4 Perbedaan Cloud dan Hosting yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi kamu yang berkecimpung dalam dunia website dan yang sejenis, tentu saja kamu membutuhkan layanan cloud atau hosting untuk membuat performa website ataupun situs yang kamu miliki bisa optimal. Tapi tahu nggak, ternyata ada perbedaan cloud dan hosting yang mendasar dan perlu kamu ketahui. 

Secara definitif saja dulu ya. Kalau hosting itu, suatu layanan yang biasanya digunakan untuk menyimpan kumpulan data yang ada dalam suatu website. Nah, dengan kamu memakai layanan ini, informasi yang ada dalam website akhirnya bisa diakses oleh para pengguna dengan internet. 

Data yang dimaksudkan bisa berupa file, dokumen, gambar, program, dan bisa juga kumpulan data atau database. Kalau kamu pengin website bisa diakses, tentu saja hosting jangan diabaikan. 

Nah, untuk hosting, sebenarnya punya dua jenis, yakni cloud hosting dan juga web hosting. Memang keduanya keliatan sama, tapi mereka sebenarnya punya perbedaan yang mendasar, loh. Bagi kamu yang nanya apa perbedaan cloud dan hosting, baiknya diperjelas dengan apa perbedaan cloud hosting dan web hosting. 

Hal ini harus kamu lakukan agar mesin pencari nggak bingung mau memberimu hasil yang bagaimana. Spesifik dikit napa kalo jadi orang. Hih. 

Perbedaan Cloud dan Hosting

Beruntung saya masih punya cukup kesabaran untuk menjlentrehkan perbedaan cloud dan hosting yang harusnya kamu bertanya perbedaan antara cloud hosting dan web hosting. Kalau nggak, ya nggak papa juga sih. Tapi bagi yang ingin tahu perbedaan keduanya, berikut ini rinciannya. 

1. Definisi

Perbedaan cloud dan hosting yang pertama terletak pada definisinya. Kalau hosting adalah layanan yang akan memberikan kamu ruang untuk menyimpan data-data yang ada dalam website yang dimiliki. Tapi tempat penyimpanannya, itu dibikin sendiri oleh web hoster atau yang jualan hosting. Sederhananya, datamu nanti akan disimpan di satu server dan ada dalam hardware. 

Hardwarenya di mana? Di tempat pemilik jasa layanan hosting. Tipenya banyak, ada shared hosting, dedicated hosting, VPS, dan juga managed web hosting. Kelima itu bisa kamu pilih dan masing-masing jenis hosting itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Sedangkan cloud hosting, itu merupakan layanan inovatif dari hosting yang bisa membuatmu menyimpan data di cloud atau awan. Nggak bukan awan yang di atas langit, melainkan awan yang ada dalam suatu server virtual di internet. 

Beda dengan website biasa, cloud hosting nggak pakai hardware untuk menyimpan data dan hanya pakai internet saja. Paham?

2. Performa

Perbedaan cloud dan hosting lainnya yang perlu kamu ketahui adalah dari segi performa. Tahu sendiri kan kalau penyimpanan web hosting adalah pada server yang di dalamnya terdiri dari beberapa website lain atau user lainnya. 

Ibarat satu rumah yang terbatas, tapi ditempatin oleh beberapa orang, maka tak heran jika di dalam sering berdesakan. Hal ini juga berlaku di web hosting, dengan kapasitas ruang untuk penyimpanan dan juga bandwith, biasanya bikin website kamu loading-nya lama. 

Sedangkan kalau contoh cloud hosting ibarat kamu tiduran di pematang sawah bersama banyak orang, mau sebanyak apapun, nggak bakal berdesakan dan berdempetan. Jadi, walaupun kamu dalam satu server dengan user lain, tetap saja website kamu tidak akan mengalami loading lambat. 

Saat server berdempetan, biasanya server dari cloud akan segera dipindahkan ke server lainnya oleh sistem. Jadi, kamu tetap nggak bakal mengalami loading lama dan dampak lainnya untuk website kamu. 

3. Kontrol Data

Perbedaan Cloud dan Hosting
Perbedaan Cloud dan Hosting

Perbedaan lainnya adalah pada kontrol data yakni web hosting, kamu nggak mendapatkan kontrol penuh atas server yang telah kamu sewa. Kamu harus berebut kontrol dengan user lainnya. Biasanya, jika ada satu user yang pengin website dengan loading cepat, aktivitas ini akan mempengaruhi website lain dalam satu server. 

Beda dengan cloud hosting yang sudah kamu sewa. Kamu menyewa space atau ruang tertentu dalam server cloud. Dan ruangan itu sepenuhnya ada dalam kontrol kamu. Jadi, ketika ada salah satu website yang ingin loadingnya atau bandwithnya bagus, tetap tidak akan berpengaruh bagi website lainnya. 

Kalaupun terjadi lag dan penurunan performa website lain, biasanya server akan dipindahkan ke server yang lebih luas dan juga lapang. 

4. Biaya

Perbedaan cloud dan hosting selanjutnya adalah biaya. Web hosting, mengharuskan kamu membayar server sekaligus bayar hardware yang digunakan. Padahal kamu masih harus berbagi dengan user lain. Jadi bisa dikatakan, kalau biayanya web hosting itu tidak terlalu worth untuk dikeluarkan.

Beda halnya dengan cloud hosting. Kamu cukup keluar duit sesuai dengan layanan apa saja yang digunakan. Dan lagi, tidak ada biaya tambahan sedikitpun pada server lain yang mungkin tidak kamu gunakan. Jadi bisa dikatakan untuk cloud hosting, masih worth sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. 

Nah, itulah beberapa perbedaan cloud dan hosting yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar