Perbedaan Sales dan Marketing, Pengertian + Taksiran Gaji

Siapa yang bilang kalau marketing dan sales itu sama? Ngawur saja mereka itu. Padahal kalau mereka tahu, ada serangkaian perbedaan sales dan marketing yang cukup banyak mulai dari pengertian, gaji, sampai contohnya. Kalau kamu termasuk yang menyamakan keduanya, saya sarankan untuk menyimak artikel ini baik-baik. 

Tak hanya dari orang awam saja yang menyamakannya, bahkan ada perusahaan yang tidak bisa membedakan keduanya. Padahal, jika dilihat lebih lanjut, keduanya memiliki tugas dan juga fungsi yang sangat berbeda.

Perbedaan sales dan marketing dari fungsi dan juga tugas yang tidak diketahui, biasanya sih bikin kinerja perusahaan menjadi kurang efektif. Nah, bagi siapapun kamu, silakan simak saja perbedaan dari keduanya. 

Pengertian Sales dan Marketing

Paling enak sih kalau membahas perbedaan itu dimulai dari pengertiannya dulu. Nah, kalau pengertian sales marketing menurut para ahli itu dibedakan jadi dua: pengertian sales dan marketing. 

Mereka dipisahkan karena secara definisi memang beda. Untuk pengertiannya, begini:

1. Pengertian Sales

Saya pakai definisi dari Kotler saja. Kalau sales itu merupakan proses untuk membujuk atau merayu pelanggan agar mau membeli produk maupun layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. 

2. Pengertian Marketing

Kalau marketing, menurut Kotler, adalah sistem aktivitas yang memang dirancang sebagai upaya untuk penentuan harga, pendistribusian, serta promosi produk dan layanan yang nantinya akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan maupun keinginan dari konsumen atau pasar. 

Jadi, kalau dari pengertian, marketing memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan sales lantaran ia merupakan suatu sistem yang didalamnya terdapat penentuan harga, distribusi, dan juga promosi. 

Sedangkan sales, merupakan bagian dari promosi yang ada dalam marketing. Udah ngerti kan perbedaan sales dan marketing dari segi definisi? 

Kalau masih ada yang nanya pengertian sales marketing adalah kamu bagi saja jawabannya menjadi dua dengan menjawab pengertian sales dan marketing satu-satu. Pasalnya, kalau digabungin jadi nggak enak juga. Misalnya ada yang masih nanya begituan, sodorin saja artikel ini, nanti mereka juga ngerti. 

Gaji Marketing dan Sales

Bagi kamu yang ingin mengetahui gaji sales marketing berikut ini akan disediakan referensi yang saya ambil dari industri otomotif. Kira-kira segini gajinya. 

  1. Staf sales: Rp3.835.000
  2. Manajer sales: Rp7.217.000
  3. Staf marketing: Rp4.168.000
  4. Manajer marketing: Rp6.741.500

Kisarannya ya di harga segitu. Kalau mungkin ada yang berbeda dan ada yang bilang gaji antara sales dan marketing sampai ratusan juta, saya nggak tahu itu menganalisisnya di perusahaan apa dan apakah emang benar gajinya bisa sampai ratusan juta. 

Sebab saya juga punya teman yang posisinya jadi staf di sales dan gajinya juga nggak sampai segitu lantaran minimum gajinya sudah dibikin pas UMK/UMR di daerah tempat dia kerja. Bisa lebih, asalkan tingkat penjualannya masif dan gede. Jadi, masih lumayan fluktuatif untuk gaji sales. Gitu. 

Contoh Sales dan Marketing

Misalkan kamu juga sekaligus mencari contoh sales dan juga contoh marketing bisa pakai yang sederhana saja kok.

Contoh marketing itu biasanya bikin target promosi produk dan layanan perusahaan dengan beberapa cara misalnya dengan menetapkan harga yang bersaing, meningkatkan jangkauan bisnisnya, riset pasar, dan bikin kampanye yang memang sifatnya jangka panjang. 

Sedangkan untuk contoh sales, mereka hanya mengarah pada tujuan jangka pendek saja seperti langsung jualan ke rumah-rumah, nawarin ke orang-orang, dan langsung memprospek pelanggan untuk melakukan pembelian. 

Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan Sales dan Marketing
Perbedaan Sales dan Marketing

Nah, sekarang baru deh masih ke perbedaan sales dan marketing executive agar ada garis batas yang membedakan keduanya. Silakan simak uraian berikut ya. 

1. Target

Hal pertama yang merupakan perbedaan sales dan marketing adalah pada target. Kalau dalam marketing itu, target utamanya adalah untuk bikin promosi produk dan layanan semenarik mungkin. 

Targetnya ini, nanti dirinci dengan berbagai cara misalnya, bikin harga produk dan layanan yang bersaing dengan produk sejenis di pasaran, meningkatkan range bisnis, bikin rencana dari data pelanggan yang didapatkan, dan juga mempelajari tentang apa saja yang mungkin bisa mempengaruhi keputusan pembelian dari pelanggan. 

Jadi, targetnya dirinci dengan sangat komplit dan membuatnya jadi satu kesatuan sistem. Hal ini tentu berbeda dengan sales yang hanya mengedepankan, “pokoknya membuat calon konsumen atau pelanggan membeli produk dan layanan yang saya tawarkan,” sesederhana itu. 

Maka dari itu, kalau dari bagian marketing, biasanya lebih ke arah rencana, strategi, metode, dan pokoknya yang sejenis. Sedangkan sales, itu langsung datang ke konsumen untuk face to face nawarin produk atau layanannya. 

2. Proses

Perbedaan sales dan marketing yang kedua adalah dari sisi proses. Marketing, biasanya nggak jauh-jauh bahas tentang produk, harga, mau dijual ke mana, dan mau dijual ke siapa. 

Tapi kalau dari tim sales, biasanya menjabarkan proses keseluruhan dari yang telah dilakukan oleh marketing dengan bikin campaign, bikin struktur tim, dan mentapkan target penjualan.

3. Sumber Daya

Perbedaan sales dan marketing yang ketiga adalah dari sisi sumber daya atau alat apa saja yang mereka gunakan dalam mengerjakan tugasnya. Ada sedikit perbedaan dari yang dilakukan. Kalau marketing itu, tugasnya hanya untuk menarik audiens masuk ke dalam ‘kolam’ saja. 

Sedangkan kalau sales, itu tugasnya ambil jor pancing untuk dapetin ikan-ikan yang udah masuk ke dalam kolam. Jadi kelihatan kan bedanya? Nah sekarang, baru deh ketahui alat-alat yang mereka pakai. 

Alat untuk marketing:

  1. SEO
  2. Alat untuk bikin konten
  3. CRO (Conversion Rate Optimization)
  4. Alat pengelola proyek
  5. Alat untuk penyiapan data laporan

Alat untuk sales:

  1. Alat untuk bikin jadwal dan rapat
  2. Alat untuk nyiapin faktur
  3. Alat untuk pengelolaan email
  4. Alat untuk mempersiapkan dokumen
  5. Serta alat untuk mengelola pesanan yang masuk 

4. Strategi

Perbedaan Sales dan Marketing
Perbedaan Sales dan Marketing

Perbedaan sales dan marketing selanjutnya adalah dari strategi yang digunakan. Marketing, biasanya menggunakan strategi seperti digital marketing, social media marketing, internet marketing, pakai SEO, dan yang sejenisnya. 

Sedangkan sales, biasanya pakai N.E.A.T selling, SPIN selling, SNAP selling, dan juga Solution selling. Strategi ini, secara mendasar berupaya untuk memberikan solusi pada pelanggan dengan cara menawarkan produk. Jadi, pelanggan ada masalah tertentu, nah, di situ sales akan masuk untuk menawarkan produk yang beri solusi. 

Biasanya, kalau dari sisi strategi, bisa dirinci seperti ini. 

Strategi Marketing

  1. Bikin visi dan misi
  2. Value proposition
  3. Bikin analisis SWOT
  4. Menentukan tujuan pemasaran
  5. Membuat inisiatif
  6. Memberikan esensi pada merk
  7. Menentukan posisi produk atau layanan di pasar
  8. Mengetahui persona pembeli
  9. Dan juga mengetahui lanskap kompetitif dari pasar yang dimasuki

Strategi Sales

  1. Forecasting
  2. Prospecting
  3. Channeling
  4. Diskon
  5. Ketemu pelanggan
  6. Tracking peluang
  7. Diskon

Nah, sudah jelas kan beberapa perbedaan sales dan marketing di atas? Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar