Perbedaan CV dan Resume yang Penting untuk Diketahui

Saat melamar pekerjaan, tentu perusahaan meminta Curriculum Vitae (CV) dan resume yang menjelaskan tentang diri kamu. Pada umumnya, orang menganggap kedua hal ini sama. Tapi sebenarnya, ada perbedaan CV dan resume. Apa saja perbedaannya? Sabar dulu, jangan buru-buru.

Walaupun kedua berkas ini memiliki perbedaan mendasar, keduanya sama-sama penting. Kedua berkas ini berguna sebagai media untuk mempromosikan dan menjelaskan dirimu kepada perusahaan tempat kamu melamar.

Sebenarnya, ada yang menyebutkan kalau di negara Amerika Serikat, perusahaan di sana hanya menggunakan resume sebagai syarat melamar pekerjaan. Tapi CV, kebanyakan dijadikan syarat oleh perusahaan yang ada di Inggris.

Nah, di Indonesia, seperti kebiasaannya yang mencampur-campurkan sesuatu, menggunakan keduanya. Biasa, orang-orang Indonesia suka akulturasi walau terkadang jadi campur aduk yang tidak jelas. Eh, kok malah jadi mengkritik. Mending balik ke pembahasan perbedaan kedua berkas ini saja kali, ya?

Saya menyuruhmu tidak terburu-buru, agar nantinya kamu paham perbedaan CV dan resume secara menyeluruh. Tentunya ini sangat bermanfaat untukmu agar diterima oleh perusahaan idamanmu. Yuk, lanjut untuk memahaminya!

Apa Itu CV?

perbedaan CV dan resume
Perbedaan CV dan Resume

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae ini bisa didefinisikan sebagai potret komprehensif, padat, namun mendalam terkait jalan karir serta hidup yang sebelumnya  kamu jalani. Bukan, ini bukan untuk menjelaskan dari reinkarnasi siapa kamu berasal. Tapi lebih kepada pekerjaan, pengalaman, dan hal yang ada hubungannya dengan pekerjaan.

Hal yang perlu kamu jelaskan di dalamnya, harus berisikan pengalaman kamu, keahlian yang dimiliki, bakat dan minat yang kamu dalami, prestasi, dan juga kualifikasi yang ada dalam dirimu.

Nantinya, CV ini akan digunakan oleh perusahaan untuk menjawab pertanyaan, apakah kamu cocok untuk mengisi jabatan yang kosong atau tidak. Jika cocok, kamu akan dihubungi untuk melenggang ke tahap selanjutnya. Jika tidak, kamu akan diberikan motivasi tentang kesabaran, ucapan semangat, dan kadang juga ejekan dari sahabat tengil yang kamu miliki.

Biasanya juga, di dalam CV kamu harus memasukkan informasi pribadi seperti nama, jenis kelamin, kewarganegaraan, tempat dan tanggal lahir, dan foto gagah nan keren yang kamu miliki.

Iya, tunggu dulu. Jangan buru-buru ingin tahu perbedaan CV dan resume. Ini saya jelaskan dulu satu per satu agar kamu makin mengerti.

Dalam penulisan CV, tentu kamu harus menulisnya dengan benar, terstruktur, dan runtut. Dengan itu, seorang HRD ataupun recruiter dari perusahaan tempat kamu melamar akan mudah mendapatkan informasi dari jalan hidup dan karirmu secara menyeluruh. Dan, tingkat keterbacaan yang mudah itu, akan menjadi poin plus bagimu.

Bagi kamu yang ingin mempelajari struktur CV yang baik dan benar, bisa baca artikel Contoh CV Lamaran Kerja dari Wong Cerdas.

Apa Itu Resume?

Lanjut pada berkas kedua, yakni resume. Jadi sebenarnya, apa sih definisi dari resume? Dan, apa yang menjadi pembeda dengan CV?

Begini, kalau CV itu merupakan perjalanan secara lengkap, rinci, padat, dan mendalam tentang perjalanan karir dan kehidupanmu, maka resume adalah penjelasan yang merupakan ringkasan serta potret singkat tentang dirimu.

