4 Perbedaan Iklan dengan Poster, Kamu Harus Tahu!

Sebagai orang yang terjun langsung dalam industri periklanan, kamu mengenal dengan baik apa saja perbedaan iklan dengan poster. Keduanya merupakan karya menarik yang menggabungkan antara tulisan dengan grafis atau gambar. Iklan dan poster juga terbiasa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari entah untuk kepentingan personal maupun bisnis.  

Pengertian Iklan

Dewasa ini, ada banyak sekali media iklan yang bisa kamu temukan seperti televisi, radio hingga media sosial. Iklan menjadi salah satu jembatan promosi yang dilakukan oleh produsen atau penjual kepada target marketing.

Iklan berisikan pesan promosi yang menonjolkan suatu jasa atau produk. Iklan memuat potongan gambar, teks bahkan video. Hal menarik yang bisa kamu temukan dari iklan adalah pemilihan kata yang persuasif, unik namun tetap ringan.

Apa yang Dimaksud dengan Poster?

Tidak berbeda jauh dengan iklan, kamu juga bisa menemukan kolaborasi menarik antara gambar dan tulisan pada sebuah poster. Pemilihan dan penempatan teks kreatif juga menjadi salah satu ciri khas poster sehingga orang tertarik untuk sekedar menengok kemudian membaca informasinya.

Poster yang baik menyampaikan informasi dengan jelas, terperinci dan menarik. Gaya bahasanya tidak bertele-tele mengingat media penulisan kalimat poster sangat terbatas. Supaya poster yang kamu buat menarik minat banyak orang pastikan kombinasikan gambar dan teks dengan warna yang sesuai.

Perbedaan Iklan dengan Poster

Sudah cukup memahami definisi poster dan iklan? Jika ya, kami akan mengajak kamu untuk lebih mendalami apa saja perbedaan antara iklan dengan poster di bawah ini:

1. Bentuk Karyanya

Perbedaan iklan dengan poster yang pertama dilihat dari bentuk karyanya. Ketika kamu setuju untuk membuat iklan otomatis jasa periklanan akan menawarkan berbagai bentuk iklan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Adapun bentuk iklan tersebut adalah video, media cetak dan suara. Contoh iklan video bisa kamu lihat pada iklan di televisi.

Iklan di televisi diputar dalam beberapa detik dan fokus pada produk yang dipromosikan sedangkan iklan suara bisa kamu temukan di radio. Iklan adalah bentuk promosi menarik dan sempurna yang bisa meningkatkan pengenalan brand sekaligus penjualan produk maupun jasa.

Beda dari iklan, bentuk utama dari poster adalah media cetak. Poster sengaja dibuat menggunakan kertas berukuran besar. Informasi yang ingin disampaikan pada poster harus sesuai dan seimbang dengan ukuran kertas yang digunakan.

2. Tujuan

perbedaan iklan dengan poster
Perbedaan iklan dengan poster

Perbedaan iklan dengan poster kedua adalah tujuan pembuatannya. Tujuan utama seseorang atau perusahaan membuat iklan adalah mempromosikan jasa atau produk. Gambar maupun teks dipoles sedemikian rupa sehingga bisa menonjolkan kelebihan dari jasa atau produk yang diiklankan.

Berbanding terbalik dengan iklan, poster bertujuan untuk menyampaikan ide maupun pesan. Poster dibuat dengan mengutamakan unsur visual, pemilihan warna dan font teks sehingga orang tertarik untuk membaca gagasan atau pesan yang tersaji di sana.

3. Media Pemasangan

Apa lagi perbedaan iklan dengan poster? Jawabannya adalah media pemasangannya.  Iklan bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai media termasuk televisi, sosial media dan radio. Jenis iklan yang tersedia juga sangat banyak dan unik mengingat banyak sekali produk yang perlu dipromosikan oleh produsen atau penyedia jasa.

Media utama pemasangan poster adalah tempat-tempat umum seperti pusat pendidikan, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal dan public area lainnya. Bentuknya yang tidak fleksibel membuat poster sulit untuk dibagikan dalam media daring atau televisi.

4. Informasi yang Disampaikan

Terakhir, perbedaan iklan dengan poster yang bisa kamu lihat ada pada informasi yang disampaikan. Jika kamu menyimak dengan baik pembahasan yang telah kami jelaskan sebelumnya, kemungkinan besar kamu bisa membedakan informasi yang tertera pada poster dan iklan. Informasi utama yang tertera pada iklan adalah promosi barang atau jasa.

Meskipun pendahuluan pada iklan menggambarkan tentang wacana tertentu, tujuan akhirnya tetap mempromosikan produk atau jasa. Kebalikan dari iklan, informasi yang tertera pada poster sifatnya lebih informative.

Contohnya poster mengenai Covid-19 yang menjelaskan banyak sekali informasi tentang virus tersebut. Tidak sebatas menjelaskan dalam bentuk tulisan, poster Covid-19 juga berisi gambar sebagai pendukung atau pelengkap tulisan.

Persamaan dari kedua karya tersebut adalah penggunaan teks dan gambar yang menarik dan unik sementara perbedaan iklan dengan poster sudah kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya. Tanpa kolaborasi tulisan, gambar, font dan warna akan sulit untuk poster dan iklan disukai oleh masyarakat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar