cocok untuk para user.

Maka dari itu, dalam rangka merancang perangkat lunak yang cocok untuk para user, software engineer pun menjadi orang yang melakukan riset pasar dan kebutuhan masyarakat.

Bagaimanapun juga, proses pengembangan perangkat lunak menjadi kerja sama yang penting bagi software engineer sebagai inisiator dan software developer sebagai eksekutor. Keduanya dapat saling bertukar pikiran dan harus melakukan kerja sama yang harmonis agar produk yang dihasilkan lebih optimal.

Tambah lagi, salah satu syarat wajib bagi sobat yang ingin menjadi salah satu profesi di atas yakni memahami ragam bahasa pemrograman untuk software engineer dan software developer.

Bagaimana? Sekarang sobat sudah dapat gambaran, bukan, tentang perbedaan software engineer dan software developer dari segi tugasnya secara umum. Meski berbeda, kedua tugas mereka saling melengkapi satu sama lain.

Baca juga:  Persyaratan Melamar Kerja Secara Umum dan Tips Melamar Kerja

Gaji Software Developer dan Software Engineer

Di bagian selanjutnya ini kita akan melihat perbedaan software engineer dan software developer dari sisi gajinya secara umum.

Seorang software developer berkesempatan mendapatkan gaji setidaknya Rp4.000.000,00 per bulannya. Semakin banyak pengalaman software developer, maka seiring berjalannya waktu gaji yang mereka dapatkan akan jauh lebih tinggi, bahkan bisa mencapai lima kali lipat per bulan, lho!

Di sisi lain, gaji minimal software engineer hampir mirip dengan software developer yakni Rp4.000.000,00-Rp5.000.000,00 per bulan dan bisa lebih tinggi lagi. Sama halnya dengan software developer, semakin profesional seorang software engineer, maka bayaran berlipat-lipat ganda siap menanti mereka.

Seperti yang bisa kita lihat di atas, ternyata gaji software engineer dan software developer tidak jauh berbeda, ya! Hal ini karena keduanya memiliki tanggung jawab yang sama-sama besar dalam kesuksesan pengembangan perangkat lunak.

Hal ini juga bergantung pada seberapa besar proyek pengembangan perangkat lunak dan seberapa lama pengalaman seorang software engineer atau software developer. Jadi, besaran gaji untuk masing-masing profesi tersebut bisa dibilang

Perbedaan Software Engineer dan Software Developer

perbedaan software engineer dan software developer
Perbedaan Software Engineer dan Software Developer

Akhirnya, kita dapat menyimpulkan perbedaan software engineer dan software developer di bagian terakhir artikel ini.

Secara sederhana, software engineer bisa dikatakan sebagai seorang pengawas dan konseptor dari suatu proyek pembuatan perangkat lunak, sedangkan software developer menjadi orang yang mengeksekusi cetak biru dan mengembangkannya lebih jauh.

Keduanya saling mengisi, layaknya dokter dan perawat di instansi kesehatan. Tambah lagi kedua profesi ini sama-sama memiliki tanggung jawab yang tinggi untuk membuat perangkat lunak yang dibutuhkan masyarakat.

Corel merupakan salah satu contoh software developer dalam bentuk perusahaan ternama di dunia yang pastinya sobat sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk mereka, bukan?

Baca juga:  Sertifikasi Project Management: Pengertian, Tempat dan Biaya

Selain para software developer sebagai pengembang perangkat lunak, di Corel pasti juga ada para software engineer sebagai konseptor dari perangkat lunak tersebut.

Nah, sekian dulu penjelasan tentang perbedaan software engineer dan software developer kali ini. Semoga sobat Wong Cerdas tidak bingung lagi, ya! Ikuti terus artikel menarik lainnya dari kami, dengan mengakses wongcerdas.com setiap hari!

Bagikan:

Tinggalkan komentar