Dalam resume, kamu bisa menjelaskan secara singkat, padat, dan jelas tentang alasan mengapa perusahaan harus memasukkan dan merekrutmu ke dalam struktur kokoh yang ada di dalamnya. Sederhananya, untuk menjawab mengapa kamu wajib direkrut oleh perusahaan tempat kamu melamar.

Terkait pembuatannya, memang  rumit. Tapi tenang, sudah banyak kok website, software, juga aplikasi yang menyediakan sistem untuk membuat CV dan resume online gratis. Nantinya, kamu tinggal melengkapi semacam form sesuai dengan identitas yang dimiliki.

Setelah penjelasan kedua berkas di atas, sudah paham belum mengenai perbedaan CV dan resume? Kalau masih belum mengerti juga, sudah pasti kamu jarang mengunjungi blog ini dan jarang membaca. Benar, kan?

Tapi, tidak apa-apa. Memang karunia dan kelebihan masing-masing orang itu berbeda. Ada yang bisa mengerti dengan hanya sedikit penjelasan dan ada juga yang sukar mengerti walaupun sudah dijelaskan secara panjang lebar. Bagi tipe kedua dan tipe pertama yang rajin, nih saya tuliskan lebih lanjut mengenai perbedaan CV dan resume dengan lebih mendalam.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Perbedaan CV dan Resume

perbedaan CV dan resume
Perbedaan CV dan resume

Saya harap, kamu membaca penjelasan ini secara cermat agar tidak salah ketika menuliskan CV dan resume yang kamu setorkan pada perusahaan tempatmu melamar pekerjaan.

1. Perbedaan Fungsi dan Kegunaan

Seperti yang telah disebutkan di atas, perbedaan mendasar dalam CV dan resume itu terletak pada fungsi dan juga kegunaannya. Ada sih, persamaannya. Namun hanya pada persamaan kepentingan untuk melamar pekerjaan. Tapi tetap ada perbedaannya, kok.

CV biasanya tidak hanya digunakan sebagai alat dan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. CV juga bisa digunakan untuk keperluan melanjutkan studi kamu ke tingkat yang lebih tinggi.

Informasi komprehensif tentang riwayat pendidikan  di dalamnya, merupakan faktor penting sebagai informasi dari universitas mana kamu berasal dan menjadi pertimbangan diterima atau tidak untuk melanjutkan pendidikan.

Berbeda halnya dengan resume. Berkas ini memang tujuan, fungsi, dan penggunaannya khusus untuk melamar pekerjaan saja. Sebab tadi, ia hanya menjelaskan mengapa kamu layak untuk mengisi posisi di perusahaan tempatmu melamar pekerjaan.

2. Kelengkapan Informasi

Nah, ini dia yang juga menjadi perbedaan CV dan resume, yakni kelengkapan informasi yang ada di dalamnya. CV punya kelengkapan informasi yang komprehensif dan membuatnya membutuhkan dua halaman atau lebih. Sederhananya, CV sangat lengkap juga panjang.

Tapi resume bisa kamu tulis dalam satu atau bahkan kurang dari satu halaman saja. Isi resume sangat pendek karena kamu memang harus meringkas informasi tentang dirimu. Jadi pendek saja.

Kelengkapan informasi ini, jelas dipengaruhi oleh konten yang ada di dalamnya. Kalau CV bisa panjang lantaran kontennya yang sangat lengkap berisikan riwayat pendidikan, pengalaman bekerja yang pernah kamu lakukan, prestasi yang pernah diraih, dan lain-lain.

Sementara resume, hanya meringkasnya dengan menuliskan kualifikasi kemampuan yang cocok dengan kebutuhan perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan serta keahlian yang paling menonjol dalam diri kamu.

Dengan penjelasan ini, saya rasa kamu sudah makin mengerti perbedaannya. Emang kebangetan bebalnya kalau kamu masih mau minta contoh perbedaan CV dan resume. Wong, penjelasan ini sudah sangat lengkap dan rinci, kok!

Baca juga artikel lainnya tentang CV:

Jika kamu sudah memahami perbedaan CV dan resume? Besar harapan saya, kamu penjelasan mengenai perbedaan CV, resume dan portofolio yang telah dituliskan jadi bermanfaat untukmu. Hah? Tunggu. Portofolio? Hewan apa lagi itu? Harap sabar, nanti bakal dijelasin di artikel lain, kok. Stay tune di sini, ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar