Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom Lengkap

Jika kamu penggemar koran pastinya sudah tidak asing lagi dengan iklan baris dan  iklan kolom, bukan? Atau kamu penonton setia televisi dan internet? Tunggu, sebelum kamu melihat canggihnya iklan sekarang, kamu juga harus mengetahui perbedaan iklan baris dan iklan kolom ini.

Media promosi yang banyak muncul di berbagai media cetak seperti koran dan majalah ini, pernah menjadi jurus yang ampuh pada zaman itu. Alasannya, selain biaya yang cukup terjangkau juga iklan ini akan termuat dalam satu halaman penuh sebuah media cetak.

Selain melalui media cetak, promosi atau iklan dapat dilakukan secara elektronik. Begitu juga dengan iklan baris dan iklan kolom dengan penggunaan media cetak elektronik.

Sehingga, muncul beberapa pertanyaan juga mengenai jelaskan karakteristik masing-masing jenis iklan elektronik. Kalau dalam konteks iklan baris dan iklan kolom jenis iklan elektronik yang akan dimuat di koran atau majalan elektronik itu sendiri. Dan dibenturkan kembali dengan pertanyaan apakah saat ini iklan internet lebih baik dibanding dengan iklan televisi? 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembaca akan mudah menemukan iklan. Penawaran iklan baris dan iklan kolom biasanya memuat penawaran jual rumah, jual mobil, sewa motor, lowongan kerja dan masih banyak yang lainnya.

Walaupun pada kenyataannya iklan kolom dan baris ini dalam ukuran yang tidak terlalu besar, tapi cukup untuk memberikan informasi yang lengkap kepada pembaca. Jadi, kali ini kamu akan belajar bersama secara mendalam mengenai perbedaan iklan baris dan iklan kolom.

Apa yang dimaksud dengan Iklan Baris dan Iklan Kolom?

Iklan baris dan iklan kolom termasuk jenis iklan yang dikelompokkan berdasarkan ruang iklannya, sehingga kedua iklan tersebut akan termuat di dalam sebuah media cetak. Sebelum mengetahui perbedaan iklan baris dan iklan kolom, langkah awal yang perlu kamu ketahui adalah pengertian iklan baris dan iklan kolom.

Pengertian Iklan Baris

Iklan baris adalah sebuah media promosi berbentuk baris yang akan dimuat di media cetak menggunakan kata-kata singkat yang biasanya terdiri dari 3 sampai 6 baris tanpa gambar ataupun foto untuk pendukung.

Informasi yang ditawarkan oleh iklan baris dimuat hanya point-point saja, sehingga pembaca mengetahui secara detail point utama yang disampaikan oleh iklan promosi tersebut. Iklan baris ini juga hanya menggunakan warna hitam putih untuk pencetakannya, dengan kata yang disingkat bertujuan untuk menghemat karakter kata yang digunakan. Sehingga, pengeluaran untuk iklan promosi juga dapat diminimalisir.

Pengertian Iklan Kolom

Iklan kolom adalah sebuah media promosi yang berbentuk kolom-kolom yang akan dimuat di media cetak dengan ketentuan satu kolom hanya berisi satu iklan, dan kolom tersebut biasanya berbentuk persegi empat disertai dengan gambar atau foto pendukung.

Informasi yang disampaikan pun juga dapat dibuat warna-warni, sehingga warna tidak monoton seperti iklan baris yang hanya hitam putih. Iklan kolom juga sering disebut iklan display untuk iklan kolom yang berukuran besar dengan pendukung gambar yang berwarna-warni.

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

Setelah kamu mengetahui secara singkat apa itu iklan baris dan iklan kolom, selanjutnya kamu akan menemukan secara mendalam dan terperinci apa itu perbedaan iklan baris dan iklan kolom beserta contoh iklan baris dan contoh iklan kolom sendiri.

1. Berdasarkan Ciri-ciri

perbedaan iklan baris dan iklan kolom
Perbedaan iklan baris dan iklan kolom

perbedaan iklan baris dan iklan kolom yang pertama dilihat dari ciri-cirinya. Jenis iklan baris memiliki ciri-ciri yaitu hanya berisi tulisan tanpa gambar atau foto, tulisan berisi informasi yang singkat dengan menggunakan kata yang disingkat, terdiri dari 3 sampai 6 baris dan pemisahan antara iklan baris satu dengan iklan baris lainnya hanya dipisah hanya dengan garis atau alinea baru.

Sedangkan, untuk jenis iklan kolom selain berbentuk informasi tulisan iklan diberi gambar, pewarnaan pada iklan kolom dapat berwarna-warni atau hanya hitam putih saja, ukuran font yang digunakan cukup besar dan dipertebal sehingga pembaca mudah untuk menerima informasi, dan pemisahan antara iklan kolom dengan iklan kolom lainnya diberi bingkai di masing-masing iklan kolom.

2. Berdasarkan Biaya Pemasangan

Perbedaan iklan baris dan iklan kolom selanjutnya dapat kamu temui pada biaya pemasangan iklan baris dan kolom yang sangat berbeda. Jika iklan baris akan dihitung biaya pemasangan berdasarkan perbaris iklannya, sementara untuk iklan kolom perhitungannya akan berdasarkan ukuran kolom per milimeter nya. Sehingga, biaya pemasangan iklan baris sedikit lebih murah daripada iklan kolom. 

3. Berdasarkan Minat Pembaca

Pembaca pada media cetak biasanya cenderung memiliki ketertarikan pada sesuatu yang menarik dan mudah untuk dideskripsikan atau mudah untuk dibaca dengan baik. Sehingga, biasanya pembaca lebih suka melihat iklan kolom dibandingkan dengan iklan baris.

Namun, tunggu dulu. Pembaca yang tertarik melihat iklan baris pun juga banyak karena kemudahan menemukan informasi hanya dalam satu halaman koran, dalam satu halam koran akan memuat banyak informasi yang ditawarkan oleh iklan baris ini.

4. Berdasarkan Tujuan

Perbedaan iklan baris dan iklan kolom selanjutnya adalah tujuan. Jika iklan baris memiliki tujuan memberikan akses bagi orang-orang yang ingin  melakukan penawaran jasa dan barang dengan biaya terjangkau sehingga tidak perlu mengeluarkan dana promosi yang mahal, kemudahan dalam pemasangan karena tidak perlu menyiapkan media apapun, menjangkau masyarakat yang benar-benar membutuhkan informasi barang atau jasa tersebut.

Sementara, untuk iklan kolom memiliki tujuan lebih menarik karena pembuat iklan harus menyediakan isi dengan gambar atau ilustrasi sederhana, jadi pembuat iklan tidak perlu khawatir untuk ilustrasi atau gambar dengan visual yang lebih tinggi, selain itu memberikan layanan biaya yang cukup tidak mahal namun dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi yang akan lebih menarik perhatian pembaca iklan kolom.

5. Berdasarkan Contoh

Kamu akan mengetahui perbedaan iklan baris dan iklan kolom dengan melihat contoh gambar dan kata-kata di bawah ini.

perbedaan iklan baris dan iklan kolom
Perbedaan iklan baris dan iklan kolom

Contoh iklan baris di bawah ini berupa iklan penjualan rumah dan lowongan pekerjaan.

Jual Rumah, 2 lantai di Komp. Villa Asean, PD. Cabe Tangsel, SHM, LT 2.000m2, LB +1.000m2, Hub: Indah: 081111111111.

DCR: Krywti u/Adm. Kantor min. SMA/SMK, max. 25th, Pglmn Adm, Mhr. Kmptr (min. ms word), dpt bkj dbwh tknan, CV kirim ke PT. Imut, Jl. Pangeran No. 05 Cianjur 3457.

Sedangkan untuk contoh iklan kolom di bawah ini akan memberikan informasi mengenai produk elektronik.

Segera dapatkan Smartphone-mu saat ini juga! Telah hadir smartphone canggih terbaru bulan ini! Aktivitas harimu akan berwarna dengan spesifikasi yang mumpuni dari Smartphone ini. Segera!

Itulah, beberapa informasi mengenai perbedaan iklan baris dan iklan kolom yang dapat saya berikan. Kamu bisa juga mengetahui informasi lebih detailnya dengan sering membaca koran. Jadi, buat kamu yang lagi mencari pekerjaan atau membutuhkan sesuatu tidak salah jika mencoba mencari informasi melalui media cetak koran tersebut. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar